x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Senin, 20 Januari 2020 08:11 WIB

Mau Umroh? Ini 5 Tip Memilih Agen Umroh dan Haji Terpercaya

Inilah 5 panduan memilih agen yang paling dipercaya!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apresiasi untuk ikut menunaikan beribadah haji serta umroh buat sebagian besar kaum muslim di Indonesia terlihat menjanjikan serta mengundang selera segelintir pelaku bisnis travel. Tidak jarang-jarang, ini juga jadi peluang buat pelaku yang tidak bertanggungjawab untuk memakainya jadi peluang melakukan perbuatan nakal serta mengeruk keuntungan pribadi.

Nah, karena itu buat kamu yang ingin menunaikan beribadah haji serta umroh, harus waspada dalam memilih agen travel. Inilah 5 panduan memilih biro umroh yang paling dipercaya!

1. Pililh agen travel resmi

Bila untuk beribadah haji telah lebih aman sebab uang disetorkan langsung ke kementerian agama, karena itu untuk memilih agen umroh lihat benar penyelenggaranya. Jadi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh atau PPIU bukan hal yang mudah, friends! Sebab pada intinya, agen itu sebaiknya yang telah tercatat kantongi ijin dari Kementrian Agama Republik Indonesia!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, untuk pastikan itu, ada dua cara nih yang dapat kamu kerjakan. Pertama, datanglah langsung ke departemen agama ditempat dan tanyakanlah pada petugas dari sana daftar PPIU yang sah. Cara yang kedua, kamu dapat membuka web sah Kementerian Agama serta cek apa namanya tertera.

2. Jangan tergiur dengan harga

Karena iming-iming harga promosi yang tambah lebih terjangkau, banyak nih yang tergiur serta malah justru tertipu dengan agen haji serta umroh yang memiliki masalah. Bukan bermakna harga terjangkau tentu memiliki masalah, tetapi sebaiknya kamu melakukan penelusuran info di internet untuk hitung ongkos perjalanan.

Bila kamu hitung sendiri serta membandingkan harga ticket pulang pergi, hotel, transportasi, makan, visa, apakah harga promosi yang ditawarkan agen cukup logis atau tidak?

Coba bandingkan ya dengan agen travel-travel semacam di daerahmu untuk memperoleh harga logis. Bila harga begitu rendah serta agen travel ini belum punya trek record yang pasti, karena itu lebih baik menghindar, guys!

3. Pastikan jadwal keberangkatan yang jelas

Beribadah haji serta umroh memiliki karakter yang tidak sama dalam hal agenda keberangkatan. Bila untuk beribadah haji kamu butuh menanti bertahun-tahun untuk antri menunggu giliran, beribadah umroh tidak demikian. Pada intinya, agen travel haji serta umroh sudah memperoleh kuota visa untuk tiap tanggal keberangkatan.

Jadi, bila kamu menjumpai agen umroh yang menjanjikan keberangkatan dengan menanti 1 atau 2 tahun untuk fakta apa saja, seharusnya waspada ya! Beribadah umroh tidak akan menanti sepanjang itu! Umumnya, tiap agen yang berijin sah telah tentukan tanggal keberangkatan beribadah umroh dengan tentu.

4. Cek fasilitas yang didapatkan

Supaya beribadah kamu lancar serta khusyuk, kamu tentu saja menginginkan paket perjalanan yang nyaman, bukan ? Maka, sebaiknya kamu memerhatikan paket fasilitas yang ditawarkan oleh agen haji serta umroh. Umumnya nih, beberapa standar fasilitas yang diberi ialah sebagai berikut:

  • Tiket pesawat PP dengan mengatakan nama pesawat yang akan dipakai
  • Hotel komplet dengan nama hotel serta bintangnya
  • Transportasi sepanjang di tanah suci
  • Makan 3 kali sehari
  • Pajak
  • Bagasi 3 Kg
  • Air zam zam 5 liter
  • Muthawif serta Ustad pembimbing
  • Visa umroh
  • Manasik

Jika telah kantongi info di atas, juga bisa tuch kamu cek-cek harga ticket maskapai serta hotel untuk membandingkan harga dan perbandingan dengan fasilitas dengan agen haji serta umroh yang lain!

5. Cek riwayat agen travelnya

Sisi ini ialah hal yang penting buat kamu pastikan. Untuk tahu reputasi agen travel haji serta umroh, ada banyak cara yang dapat kamu kerjakan. Pertama, kamu mulai bisa dengan searching perform agen haji serta umroh lewat internet hingga dapat memperoleh deskripsi kenikmatan pelanggan biasanya.

Selain itu, kamu juga dapat menanyakan pada rekan serta sanak saudara yang kenal travel haji serta umroh itu atau sudah menggunakan layanan perjalanannya. Apa betul-betul terpercaya? Telah berapakah lama jalankan usaha travel haji serta umrohnya?

Serta paling akhir, yakinkan karakter pemilik travel serta pengurus kunci dari travel itu. Jadi mengantisipasi untuk lihat apa ia orang yang amanah serta tidak mudah tergiur dengan nominal uang besar yang dikelolanya.

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler