x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 10 November 2019 18:20 WIB

Komunitas Bhineka Alumni SMPN 216 Ajari Ecoprint Anak-anak Taman Bacaan

Kreativitas anak patut digali. Bagaimana ajari anak-anak membuat ecoprint. Aksi nyata sosial dilakukan komuntas alumni SMPN 216 ke taman bacaan. Tempatkanlah peduli di depan, jangan sisihkan ke belakang. Karena itu, kepedulian sangat membutuhkan aksi nyata. Bukan hanya narasi dan diskusi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tempatkanlah peduli di depan, jangan sisihkan ke belakang.

Karena itu, kepedulian sangat membutuhkan aksi nyata. Bukan hanya narasi dan diskusi.

Aksi nyata kepedulian itulah yang diwujudkan Komunitas Bhineka Alumni SMPN 216 Jakarta Angkatan 1986 dalam Bakti Sosial Bhineka 216-86” di Taman Bacaan Masyaralat (TBM) Lentera Pustaka pada Minggu, 10 November 2019 di Kaki Gunung Salak Bogor.  Berbagai aktivitas sosial seperti 1) mengajar ecoprint, 2) donasi pakaian layak pakai, dan 3) donasi buku bacaan diberikan Bhineka 216-86 di hadapan 60 anak-anak pembaca aktif dan 10 ibu-ibu gerakan buta aksara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Donasi bakti sosial Bhineka 216-86 diserahkan oleh Monica, Ikmah, Yaltini, Maya, Epo, Maria, Regina, Pola, Tuti, Vira, Widio, Syarif Kotak, dan Mezack kepada 2 anak taman bacaan. Hal ini menjadi momentum istimewa bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November.   

“Kami dari Bhineka 216-86 bersyukur bisa ikut membantu anak-anak pembaca dan ibu-ibu buta aksara di TBM Lentera Pustaka ini. Apalagi pas di Hari Pahlawan. Karena bagi kami pahlawan bukan hanya untuk k=dikenal. Tapi mau berkorban dan peduli kepada mereka yang membutuhkan. Bakti sosial ini kami gelar sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial” ujar Monica dan Ikmah di sela acara.

 

Aksi sosial Bhineka 216-86 ini pun menjadi momentum kampanye gerakan alumni untuk berbagi. Alumni yang tidak bicara tentang aku dna kamu. Tapi tentang kita, tentang apa yang bisa diperbuat komunitas alumni kepada sesama. Agar setiap momentum alumni di manapun jadi lebih sehat dan positif. Aksi nyata sosial untuk memperkuat kebersamaan dan persamaan, bukan mempertegas perbedaan.

 

Bhineka 216-86 menyadari bahwa setiap individu alumni selayaknya punya rasa peduli terhadap sesama. Sehingga bisa menjadi bagian dari solusi masalah sosial, di samping terus melanggengkan kebersamaan.

Karena itulah, Bhineka 216-86 pun memiliki aktivitas sosial untuk menumbuhkan solidaritas sosial, jiwa kebersamaan, dan memelihara kebersamaan. Dan hebatnya, semua ini bersifat sukarela; sekaligus menyalurkan kepedulian sosial sesama teman-teman alumni SMPN 216 ANgkatan 1986.

 

Komunitas Bhineka 216-86 berharap anak-anak TBM Lentera Pustaka bisa lebih termotivasi dalam membaca buku di taman bacaan dan ibu-ibu buta aksara makin giat belajar baca dan tulis. Untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Karena di era digital seperti sekarang, kemampuan antisipasi terhadap keadaan dan kreativitas menjadi penting untuk ditingkatkan. Dan salah satunya bisa dilakukan melalui tradisi baca dan budaya literasi anak-anak dan masyarakat seperti yang terjadi di TBM Lentera Pustaka.

 

“Atas nama TBM Lentera Pustaka, saya sebagai alumni SMPN 216 Angkatan 1986 sangat berterima kasih atas kepedulian rekan-rekan dalam bakti sosial Bhineka 216-86 ini. Aksi sosial ini patut menjadi contoh konkret komunitas alumni dalam meningkatkan budaya baca anak-anak, di samping kepedulian sosial. Sudah saatnya ikata alumni di manapun bergerak untuk kaum yang membutuhkan” kata Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka yang sekaligus alumni SMPN 216 Jakarta.

 

Dalam kesempatan ini, anak-anak dan ibu-ibu TBM Lentera Pustaka pun diajarkan untuk keterampilan Ecoprint, membuat tas dengan sentuhan seni kreativitas anak yang dipandu oleh Yaltini dan Maya. Hal ini dilakukan untuk menggali potensi keterampilan atau prakarya yang dimiliki anak-anak TBM Lentera Pustaka.

 

Sebagai satu-satunya taman bacaan masyarakat di Kec. Taman Sari Kab. Bogor, TBM Lentera Pustaka bertekad menjadikan anak-anak usia sekolah bisa terbeas dari ancaman putus sekolah, di samping dapat mewujudkan kawasan wisata literasi, sebuah perjalanan wisata sambil membaca di sungai, di kebun, dan di jalanan. Dengan mengusung #BacaBukanMaen, TBM Lentera Pustaka berusaha memperkuat pengetahuan dan wawasan anak-anak melalui bacaan.

 

Maka, berbaktilah pada masyarakat yang membutuhkan.

Karena di situ, kita dapat menapaki jalan gelap menjadi lebih terang. Tentu, dengan bersama-sama dalam nuansa kepedulian …. #Bhineka216-86 #AlumniSMPAN216Jkt

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler