6 Tips Investasi Saham untuk Newbie - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 21 Oktober 2019 15:08 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 6 Tips Investasi Saham untuk Newbie

    Dibaca : 3.649 kali

    Anak-anak muda perkotaan mulai melirik investasi saham. Berkat informasi yang benar, anak-anak muda yang melek teknologi itu menemukan bahwa investasi saham bisa menjadi sebagai sarana bagus untuk mengembangkan dana.

    Anak-anak muda itu mendapati investasi (nabung) saham menguntungkan, tetapi sebagai newbie banyak yang belum tahu strategi yang harus dipakai untuk mendapatkan cuan (keuntungan). Menariknya, strategi investasi saat ini sangat terbantu dengan adanya fitur-fitur komprehensif, semial IPOTSTOCK milik PT Indo Premier Sekuritas.

    Sebagai pendatang baru di dunia investasi saham, wajar kalau mereka bingung bagaimana menyusun strategi. Berikut ini beberapa tips buat investor Newbie yang ingin memaksimalkan cuan:

    1. Mulai dengan modal kecil

    Berhubung baru masuk dunia saham, mulai lah dengan modal kecil. Dengan modal kecil, jika salah langkah maka kerugian yang harus ditanggung masih kecil. Lebih dari itu, proses awal ini untuk memastikan belajar terlebih dahulu sebelum transaksi. Dengan modal kecil, tapi rutin, bukan tidak mungkon,

    2. Pakai uang dingin

    Sebagai Newbie, menggunakan uang dingin (idle money) untuk aktivitas investasi saham sangat penting. Uang yang tidak dipakai untuk aktivitas harian penting supaya tetap tenang dan tidak khawatir bila hasil investasinya lagi kurang baik.

    3. Belajar analisis

    Investasi perlu dibekali ilmu. Ilmu yang dimakksud adalah analisis fundamental dan teknikal. Biasanya, sekuritas tertentu memberikan pelatihan gratis. Analisis-analisis ini sangat penting untuk menentukan keputusan jual atau beli saham.

    4. Hindari over spekulasi

    Sebagai newbie dalam investasi saham, kecenderungan pada umumnya adalah berspekulasi secara berlebihan. Hal ini perlu dihindari karena justru akan merugikan. Oleh sebab itu, teknik analisis di atas harus benar-benar dipelajari untuk diterapkan sehingga tidak gampang terjebak dengan saham-saham gorengan yang merugikan.

    5. Memiliki kesabaran

    Emosi yang tidak terkontrol dalam investasi saham cenderung merugikan. Kesabaran dalam investasi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan. Newbie yang kerap tidak sabar saat melihat pergerakan pasar saham penting untuk menanamkan dalam pikiran bahwa kondisi mental yang stabil diperlukan untuk mendulang cuan.

    6. Review secara berkala

    Melakukan review atas saham-saham yang telah dibeli sangat penting untuk memaksimalkan cuan. Review saham-saham yang telah dikoleksi memang tidak perlu dilakukan setiap hari. Minimal 3 bulan sekali adalah waktu yang ideal untuk saham-saham jangka panjang.

    Dengan melakukan strategi investasi di atas, kemungkinan meraih cuan sangat besar dibanding hanya sekadar ikur-ikutan dan tak tahu apa-apa.

    Bagaimana, sudah siap untuk investasi?


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.











    Oleh: Admin

    5 hari lalu

    Digeser Suplayer Telur Kabupaten, Peternak: Pak Bupati, Beri Kami Kesempatan

    Dibaca : 1.076 kali

    Tuban - Belum selesai polemik soal beras berkutu di program BPNT, kini muncul suplayer yang mengatasnamakan diri suplayer kabupaten. Tak ayal, kehadiran suplayer telur kabupaten inipun menggeser peternak lokal. Adalah Sahli, Peternak Ayam Petelur di Desa Pongpongan Kec. Merakurak yang mengeluhkan tak lagi bisa ikut menyuplai telur dalam program BPNT. Pasalnya, e-warong sembako di desanya sudah memiliki suplayer baru yang ditunjuk dari kabupaten. Akibatnya, Sahli kehilangan pangsa pasar terdekat yang ada di desanya. "Katanya sudah ada suplayer baru dari kabupaten yang bertugas menyuplai telur di program BPNT, jadi e-warong sekarang tidak lagi ambil telur dari saya" terang Sahli saat di temuai di kandangnya, Kamis, 21/05/2020. Sahli menuturkan, peternak ayam petelur yang ada di desanya sebenarnya cukup merasakan dampak ekonomi dari program andalan Jokowi ini. Ia dan teman-temannya tidak perlu jauh-jauh mencari pangsa pasar untuk telur yang dihasilkan dari kandangnya. Selain itu, harga jualnya juga relatif setabil dan kompetitif. Namun semenjak kehadiran suplayer kabupaten ini, ia terpaksa harus mencari pangsa pasar baru. "Dulu telur tidak pernah keluar dari desa karena diambil Agen BPNT, sekarang saya terpaksa jual telurnya ke tengkulak meski harganya lebih murah" terang pemuda yang sudah menggeluti peternakan unggas sejak 5 tahun terakhir ini. Terpisah, Aripin, peternak ayam petelur di desa yang sama juga menyayangkan masuknya suplayer baru dari luar desa. Menurutnya, supplier kabupaten ini makin menambah derita peternak ayam petelur yang beberapa bulan terakhir ini mengalami guncangan harga akibat beredarnya telur yang diduga HE. Jika hadirnya suplayer luar di BPNT Desa Pongpongan ini adalah kebijakan Bupati, Arifin meminta agar kebijaka itu dievaluasi. "Mohon Pak Bupati bisa melindungi peternak lokal. Beri kami kesempatan untuk menyuplai telur di desa kami" pinta Arifin. Untuk diketahui, adanya komoditi telur dalam program BPNT ini telah memantik semangat warga desa mencoba peruntungan dalam bidang perunggasan. di Desa Pongpongan sendiri, saat ini terdapat 5 kandang ayam petelur milik warga. Dua diantaranya merupakan kelompok binaan dari PT. Semen Indonesia. Diperkirakan, tahun ini juga akan muncul lagi peternak-peternak baru yang menggeluti peternakan ayam petelur. Hal ini diketahui dari banyaknya usulan peternakan unggas dari kelompok masyarakat yang yang masuk melalui program CSR Semen Indonesia tahun 2020 untuk Desa Pongpongan (tro/id).