x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 21 Oktober 2019 15:08 WIB

6 Tips Investasi Saham untuk Newbie

Anak-anak muda mendapati investasi (nabung) saham itu menguntungkan, tetapi sebagai newbie banyak yang belum tahu strategi yang harus dipakai untuk mendapatkan cuan (keuntunga

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anak-anak muda perkotaan mulai melirik investasi saham. Berkat informasi yang benar, anak-anak muda yang melek teknologi itu menemukan bahwa investasi saham bisa menjadi sebagai sarana bagus untuk mengembangkan dana.

Anak-anak muda itu mendapati investasi (nabung) saham menguntungkan, tetapi sebagai newbie banyak yang belum tahu strategi yang harus dipakai untuk mendapatkan cuan (keuntungan). Menariknya, strategi investasi saat ini sangat terbantu dengan adanya fitur-fitur komprehensif, semial IPOTSTOCK milik PT Indo Premier Sekuritas.

Sebagai pendatang baru di dunia investasi saham, wajar kalau mereka bingung bagaimana menyusun strategi. Berikut ini beberapa tips buat investor Newbie yang ingin memaksimalkan cuan:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Mulai dengan modal kecil

Berhubung baru masuk dunia saham, mulai lah dengan modal kecil. Dengan modal kecil, jika salah langkah maka kerugian yang harus ditanggung masih kecil. Lebih dari itu, proses awal ini untuk memastikan belajar terlebih dahulu sebelum transaksi. Dengan modal kecil, tapi rutin, bukan tidak mungkon,

2. Pakai uang dingin

Sebagai Newbie, menggunakan uang dingin (idle money) untuk aktivitas investasi saham sangat penting. Uang yang tidak dipakai untuk aktivitas harian penting supaya tetap tenang dan tidak khawatir bila hasil investasinya lagi kurang baik.

3. Belajar analisis

Investasi perlu dibekali ilmu. Ilmu yang dimakksud adalah analisis fundamental dan teknikal. Biasanya, sekuritas tertentu memberikan pelatihan gratis. Analisis-analisis ini sangat penting untuk menentukan keputusan jual atau beli saham.

4. Hindari over spekulasi

Sebagai newbie dalam investasi saham, kecenderungan pada umumnya adalah berspekulasi secara berlebihan. Hal ini perlu dihindari karena justru akan merugikan. Oleh sebab itu, teknik analisis di atas harus benar-benar dipelajari untuk diterapkan sehingga tidak gampang terjebak dengan saham-saham gorengan yang merugikan.

5. Memiliki kesabaran

Emosi yang tidak terkontrol dalam investasi saham cenderung merugikan. Kesabaran dalam investasi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan. Newbie yang kerap tidak sabar saat melihat pergerakan pasar saham penting untuk menanamkan dalam pikiran bahwa kondisi mental yang stabil diperlukan untuk mendulang cuan.

6. Review secara berkala

Melakukan review atas saham-saham yang telah dibeli sangat penting untuk memaksimalkan cuan. Review saham-saham yang telah dikoleksi memang tidak perlu dilakukan setiap hari. Minimal 3 bulan sekali adalah waktu yang ideal untuk saham-saham jangka panjang.

Dengan melakukan strategi investasi di atas, kemungkinan meraih cuan sangat besar dibanding hanya sekadar ikur-ikutan dan tak tahu apa-apa.

Bagaimana, sudah siap untuk investasi?

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler