x

Penjelasan tentang persyaratan minimal pendidikan bagi pelamar CPNS dalam jabatan Dokter, Dokter gigi, Dokter pendididkan klinis, Dosen, Peneliti, dan Perekayasa.

Iklan

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 9 Oktober 2019 09:20 WIB

Segera Dibuka Rekrutmen CPNS 2019, Tiga Bidang Ini jadi Prioritas

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara atau BKN Mohammad Ridwan memperkirakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil CPNS 2019 akan diumumkan pada pekan keempat Oktober 2019

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara atau BKN Mohammad Ridwan memperkirakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil CPNS 2019 akan diumumkan pada pekan keempat Oktober 2019. Sementara proses pendaftaran dan seleksi akan dimulai pada November. "Proses seleksi administrasi pada bulan Desember dan seterusnya," dalam keterangan resminya, Kamis, 3 Oktober 2019.

Seperti diberitakan Tempo.co, untuk CPNS 2019 ini, total formasi yang dibuka sebanyak 197.111. Rinciannya untuk kementerian dan lembaga 37.854 formasi dan daerah sebanyak 159.257 formasi. "Kendati demikian angka tersebut masih dalam tahap finalisasi hingga kini," kata Ridwan.

Ridwan memastikan sampai saat ini belum ada informasi detail mengenai kebutuhan pegawai baru di setiap kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah. Namun demikian, kata Ridwan, kebutuhan pegawai pada Seleksi CPNS 2019 ini akan difokuskan untuk mengisi sejumlah layanan dasar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Fokus pada layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis lainnya,” kata Ridwan saat dihubungi di Jakarta, 8 Oktober 2019. Menurut dia, ketiga fokus ini sudah disesuaikan dengan rencana pengembangan vokasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) pada periode kedua Pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Andi Rahadian juga menyampaikan pernyataan serupa. “Saat ini, formasinya sedang dalam proses finalisasi di Kemenpan RB,” kata dia.

Diperoleh kabar bahwa Kementerian Perhubungan mengajukan usulan tambahan pegawai baru sebanyak 14.873 orang kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jumlah pegawai baru tersebut diusulkan untuk dapat direkrut dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil.

“Kami sudah mengajukan formasi CPNS ke Kemenpan RB, tapi hasil persetujuannya belum disampaikan ke Kemenhub,” kata Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi, Kementerian Perhubungan, Hary Kriswanto saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2019.

Jumlah ini lebih besar ketimbang usulan Kemenhub pada tahun lalu yang hanya 6.990 orang. Namun nantinya, 14.873 orang yang diusulkan ini, akan ditempatkan di berbagi unit. Di antaranya yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Perkeretaapian, Sekretariat Jenderal, hingga Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Baca juga:
Perlu Dicatat, Inilah Poin-poin Penting Informasi Pendaftaran CPNS 2019
Mendaftar CPNS 2019, Begini Tahapan Seleksi dan Aturan Mainnya

Ikuti tulisan menarik Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB