Teknik agar Artikel Muncul di Halaman Pencarian Google - Urban - www.indonesiana.id
x

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Senin, 11 November 2019 14:46 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Teknik agar Artikel Muncul di Halaman Pencarian Google

    Salah satu hal yang diharapkan oleh seorang blogger adalah artikel yang mereka buat muncul di halaman pencarian. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat menemukan artikel tersebut, blogger juga akan mendapatkan trafik jika itu sudah terjadi.

    Dibaca : 1.696 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Salah satu hal yang diharapkan oleh seorang blogger adalah artikel yang mereka buat muncul di halaman pencarian. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat menemukan artikel tersebut, blogger juga akan mendapatkan trafik jika itu sudah terjadi.

    Jadi menjadi blogger tidak hanya membuat artikel secara terus menerus. Salah satu pekerjaan yang harus dilakukan, ya ini, melakukan optimasi agar artikel berhasil diindeks oleh mesin pencarian.

    Sebuah artikel yang sudah masuk ke dalam sistem mesin pencarian, akan lebih mudah untuk ditemukan oleh pembaca. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar artikel terindeks dan muncul di mesin pencarian.

    Cara Agar Artikel Muncul di Search Engine

    Daftar Google Search Console atau Webmaster

    Ini menjadi cara pertama dan paling ampuh agar artikel muncul dihalaman pencarian. Layanan yang disediakan oleh Google ini akan mempercepat proses indeks. Setiap artikel yang disubmit nantinya akan masuk proses antrian sebelum muncul di search engine.

    Anda juga bisa memasukkan sitemap blog pada layanan tersebut. Jadi setiap artikel yang diposting akan masuk ke dalam sistem mesin pencari secara otomatis. Keberadaan sitemap juga menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar sebagai publisher di Google Adsense.

    Jika ingin melakukan hal ini, silahkan buka  https://google.com/webmasters/tools/submit-url. Nantinya akan ada proses verifikasi blog, ini cukup mudah karena hanya perlu memasukkan sebuah kode ke dalam blog.

    Membuat Artikel Original

    Sebagai seorang blogger, sudah menjadi kewajiban untuk membuat artikel yang original. Artikel original lebih disukai oleh mesin pencari. Jika memaksakan untuk menggunakan artikel orang lain atau copy paste, blog terancam akan ditendang oleh Google, atau biasa disebut dideindex. Jika hal ini terjadi, semua artikel tidak akan ada yang muncul di mesin pencarian.

    Oleh karena itu, buatlah artikel sendiri dengan gaya penulisan sendiri. Sehingga terkesan original meski idenya sedikit menjiplak dari artikel orang lain. Memposting satu dalam sehari lebih baik daripada 10 artikel sekaligus dalam satu hari namun hari berikutnya tidak ada postingan.

    Namun bila tidak sempat atau belum mampu membuat artikel sendiri, bisa juga menggunakan layanan jasa seo, salah satunya seperti rethcloud.com. Dengan begitu artikel dan web pasti lebih cepat terindex oleh Google.

    Gunakan Theme Ringan dan Responsive

    Blog yang menggunakan theme ringan tentu lebih mudah diakses. Google akan menganggap hal ini menjadi kelebihan dari blog Anda. Pembaca juga akan lebih mudah ketika mengakses artikel Anda. Google memiliki algoritma sendiri mengenai hal ini, jadi dengan menggunakan theme ringan dan mobile friendly, artikel Anda akan lebih mudah untuk terindeks Google.

    Gunakan Gambar yang Relevan

    Penggunaan gambar pada artikel ternyata berpengaruh terhadap penilaian Google. Nantinya Googlebot akan merayapi setiap bagiannya, termasuk gambar. Secara tidak langsung, penilaian positif ini akan membantu agar artikel lebih mudah muncul di mesin pencarian. Namun harus diperhatikan, penggunaan gambar harus bebas dari copyright. Jangan gunakan gambar milik orang lain.

    Mengunakan HTTPS

    Protokol https bisa menjadi tanda bahwa blog Anda memiliki keamanan yang cukup. Pembaca tidak menyukai blog yang disisipi virus atau hal-hal yang berbahaya. Untuk mendapatkan https, Anda bisa membeli atau mendapatkannya secara gratis. Beberapa penyedia hosting juga menyediakan layanan ini secara gratis.

    Demikian penjelasan mengenai cara cepat agar artikel muncul di halaman pencarian google. Jika artikel Anda ingin cepat muncul di search engine, coba lakukan beberapa cara di atas. Informasi ini semoga bermanfaat buat para blogger khususnya pemula yang sedang merintis blog masing-masing.

    Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.


    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 409 kali