x

Inbox by Gmail untuk iPhone X. Kredit: The Verge

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Selasa, 12 November 2019 06:34 WIB

Cara Menulis Email Resmi dan Contoh Kalimatnya

Sebagaimana yang kita tahu bersama, kalau email ialah salah satu alat komunikasi. Dengan email kita dapat berbicara dengan orang lain secara personal buat keperluan individu ataupun buat keperluan bisnis. Lantas, seperti apa cara menulis email untuk bisnis?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada postingan ini kami hendak mangulas tentang cara menulis email resmi beserta contohnya. Sebagaimana yang kita tahu bersama, kalau email ialah salah satu alat komunikasi. Dengan email kita dapat berbicara dengan orang lain secara personal buat keperluan individu ataupun buat keperluan bisnis.

Menulis email buat keperluan individu bisa jadi tidak terdapat ketentuan yang baku. Kita dapat menulis email dengan gaya bahasa yang santai tetapi senantiasa mengedepankan adab dalam penulisannya.

Akan tetapi, dalam menulis email untuk keperluan bisnis, terdapat beberapa ketentuan yang perlu kita indahkan. Sebab email buat bisnis tercantum dalam email resmi ataupun resmi yang mewakili instansi ataupun lembaga tertentu. Sehingga penyusunan email resmi ataupun resmi dapat mencerminkan profesionalitas dari sesuatu instansi ataupun lembaga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saking pentingnya hal tersebut hingga pada halaman ini kami hendak coba berbagi kepada Anda tentang cara membuat alamat email dan email resmi. Tidak cuma itu, kami juga akan membagikan contoh email resmi yang dapat Anda pelajari. Sehingga harapan kami ke depan Anda tidak akan mengalami kesusahan lagi dalam menulis email resmi buat keperluan bisnis.

Cara Menulis Email Resmi Beserta Contohnya

Memakai Nama dan Alamat Email Profesional

Sebelum kita mangulas lebih jauh tentang cara menulis email resmi, kami mendefinisikan alamat email profesional sebagai alamat email yang memakai nama domain sendiri. Contohnya merupakan sholeh@perusahaan.id.

Sebaliknya buat nama email profesional lebih baik menuliskan nama lengkap Anda semacam Muhammad Sholeh, ataupun nama depan/ nama balik dari industri Anda. Contohnya Sholeh dari perusahaan.id.

Untuk membuat alamat email profesional ini caranya sangat gampang. Anda cuma butuh menyewa domain dengan ekstensi apapun, kemudian buat emailnya Anda dapat memakai layanan perusahaan. id secara free supaya Anda dapat mengirim serta menerima email dengan alamat email Anda sendiri. Jadi jika dikala ini Anda belum memiliki alamat email resmi, lekas saja mendaftar di perusahaan. id. Free.

Subject Email yang Ringkas & Mewakili Isi Email

Memakai alamat email profesional dalam menulis email resmi sudah. Selanjutnya yakni menulis subject email yang ringkas, jelas serta mewakili isi email Anda.

Misalkan Anda mau mengirimkan proposal penawaran tentang pengadaan Kamera pengaman yang murah serta bermutu. Buat contoh subject emailnya Anda dapat menulis“ Proposal Penawaran Kamera pengaman” ataupun bisa jadi“ Kamera pengaman Buat Keamanan Rumah Anda”.

Mengenali Siapa Penerima Email

Sehabis menulis subject email, dalam menulis email resmi selanjutnya merupakan mengenali siapa penerima email Anda. Dengan mengenali siapa penerima email kita hingga hendak lebih gampang dalam menulis kalimat awal dalam email resmi.

Secara umum terdapat 2 jenis penerima email, antara lain:

  • Penerima email yang telah diketahui. Buat penerima email yang telah diketahui pada email resmi ini Anda dapat mengatakan nama mereka.
  • Penerima email yang tidak diketahui. Buat penerima email yang tidak diketahui pada email resmi ini Anda lumayan mengatakan sapaan Ayah/ Bunda/ Anda saja.

Memakai Salam Pembuka Yang Tepat

Ini masih berhubungan dengan point tadinya, tentang siapa penerima email Anda. Buat salam pembuka ini harus kita pakai kala menulis email resmi. Ini sama semacam kala kita bertamu ke rumah orang. Saat sebelum masuk hingga kita harus mengucapkan salam terlebih dulu.

Buat email resmi bahasa Indonesia, salam pembuka yang pas Anda dapat memakai contoh berikut:

  • Assalamu’ alaykum
  • Dengan hormat
  • Yang terhormat
  • Yang kami hormati
  • ataupun dapat pula ditambahkan dengan Ayah, Bunda, Kerabat, serta Saudari+ nama. Contoh: Yang terhormat Ayah Sholeh.

Bila Anda tidak mengenali nama penerima surel, lumayan tuliskan "Yang terhormat Ayah/ Bunda”, ataupun“ Kepada pihak yang berkepentingan”.

