Yuk! Rawat Indonesia dengan Nilai Luhur Pancasila - Analisa - www.indonesiana.id
x

Yanuar Nurcholis Majid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Agustus 2019

Senin, 14 Oktober 2019 17:48 WIB
  • Analisa
  • Pilihan
  • Yuk! Rawat Indonesia dengan Nilai Luhur Pancasila

    Dibaca : 112 kali

    Mencermati dinamika sosial dan politik bangsa Indonesia beberapa waktu terakhir ini sungguh sangatlah memprihatinkan. 

    Potensi perpecahan nyatanya mulai tampak. Isu SARA terus digulirkan untuk mendiskreditkan kelompok yang lain. Penyebaran berita hoax yang bernuansa adu domba pun terus mengitari dunia informasi dewasa ini.

    Sebut saja kasus kuricuhan yang terjadi di Wamena. Yang cermat pihak kopolisian disebabkan oleh hal sepele, akibat salah persepsi. 

    Bahkan terbaru Menkopolhukam Wiranto diserang oleh seseorang berinisial SA di Pendeglang, Banten. Akibat serang itu Wiranto mangalami luka serius pada bagian perutnya. 

    Miris, sangat Miris! 

    Dalam menyikapi dinamika sosial yang terjadi, cermat punulis sudah saatnya kita kembali pada ideologi Negara yakni pancasila.

    Kita harus merawat negeri ini dengan nilai-nilai Pancasila. Artinya, nilai-nilai pancasila harus menjadi prilaku dalam menyikapi problematika sosial dan keagamaan yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

    Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus menjadi semangat dalam membangun dan menata kehidupan sosial yang damai dan tenteram.

    Yang implementasinya harus dilakukan oleh semua komponen bangsa, rakyat, elit politik, aparat, dan para petinggi bangsa ini.

    Ingat saudaraku nilai-nilai pancasila adalah benteng persatuan bangsa Indonesia. Kita tahu bahwa pancasila merupakan roh bagi rakyat Indonesia dalam menjalankan kehidupannya. 

    Karena itu, jangan sampai nilai-nilai pancasila tersebut tergerus ideologi-ideologi yang baru saja mengenal Indonesia. Sebab, selagi kita tidak kembali pada nilai-nilai pancasila selama itu pula negeri akan diterpa konflik SARA yang berpotensi memecah belah bangsa. 

    Dan bukan tidak mungkin Indonesia bisa seperti Negara-Negara timur tengah. 

    Oleh karna itu mau tidak mau, suka tidak suka Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional  harus dijadikan landasan pokok, landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia. 

    Karena itu, sekali lagi mari kita jadikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai media dalam menyikapi problematika kebangsaan Indonesia.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.