Anies Berlebihan Banggakan Angka Kemiskinan: Data Ini Tunjukkan Prestasi DKI Buruk - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Klaim Gubernur Anies

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Minggu, 26 Januari 2020 18:47 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Anies Berlebihan Banggakan Angka Kemiskinan: Data Ini Tunjukkan Prestasi DKI Buruk

    Dibaca : 8.525 kali

    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan angka kemiskinan di Jakarta saat ini paling rendah di Indonesia.  Ia mengatakan angka kemiskinan di Jakarta sebesar 3,7 persen pada 2017. Sedangkan pada 2019,  kemiskinan di Jakarta menjadi 3,42 persen.

    "Angka kemiskinan di Jakarta terkecil di Indonesia. Jadi bukan hanya penurunan paling banyak, tapi juga terkecil di Indonesia," kata Anies  saat memberikan sambutan dalam acara Rakerda Gerindra DKI Jakarta di Grand Sahid Jaya, 26 Januari 2020.

    Anies Baswedan  juga mengatakan angka kemiskinan di Jakarta sekarang paling kecil dalam lima tahun terakhir. "Saya baca data, kita mencapai angka persentase penduduk miskin terkecil selama lima tahun terakhir di Jakarta," ujar Anies.

    Semua data  itu benar.  Tak ada yang keliru.  Tapi kenapa  seharusnya  Gubernur DKI tak membanggakan data tersebut?  Soalnya, kalau kita bongkar data BPS,  penurunan angka kemiskinan di DKI sepanjang 2017 sampai 2019 justru di bawah angka rata-rata nasional.  Angka penurunan angka kemiskinan di DKI juga termasuk 5 terburuk di Indonesia dalam dua tahun terakhir.

    Sesuai rilis BPS
    Semua yang disampaikan Anies tersebut  sesuai dengan rilis  Badan Pusat Stastistik, yakni tingkat kemiskinan DKI Jakarta adalah yang terendah di antara 34 provinsi di Indonesia. Persentase penduduk miskin DKI Jakarta pada September 2019 adalah 3,42 persen atau sejumlah 362,30 ribu orang. 

    Angka  tersebut juga yang terendah dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Tidak salah. Hanya,  keliru besar jika membanggakan bahwa  angka kemiskinan di DKI paling rendah di Indonesia.   

    Soalnya sejak dulu memang begitu,  DKI paling rendah.  Pada 2012, misalnya, angka kemiskinan di Jakarta 3,7 persen. Saat itu pesaingnya terdekatnya cuma Bali,  yakni 3,95 persen.

    Selanjutnya: perbandingan....


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.