Buat email resmi bahasa Inggris, salam pembuka yang pas Anda dapat memakai contoh berikut:

  • Dear Sir/ Madam
  • To whom it may concern
  • Dear Mr/ Ms Jones

Yang butuh Anda hindari

Pada menulis salam pembuka email resmi terdapat sebagian perihal yang butuh Anda jauhi merupakan jangan pakai kata“ Halo”, ataupun“ Hai”, ataupun salam pembuka tidak resmi yang lain. Butuh jauhi pula konsumsi“ Dear Diary,” ataupun“ Dear Honey”.

Mengenalkan Diri dan Ucapan Terima Kasih

Pada email resmi, sehabis mengucapkan salam umumnya dilanjutkan dengan Mengenalkan diri. Ini berarti biar penerima email ketahui siapa Anda serta apa keperluan Anda. Terlebih lagi bila penerima email Anda merupakan orang yang belum sempat Anda mendatangi tadinya, semacam pelanggan baru, manajer sumber energi manusia( HRD), maupun lembaga pemerintah.

Dalam mengenalkan diri lewat email resmi, Anda dapat mengikuti contoh berikut ini:

  • Perkenalan diri pada email resmi buat lamaran pekerjaan:

“Nama aku Muhammad Sholeh. Aku mengirimkan email ini dengan iktikad buat melamar pekerjaan bagaikan SEO Specialist di perusahaan.”

  • Perkenalan diri pada email resmi buat penawaran kerja sama:

“Perkenalkan, nama aku Muhammad Sholeh dari PT. Tempo Indonesia. Lewat email ini aku mau mengirimkan company profile serta portofolio industri kami bagaikan bahan pertimbangan Anda supaya bisa bekerja sama dengan kami.”

Di atas merupakan contoh kalimat buat mengenalkan diri pada email resmi. Tetapi terdapat pula saatnya kita memperoleh email resmi terlebih dulu. Hingga dari itu kita butuh membalas email tersebut secara resmi pula dengan mengucapkan terima kasih terlebih dulu. Buat contohnya bagaikan berikut:

  • Terima kasih Ayah Muhammad Sholeh atas email lamaran kerja yang Anda ajukan.
  • Terima kasih Ayah Muhammad Sholeh telah mengirimkan company profile serta portofilio industri Anda.
  • serta lain sebagainya.

Isi Email Resmi

Isi email ini ialah bagian utama serta sangat berarti di dalam email resmi. Pada bagian isi email ini hendaknya sampaikan secara lugas serta jangan bertele- tele sehingga membuat bimbang penerima email.

Isi email resmi ini dapat Anda mulai dari mengantarkan data yang sangat berarti terlebih dulu. Misalnya tujuan Anda menulis email resmi merupakan buat melamar pekerjaan, hingga sampaikan iktikad Anda pada bagian isi email ini.

Tidak hanya itu buat menyampaikannya jangan sangat sedikit jumlah katanya, sebab ini email resmi bukan SMS yang cuma dibatasi dekat 160 kepribadian. Pula jangan sangat panjang isi email resminya.

Pula buat pemakaian font serta ukurannya butuh kita perhatikan dalam mengantarkan isi email resmi ini. Upayakan gunakan font strandar semacam Times New Roman, Tahoma ataupun Arial serta ukurannya jangan sangat besar serta jangan pula sangat kecil. Wajarnya antara 12- 15 buat dimensi fontnya.

Penutup dan Ending

Di dini tadi email resmi kita terdapat salam pembukanya. Hingga kita pula butuh mencantumkan salam penutup dalam email resmi yang kita tulis.

Buat penutup email resmi kita dapat memakai contoh semacam berikut ini:

  • Atas atensi Ayah Sholeh kami ucapkan terima kasih.
  • Demikian email dari aku terpaut dengan penawaran Kamera pengaman. Bila terdapat yang kurang jelas dapat Ayah tanyakan dengan membalas email ini. Atas atensi dari Ayah Sholeh aku ucapkan terima kasih.

Sebaliknya buat ending email resmi ini umumnya terdiri dari perkata berikut ini:

  • Kind regards
  • Best wishes
  • Sincere regards
  • Best regards
  • Hormat Saya
  • Hormat Kami
  • Thank You
  • serta lain sebagainya.

Signature( Opsional)

Buat email resmi signature ini dapat Anda pakai dapat pula tidak. Umumnya signature ini cuma berisi data tentang jabatan Anda serta pula alamat kantor. Contohnya semacam berikut ini:

Muhammad Sholeh

Tempo Indonesia, Tbk

Wisma Monex 9th Floor

Jalan. Asia Afrika 133- 137, Jakarta 40112

Jakarta– Indonesia

Phone:( 022) 873- 211- 38

Demikian ulasan kami tentang cara membuat email resmi beserta contohnya ini. Mudah- mudahan berguna buat Anda serta hingga berjumpa di postingan selanjutnya. Serta bila terdapat yang kurang jelas, persoalan ataupun asumsi terpaut tulisan ini silakan tinggalkan pesan pada kotak pendapat di dasar ini.

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler