x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Kamis, 12 Desember 2019 16:39 WIB

10 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat di Kota Malang

Daya tarik Kota Malang buat pelancong baik dalam atau luar negeri tidak disangsikan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

  1. Museum Angkut

Bisa disebut Malang mempunyai tujuan wisata yang cukup komplet, tidak cuma menyediakan tujuan wisata alam serta kuliner saja yang populer. Hal itu didasarkan pada daya tarik riwayat yang dipunyai Malang dimana dahulunya Malang salah satu pusat peradaban sejak jaman prasejarah. Tidak bingung bila di Kota Apel ada beberapa museum yang bisa didatangi, diantaranya ialah Museum Angkut Malang.

Museum ini cukup populer buat banyak traveller di Indonesia serta beberapa umur. Museum dengan luas sampai 3,8 hektare ini mempunyai koleksi yang cukup komplet. Sesuai namanya koleksi museum ini ialah kendaraan dari beberapa masa serta beberapa Negara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Museum dengan luas sampai 3,8 hektare ini mempunyai koleksi beberapa 300 kendaraan serta kukuhkan museum ini jadi museum paling besar di Asia Tenggara. Sebab luasnya bangunan museum ini dibagi jadi 8 zone pameran yang tiap area nya mempunyai karakter yang unik.

Area itu salah satunya ialah Main Hall yang menaruh koleksi kendaraan antik, zone Education Hall yang menaruh koleksi riwayat transportasi. Area setelah itu Euro Zona dimana area ini menaruh koleksi kendaraan yang datang dari Eropa seperti Range Rover yang konon tuturnya pernah dipakai oleh Ratu Inggris, diluar itu ada juga Pasar Apung yang disebut tiruan dari pasar apung yang jual beberapa minuman dan makanan.

Museum ini terdapat di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kecamatan Batu, Kota Batu. Harga ticket yang harus dibayar bila ingin habiskan waktu berlibur dalam tempat ini yaitu Rp 60.000 untuk hari biasa, serta Rp 80.000 untuk akhir minggu.

 

  1. Nikmati Segarnya Air Terjun Coban Putri

Seperti sudah disinggung di atas, bentang alam di Malang cukup bermacam, di wilayah Malang sendiri Anda bisa temukan banyak air terjun yang indah dengan ketinggian berbagai macam. Tujuan wisata air terjun seterusnya yang bisa didatangi di Malang ialah Coban Putri. Air terjun ini persisnya terdapat di Desa Tlekung. Mempunyai air yang jernih serta belum terkontaminasi membuat tempat wisata ini benar-benar pas untuk berendam atau sebatas berenang ditemani percikan air yang sejuk.

Tempat wisata ini mempunyai sarana yang cukup ideal dimana satu diantara daya tariknya ialah terdapatnya ayunan yang ada pas disamping air terjun yang bisa Anda pakai untuk photo. Tidak hanya spot photo berbentuk ayunan, air terjun ini mempunyai spot photo bernama “Tangan Tuhan” dan ayunan yang dipenuhi oleh hiasan dengan latar rimba yang lebat yang sayang untuk ditinggalkan. Untuk yang tertarik berkunjung ke tempat wisata ini, harga ticket yang dipakai untuk pengunjung ialah Rp 8.000 saja, murah kan?

 8. Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

 Siapa yang tidak kenal gunung Semeru dengan Pucuk Mahameru nya? Gunung dengan ketinggian sampai 3.676 mtr. di atas permukaan air laut ini adalah gunung paling tinggi di Pulau Jawa. Gunung ini juga semakin populer karena penjelasannya di film 5cm yang dikeluarkan pada tahun 2012 yang lalu. Dengan tingginya yang sampai 3.676 mdpl, hal itu membuat beberapa pendaki gunung memandang hiking di gunung itu jadi ‘batu loncatan’ buat beberapa pendaki yang ingin meningkatkan pengalaman. Hal itu karena waktunya yang cukup singkat untuk mendaki dan turun.

Pendaki gunung yang akan ke arah pucuk Mahameru umumnya diawali dari Desa Ranu Pane. Di desa ini Anda juga bisa mempersiapkan bekal dan beristirahat sesaat sebelum mengawali pekerjaan ekspedisi mendaki gunung. Pada step awal perjalanan Anda akan berbuntut di Ranu Kumbolo yang disebut satu danau besar serta benar-benar indah. Danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau.

Di Ranu Kumbolo ini berarti Anda sudah sampai ketinggian 2.400 mdpl serta lokasi seputar Ranu Kumbolo mempunyai udara yang dingin sebab bentuk dataran yang bersisihan dengan danau serta lembah. Tetapi seringkali di tempat ini banyak yang membangun tenda serta menginap sebelum meneruskan perjalanan ke arah pucuk Mahameru.

Satu diantara daya tarik dari perjalanan ke arah pucuk Mahameru ialah tanjakan cinta yang akan ditempuh sesudah melalui Ranu Kumbolo. Konon tuturnya bila sukses berjalan tiada henti serta tanpa ada lihat kebelakang Anda akan temukan cinta sejati.

Ruang seterusnya yang akan diketemukan ialah padang Oro-oro Ombo yang menyediakan keindahan bunga Edelweiss yang konon adalah simbol dari keabadian. Tidak cuma hanya itu, di ruang ini Anda dapat temukan bunga Verbana Barisliensis Vell, memiliki bentuk seperti bunga Lavender yang umumnya cuma diketemukan di Indonesia.

Gunung Semeru salah satu gunung berapi yang aktif, oleh karena itu bermalam di pucuk gunung ini benar-benar tidak dianjurkan karena ada gas beracun yang mematikan hari bergerak siang.

Agar bisa mengalahkan Mahameru, pendaki bisa bermalam satu malam di Kalimati dan mengawali pendakian pada jam 2 pagi hari dengan kondisi gelap gulita. Pada step akhir itu Anda harus benar-benar waspada karena seringkali berlangsung berguguran batu-batu besar yang tentu saja membahayakan nyawa pendaki.

 

  1. Berekreasi Kuliner ke Cafe Unik di Malang, Madam Wang Secret Garden

Apel memang buah komoditas penting Kota Malang, tetapi Apel bukan lah hanya satu makanan yang bisa menganakemaskan lidah di kota itu. Malang adalah kota yang mempunyai keberagaman budaya dan riwayat oleh karena itu tidak bingung bila Malang mempunyai banyak tempat makan yang unik serta tentu saja lezat. Satu diantara tujuan wisata kuliner yang bisa didatangi di Malang ialah Madam Wang Secret Garden.

Bila bertandang ke cafe ini tentu saja Anda akan tertarik untuk melihat-lihat terlebih dulu dibanding langsung pilih tempat duduk serta pesan makanan. Madam Wang Secret Garden ini mempunyai dua ruang yang bisa diambil yaitu outdoor yang asri serta indoor yang nyaman serta hangat.

Makanan yang direferensikan berdasar sebagian situs ulasan kuliner ialah Gudeg Ayam ciri khas Yogyakarta. Tetapi bila tidak ingin konsumsi makanan yang begitu berat Anda bisa coba camilan seperti apple strudel yang benar-benar populer.

Madam Wang Secret Garden tidak cuma mempunyai cafe, tempat makan ini tawarkan butik kecil yang jual koleksi kain dan beberapa jenis benang yang bisa dipakai untuk merajut. Cafe ini terdapat di Jalan Telomoyo 12, Kota Malang. Range makanan di cafe ini sekitar di antara Rp 15.000 sampai Rp 30.000.Murah serta tentu saja pas untuk yang ingin habiskan malam diakhir minggu.

 

10. Sensasi Makan Dalam Museum: Rumah Makan Inggil

Kekhasan dari rumah makan ini dapat nikmati kuliner di tengahnya benda antik. Rumah makan ini bukan sekedar rumah makan yang terdapat di samping satu museum, tetapi betul-betul satu rumah makan yang ada di museum. Menarik kan?

Di dalam rumah makan ini Anda bisa melahap makanan dengan sajian tradisionil sambil dikelilingi oleh benda antik seperti senjata kuno, mesin tulis kuno, serta jam dahulu kala, beragam perlengkapan yang kedaluwarsa tetapi kelihatan bersejarah, perlengkapan minum dan makan, topeng tradisionil ciri khas jawa, serta foto-foto hitam putih dari waktu dulu.

Rumah makan ini tidak cuma menyediakan situasi yang benar-benar berlainan, tetapi mempunyai daya tarik lain seperti atraksi kesenian jawa yang bisa Anda nikmati selesai nikmati hidangan makan malam. Rumah makan ini terdapat di Jalan Gajah Mada Nomor 4, Kota Malang.

Penuh dengan riwayat serta peristiwa tidak terlewatkan demikianlah beberapa tempat wisata di Malang yang bisa Anda eksplorasi lebih jauh. Sebetulnya ada banyak tempat wisata yang bisa didatangi dari mulai wisata kuliner yang populer dengan bakso, wisata berbelanja, sampai wisata alam yang tidak kalah indah dibandingkan kota wisata lain di Indonesia.

Tetapi yang butuh dilihat bila bertandang ke tempat wisata di Malang ialah masih menjaga kebersihan serta patuhi semua ketentuan yang dipastikan oleh pengelola tempat wisata. Demikian artikel Kita kesempatan ini, mudah-mudahan bermanfaat!

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu