Antara Kesehatan dan Perekonomian di Tengah Wabah Corona - Analisis - www.indonesiana.id
x

Corona

Yanuar Nurcholis Majid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Agustus 2019

Selasa, 29 September 2020 17:47 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Antara Kesehatan dan Perekonomian di Tengah Wabah Corona


    Dibaca : 968 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah dihadapkan pada dua pilihan prioritas yang harus diselamatkan, yakni kesehatan masyarakat atau kesehatan ekonomi.

     

    Menghadapi dua masalah besar ini, tentunya pemerintah  memiliki pertimbangan untuk melakukan penyeimbang diantara keduanya. Karena tujuan akhirnya adalah menyelamatkan masyarakat.

     

    Penyelamatan pada sektor ekonomi dilakukan agar masyarakat tidak kehilangan pekerjaan karena adanya sektor industri yang berhenti beroperasi akibat pandemi ini.

     

    Kita bayangkan, bagaimana nanti perekonomian negara ini melemah. Sudah pasti banyak warga masyarakat akan kehilangan pekerjaan dan daya beli pun berdampak.

     

    Sudah pasti banyak yang memikirkan hal itu, tentunya berdampak pada tindakan kriminal. Karena urusan perut sangat penting untuk kehidupan selanjutnya.

     

    Meski kita melihat faktor kesehatan penting. Namun hal itu, bisa dilakukan dengan menaati protokol kesehatan.

     

    Penulis yakin, Pemerintah tak bisa hanya berkonsentrasi penuh mengurus sektor kesehatan saja karena sektor ekonomi juga ikut terdampak pandemi.

    Sebaliknya, pemerintah juga tidak bisa hanya mementingkan sektor ekonomi tanpa mempertimbangkan sektor kesehatan.

     

    Jadi apa? kesehatan dan perekonomian secara bersamaan menjadi fokus pemerintah dalam melewati pandemi COVID-19.

     

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini pemerintah tidak bisa hanya berkutat mengurusi masalah kesehatan.

     

    Namun, permasalahan ekonomi juga harus diperhatikan dengan saksama tetapi tetap mengedepankan kesehatan sebagai prioritasnya.

     

    "Sekarang kita tidak bisa lagi hanya berkutat mengurusi kesehatan terutama perang lawan Covid-19 tapi ekonomi juga harus diperhatikan. Seperti arahan Presiden, kita tetap menjadikan kesehatan sebagai prioritas tapi bukan berarti ekonomi juga boleh diabaikan," ujar Muhadjir.

    Ikuti tulisan menarik Yanuar Nurcholis Majid lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.