Viral Foto Penyiksaan Muslim Uighur: Kasus Lain, 14 Foto Ini Benar-benar Menyesatkan - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Foto lama kasus lain

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Sabtu, 21 Desember 2019 20:24 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Viral Foto Penyiksaan Muslim Uighur: Kasus Lain, 14 Foto Ini Benar-benar Menyesatkan

    Publik tampaknya perlu teliti ketika mendapat kiriman foto-foto yang diklaim menggambarkan penyiksaan muslim Uighur oleh pemerintah Cina. Foto-foto yang beredar di media sosial ternyata amat menyesatkan.

    Dibaca : 14.191 kali

    Publik tampaknya perlu teliti  ketika mendapat kiriman foto-foto  yang diklaim menggambarkan penyiksaan muslim Uighur oleh pemerintah Cina. Foto yang beredar di media sosial ternyata amat menyesatkan karena  banyak foto yang tidak berkaitan sama sekali dengan kasus Uighur.

    Diantaranya foto-foto diunggah oleh akun  Iik Kurniawan pada 17 Desember 2019 dengan narasi “Kekejaman Kerajaan China kepada Muslim Uighur”. Akun ini juga menulis, “Seharusnya di zaman sekarang yang di mana-mana orang Islam banyak dibantai, Rohingya, Palestina, Kashmir, Suriah, dan Uighur. Kita melakukan qunut nazilah setiap hari, setiap sholat lima waktu, bukan malah saling menyalahkan.

    Ada juga posting serupa yang dilakukan akun lain. Pada 16 Desember 2019 misalnya, akun Umum Ilham mengunggah tujuh foto yang beberapa di antaranya memperlihatkan perempuan yang diikat dan diborgol.

    Foto-foto itu yang ternyata menyesatkan sesuai  penelusuri tim cekfakta.tempo.co.   Banyak foto peragaan penyiksaan kasus Falon Gong yang digunakan yang tak berkaitan dengan kasus Uighur.  Hanya dua foto yang berkaitan, tapi itu pun foto demonstrasi Muslim Uighur pada 2009.

     1.Foto  lama  demo lama Muslim Uighur

    Selanjutnya: Foto lama kasus lain



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.