x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 9 Januari 2020 16:57 WIB

Mie Goreng Bisa Bikin Semangat Kuliah, Betulkah?

Konon katanya, mie goreng bisa bikin semangat kuliah. Betulkah itu?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kuliah atau belajar buat sebagian orang membosankan. Bahkan tidak sedikit mahasiswa yang telat lulus karena malas kuliah. Apalagi di musim hujan alias musim banjir, kuliah makin terasa berat. Kuliah seringkali dianggap kegiatan yang membebani, bahkan menakutkan. Apalagi bagi mahasiswa program Doktor S3, bisa jadi mengerikan.

Kata kawan saya, kuliah jangan terlalu serius-serius. Bila perlu kuliah sambil makan mie goreng. Karena mie goreng bisa menambah “daya serap” saat kuliah. Kawan saya lagi yang bilang, makanya kuliah perlu variasi. Diantaranya sambil makan mie goreng di kelas. Kuliah jadi terasa lebih menyenangkan walau tetap serius. Mungkin itu yang disebut “merdeka belajar”.

Siapapun bisa merasakan. Semangat kuliah itu sama sekali tidak mudah. Makanya banyak mahasiswa yang telat lulusnya. Karena gagal menjaga semangat kuliah. Bahkan kuliah tidak dibikin senang. Akhirnya, kuliah malah jadi beban.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tapi tidak demikian halnya dengan mahasiswa S3 Program Doktor Manajemen Pendidikan (MP) Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) Bogor. Khususnya kelas 2018 KS 2, saat mengikuti kuliah “Analisis Kebijakan Publik” dari Prof. Dr. Didik Notosudjono, M.Sc. (Kamis, 9/1/20) sungguh semangatnya luar biasa. Akibat ditemani mie goreng saat kuliah. 

Selain fokus kuliah, mahasiswa S3 MP Unpak ini pun menjalaninya dengan rileks. Seperti sedang merealisasikan “merdeka belajar” alias belajar dengan senang. Karena memang, mahasiswa harus menjaga ritme kuliah agar tetap senang ke kampus, senang kuliah. Karena kuliah adalah proses untuk membentuk sikap, bukan hanya kognitif semata.

Kenapa mie goreng?

Kata kawan saya lagi, mie goreng termasuk pelengkap asupan nutrisi, di samping menjadi sumber energi selain nasi. Maka saat kuliah, mie goreng bisa menunjang kinerja tubuh untuk fokus kuliah. Mie goreng pun tergolong makanan instan; praktis lagi mengenyangkan. Tapi wajib diingat, hidup tidak boleh instan. Biarkan mie saja yang instan. Karena segala sesuatu yang instan pasti ada efek buruknya di kemudian hari, iya gak?

Tetap semangat kuliah, kira-kira itulah spirit yang merasuki 24 mahasiswa S3 MP Unpak  yang menempuh kuliah di semester akhir. Sebentar lagi akan mempersiapkan penulisan disertasi. Sehingga target untuk menjadi Doktor pada tahun 2021 bisa terealisasi.

Merdeka belajar bisa jadi merdeka kuliah. Termasuk merdeka dalam pikiran dan mentalitas mahasiswa. Seperti yang dialami mahasiswa S3 MP Unpak kelas 2018 KS2. Untuk tetap menjaga suasana kuliah yang cocok dengan gaya diri sendiri. Tanpa perlu direkayasa. Agar ilmu lebih mudah terserap. Sehingga, mahasiswa tidak merasa terbebani saat kuliah.

Karena bagi mahasiswa, di manapun, kuliah itu bukan untuk meraih gelar. Tapi kuliah untuk memperbaiki diri. Untuk menuju kualiast hidup yang lebih baik di waktu yang tersisa. Maka tetaplah merdeka dalam belajar. Agar tiap mahasiswa mampu tampil apa adanya bukan ada apanya.

Jadi gimana menurut kamu, mie goreng emang bisa bikin semangat kuliah? Entahlah … #S3MPUnpak #PascaUnpak

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler