Karena Data adalah Segalanya, Ini 4 Tip Melindungi Smartphone - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi orang menggunakan smartphone (Pixabay.com)

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Jumat, 31 Januari 2020 13:25 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Karena Data adalah Segalanya, Ini 4 Tip Melindungi Smartphone

    Ya, pastikan semua aman.

    Dibaca : 1.421 kali

    Data adalah segalanya. Dan tak hanya di komputer atau laptop, data-data penting juga kini disimpan di ponsel pintar alias smartphone. Data pribadi yang disimpan di smartphone tentu harus benar-benar dijaga, agar tidak disalahgunakan oleh tangan jahil ataupun orang-orang jahat.

    Dan, jangan sampai hal ini terjadi: smartphone kamu diretas! Simak yuk beberapa langkah untuk melindungi smartphone android terbaik kalian agar kian aman:

    1. Pasang Kata Sandi

    Sangat disarankan untuk memasang password alias kata sandi di smartphone, termasuk di aplikasi-aplikasi yang menyediakan fitur password. Dengan begitu, file telah dienkripsi sehingga hanya yang punya password-nya yang bisa membukanya. Kamu juga bisa lakukan itu pada file kamu. Banyak kok aplikasi yang menawarkan layanan enkripsi file.

    2. Back-up Data

    Nah, memasang password saja tidak cukup. Apa jadinya apabila smartphone kamu berhasil dibuka lewat membuka kunci layar atau screen lock, data di dalamnya bisa dibobol alias lenyap dong? Tenang, ada hal lain yang bisa kamu lakukan.

    Segera lakukan back-up data. Untuk pengguna iPhone ada yang namanya iCloud, sedangkan untuk pemuja Android ada yang namanya Dropbox dan OneDrive.

    3. Lindungi Smartphone Secara Fisik

    Tak hanya data di smartphone yang perlu dilindungi. Fisik smartphone pun wajib mendapat proteksi. Selagi masih berfungsi, baru ataupun lama, berikan case pada badan smartphone. Tujuannya agar tidak mudah lecet atau cacat.

    Lindungi juga layarnya. Saat ini banyak pilihan yang menyediakan asuransi untuk melindungi layar smartphone, salah satunya Qoala Insurtech. Apabila layar rusak, proses klaimnya cepat dan layar diganti dengan yang baru.

    4. Hati-hati Setiap Kali Browsing

    Ini yang super penting! Harap hati-hati setiap kali berselancar di internet alias browsing. Supaya aman, gunakan mode private di browser. Pastikan juga kamu mengakses situs yang aman. Tanda situs yang aman adalah adanya logo yang menandakan kalau situs dienkripsi.

    Ya, pastikan semua aman. Karena data adalah segalanya...



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.