Cara Mudah Bikin Paspor, Anti Ribet

Sabtu, 7 Desember 2019 20:10 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bila Anda akan pergi ke luar negeri, karena itu dokumen penting yang butuh Anda punya ialah paspor

Bila Anda akan pergi ke luar negeri, karena itu dokumen penting yang butuh Anda punya ialah paspor. Paspor adalah dokumen sah yang bisa dipakai jadi identitas pengenal saat Anda ada di negara asing.

Di paspor akan ada info mengenai negara asal pemegang paspor, nama lengkap, foto, tanda tangan, tempat & tanggal lahir, serta info penting yang lain yang dibutuhkan saat ingin masuk ke negara lain. Tanpa ada paspor Anda tidak dibolehkan untuk melalui imigrasi keberangkatan atau ketibaan di lapangan terbang, hingga mustahil untuk Anda naik ke atas pesawat.

Jika Anda belum mempunyai paspor serta ingin membuat karena itu Anda bisa berkunjung ke kantor imigrasi paling dekat serta lakukan aplikasinya dari sana. Namun, sekarang proses pengerjaan paspor sudah bisa dikerjakan dengan online, yang cuma memerlukan waktu 5 menit saja.

Jadi proses aplikasinya bisa disingkat serta lebih praktis, dibanding aplikasi dengan manual hadir ke kantor imigrasi. Sebab bila Anda ingin lakukan aplikasi dengan manual, untuk menghindarkan antrean yang panjang karena itu Anda harus hadir benar-benar awal kurang lebih jam 6 pagi.

Diluar itu, ada batasan jumlahnya pemohon dalam 1 harinya, seperti misalnya di daerah depok cuma terima 200 pemohon sehari-harinya.

Dengan lakukan aplikasi pengerjaan paspor online, walaupun Anda masih butuh hadir ke kantor imigrasi nanti untuk verifikasi berkas, wawancara, pemungutan sidik jari serta photo. Tapi Anda bisa mem-booking kehadiran Anda jadi satu dari 200 pemohon itu pada hari serta kantor imigrasi yang diambil. Jadi Anda tak perlu cemas untuk memperoleh slot antara 200 pemohon itu serta tentu saja tak perlu hadir pagi sekali untuk antre.

Pengerjaan paspor dengan online ini bukan sekedar layani untuk pengerjaan paspor barusan, buat Anda yang ingin perpanjang paspor dapat mengerjakannya dengan online. Mekanisme dalam perpanjang paspor akan hampir serupa dengan pengerjaan paspor baru online serta tidak memerlukan waktu lebih dari 5 menit.

Namun Anda butuh memberikan paspor lama Anda di kantor imigrasi. Masa aktif paspor umumnya ialah 5 tahun, jika masuk 6 bulan sebelum masa aktif paspor selesai karena itu Anda bisa perpanjang paspor.

Sebelum menerangkan mengenai cara membuat paspor online selanjutnya, butuh Anda tahu membuat paspor online bukan bermakna paspor elektronik atau e-paspor. Yang disebut dengan membuat paspor online ialah beberapa mekanisme pengerjaan paspor akan dikerjakan lewat online, sedang e-paspor ialah type paspor yang mempunyai data biometrik yang tersimpan berbentuk chip di paspor itu. Jadi Anda bisa pilih untuk bikin paspor biasa atau e-paspor dengan manual ke kantor cabang imigrasi atau online.

Ada banyak kriteria dokumen yang butuh Anda buat persiapan terlebih dulu untuk bikin paspor online. Dahulunya kriteria dokumen ini butuh di-scan serta di-upload ke web imigrasi. Tapi sekarang, Anda perlu memasukkan data itu ke web imigrasi dan membawanya ke kantor imigrasi pada step verifikasi berkas.

Buat persiapan semua dokumen ini sebelum mengatur paspor online, sebab Anda akan memerlukan data dari semasing dokumen untuk aplikasi paspor online.

Untuk pengerjaan paspor online Anda masihlah butuh untuk hadir ke kantor imigrasi untuk proses interviu, verifikasi berkas serta photo. Bila Anda tidak meyakini dengan tempat kantor imigrasi di wilayah Anda ada, karena itu Anda bisa mengeceknya di daftar komplet kantor imigrasi di Indonesia.

Sekarang Anda harus memakai aplikasi bila ingin memperoleh antrian paspor. Nomor antrean berikut yang akan Anda perlihatkan ke petugas service paspor. Berikut kami sediakan cara-caranya:

1. Ambil Aplikasi

Anda harus mengambil aplikasi Antrian Paspor di Play Store. Sayangnya, aplikasi ini memanglah belum ada untuk pemakai iPhone. Bila proses pengunduhan telah usai, baru Anda dapat ke langkah seterusnya.

2. Lakukan Pendaftaran Di Aplikasi

Tahap selanjutnya, Anda harus lakukan pendaftaran dengan klik “Masuk” pada aplikasi.
Kemudian Anda akan ditempatkan ke situs ini. Di sini Anda harus isi semua data secara benar.
Sesudah semua data komplet, Anda dapat login serta pilih agenda pengerjaan paspor.

3. Pilih Agenda Pengerjaan Paspor

Langkah setelah itu pilih dimana Anda akan membuat paspor, dan waktunya. Butuh diingat, jika tiap tempat service paspor mempunyai paket. Jadi Anda harus pilih tempat kantor layanan paspor yang lain bila nyatanya tempat awal yang diambil penuh.

Sesudah login, Anda dapat pilih tempat kantor service paspor yang diharapkan pada situs ini. Bila paket di tempat pilihan belum penuh, Anda dapat langung pilih waktu pengurusan paspor.

Anda dapat pilih antara ke-3 pilihan waktu di atas. Janganlah lupa untuk hadir, minimal, 15 menit lebih dini. Ini sebab Anda harus menyerahkan berkas kriteria paspor sebelum dipanggil untuk interviu serta pemungutan photo. Berkas harus dicek oleh petugas sebelum Anda dipanggil untuk proses seterusnya.

Sesudah proses ini usai, Anda dapat lihat agenda pada situs User (Pemakai). Selanjutnya click “Lihat Jadwal” untuk memeriksa tempat service paspor serta waktu pengurusan paspor. Adanya agenda ini, Anda akan memperoleh QR code yang nanti harus Anda perlihatkan pada petugas service paspor.

4. Datangi Kantor Imigrasi/ Service Paspor

Untuk layani jumlahnya keinginan pengerjaan paspor, faksi imigrasi buka kantor service paspor di beberapa titik yang lain. Oleh karena itu tidak hanya bila paket di kantor imigrasi penuh, Anda dapat juga pilih kantor service paspor yang lain.

Pada tanggal yang Anda tetapkan, yakinkan Anda berkunjung ke kantor imigrasi yang Anda pilih di aplikasi pengerjaan paspor online. Kantor imigrasi umumnya membuka jam 7.00 pagi sampai 16.00 sore, waktu istirahat 12.00 sampai 13.00, terkecuali Jumat jam 11:30 sampai 13.00.

Ingat yakinkan Anda mempersiapkan semua dokumen kriteria dan sinyal terima permintaan serta bukti pembayaran sebelum hadir ke kantor imigrasi. Diluar itu Anda harus juga kenakan pakaian rapi serta sopan seperti baju tetapi jangan warna putih.

5. Photo, Verifikasi Berkas, Pemungutan Biometrik serta Interview

Di kantor imigrasi Anda akan butuh mengantre untuk diwawancara tentang arah Anda membuat paspor. Kemudian photo Anda akan diambil bertepatan dengan verifikasi dokumen dan pemungutan biometrik seperti sidik jari.

Sesudah usai proses photo serta interviu, Anda akan diberi bukti pembayaran dengan nomor rekening serta kode untuk bayar paspor. Taruh bukti pembayaran untuk diperlihatkan waktu pemungutan paspor.

6. Kerjakan Pembayaran

Selanjutnya Anda butuh bayar ongkos membuatnya ke Bank BNI dengan bawa bukti mengajukan paspor ini. Bila Anda ingin bayar lewat ATM BNI karena itu pilih menu Pembayaran di ATM serta input nomor permintaan atau kode pembayaran.

Sekarang untuk pengerjaan baru atau perpanjangan paspor biasa dengan jumlahnya 48 halaman, biayanya ialah Rp 355.000. Ditambah lagi ongkos administrasi bank sebesar Rp 5.000, hingga keseluruhan Rp 360.000

7. Pemungutan Paspor

3 atau 4 hari kerja sesudah proses itu Anda bisa hadir kembali pada tempat Anda ajukan paspor, untuk pemungutan paspor. Jangan tunda pemungutan paspor, sebab faksi imigrasi telah mempersiapkan paspor-paspor yang siap diambil sesuai dengan hari yang dipastikan.

Sama seperti dengan ambil antrean melalui aplikasi smartphone, pertama Anda harus register lalu ambil nomor antrean dengan online terlebih dulu. Selanjutnya baru berkunjung ke kantor imigrasi untuk lanjutan prosedurnya.

Karena itu untuk bikin paspor, sekarang Anda bisa ambil nomor antrean dengan online terlebih dulu. Selanjutnya baru berkunjung ke kantor imigrasi untuk lanjutan prosedurnya. Jadi, sesudah Anda pilih Layanan Paspor Online, Anda bisa input detil account Anda.

Bila Anda belum mempunyai account karena itu Anda bisa pilih Pendafataran. Lalu isikan data Anda di Register Form dan log in dengan account Anda yang diberi.

Kemudian Anda bisa pilih tempat kantor imigrasi paling dekat yang akan Anda datangi serta pilih Bikin Permintaan. Seterusnya tinggal mengisikan tanggal serta waktu pilihan Anda. Selanjutnya Anda cukup hadir ke kantor imigrasi itu untuk melanjutkan proses pengerjaan paspor atau perpanjangan paspor. Sekian info mengenai tata cara membuat paspor online. Semoga bermanfaat dan berguna buat kalian yang ingin membuat paspor

Bagikan Artikel Ini
img-content
Candra Bi

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua