Balas Dendam Dimulai: Iran Hantamkan Rudal Berkali-kali ke Basis AS, Reaksi Trump? - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Iran vs AS

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Rabu, 8 Januari 2020 07:29 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Balas Dendam Dimulai: Iran Hantamkan Rudal Berkali-kali ke Basis AS, Reaksi Trump?

    Dibaca : 29.136 kali

    Iran  benar-benar membalas kematian Jenderal  Soleimani. Hari  ini, Iran melancarkan serangan rudal ke  basis militer AS  di Irak  sebagai pembalasan atas pembunuhan  Jenderal Iran Qasem Soleimani pekan lalu.

    "Pagi ini, pejuang pemberani  Angkatan Udara Iran  (IRGC) meluncurkan operasi yang sukses yang disebut Operasi Martir Soleimani, dengan kode 'Oh Zahra' dengan menembakkan puluhan rudal  ke pangkalan teroris dan pasukan invasi AS bernama Ain Al Asad, " demikian situs berita  negara Iran menyebut, 8 Januari 2020.

    Dilaporkan oleh ABCNews, Pangkalan udara Al-Asad di provinsi Anbar Irak, yang menampung kontingen AS, dihantam setidaknya enam kali, kata pejabat  militer Amerika.

     

    Pangkalan Al Asad sebelumnya telah menjadi target milisi Syiah yang didukung Iran. Serangan kelompok  ini terhadap pasukan koalisi dan AS memicu situasi memanas yang berujung pada serangan terhadap jenderal Soleimani.

    Sehari sebelum serangan balasan tadi,  Sekretaris  Dewan Keamanan Nasional Iran, Ali Shamkhani, mengatakan negaranya sedang mempertimbangkan 13 "Skenario balas dendam"  setelah pembunuhan Qasem Soleimani.  Bahkan opsi yang paling  ringan sekalipun, kata Shamkhani,  akan menjadi "mimpi buruk  dan   bersejarah" bagi AS.

    Ali Shamkhani mengatakan kepada kantor berita Tasnim: “27 pangkalan AS yang paling dekat dengan perbatasan Iran sudah dalam keadaan siaga tinggi. Mereka tahu bahwa tanggapan kami  kemungkinan mencakup rudal jarak menengah  dan  panjang. ”

     Selanjutnya: Reaksi Trump


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.