x

Iklan

Junedi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Maret 2024

Jumat, 8 Maret 2024 18:15 WIB

Tips Mengatasi Komputer yang Tidak Ada Suara

Ketika speaker laptop tidak mengeluarkan suara pastinya membuat merasa kesal bukan? Jangan bingung, temukan cara mengatasinya di sini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir coloksgp, Laptop merupakan sebuah komputer pribadi yang dapat dipindahkan dan dibawa dengan mudah sehingga dapat digunakan di banyak tempat. Mayoritas laptop memiliki fitur yang sama dengan komputer, seperti dapat menjalankan software dan mengelola file. Namun, harga laptop cenderung lebih mahal dibandingkan komputer desktop.

Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara

Ketika speaker laptop anda tidak mengeluarkan suara pastinya akan membuat anda merasa kesal bukan? Bagaimana tidak, masalah speaker laptop yang error ini seringkali menjadi kendala bagi pengguna. 

Apalagi speaker sendiri merupakan salah satu komponen penting yang selalu digunakan oleh para pengguna laptop untuk menunjang berbagai aktivitas yang berhubungan dengan suara, seperti menonton film, mengedit video, mendengarkan musik, dan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan suara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak sedikit para pengguna laptop yang beranggapan bahwa speaker laptop yang tidak mengeluarkan suara mungkin disebabkan oleh komponen speaker yang rusak atau sudah kadaluarsa (terlalu tua). 

Pernyataan tersebut tidak ada yang salah, namun bisa jadi masalah ini disebabkan oleh hal lain yang tidak berhubungan dengan komponen speaker. Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak penyebab dan cara mengatasi speaker laptop tidak ada suara dibawah ini.

Cek Perangkat Keras Komputer

Hal pertama dan terpenting saat mengatasi masalah suara di komputer adalah memeriksa apakah semua perangkat keras sudah terpasang dengan benar dan berfungsi dengan baik. Ada beberapa perangkat keras yang berhubungan dengan suara pada komputer, seperti speaker, kabel speaker, dan sound card.

Dan pastikan supaya semua dapat terhubung dengan baik. Jika sudah dicek dan semuanya dalam kondisi baik, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada pengaturan software. Mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

Pastikan suara tidak dimatikan

Terkadang kita lupa memeriksa pengaturan suara di komputer dan tanpa sadar mengubahnya ke keadaan mati. Jadi, coba periksa pengaturan di panel kontrol dan periksa apakah suaranya menyala atau tidak. Langkah-langkah untuk memastikan suara tidak dimatikan:

- Klik tombol Mulai pada Windows 7

- Klik Panel Kontrol

- Klik Suara dan periksa apakah speaker default telah dipilih dan dihidupkan

Perbarui Driver Kartu Suara

Jika masalah masih terjadi meskipun Anda telah memeriksa semua pengaturan, kemungkinan besar masalahnya terletak pada driver kartu suara yang sudah ketinggalan zaman. Cobalah mencari driver terbaru sound cardmu dan install. Langkah-langkah untuk update driver sound card:

- Klik kanan pada ikon My Computer

- Klik Manage

- Klik Device Manager

- Cari Sound, video and game controllers dan klik tanda plus (+)

- Lalu, pilih Update driver software jika sudah klik kanan pada perangkat sound card dan

Restart Audio Services

Ketika suara di komputer Windows 7 Anda tiba-tiba menghilang, coba restart layanan audio di komputer Anda. Hal ini dapat membantu memulihkan suara yang hilang dengan cepat dan mudah. Langkah-langkah untuk memulai kembali layanan audio:

- Klik Start

- Ketik services.msc dan klik OK

- Cari Windows Audio

- lalu anda bisa Klik kanan di Windows Audio dan pilihlah Restart

Periksa Pengaturan Output Audio

Terakhir, periksa pengaturan output audio di komputer Anda. Pastikan output audio terhubung dengan benar dan dipilih sebagai pengaturan default. Kemudian, coba periksa pengaturan volume dan pastikan tidak dalam keadaan mute atau rendah.

Langkah-langkah untuk memeriksa pengaturan output audio:

- Pertama anda bisa klik kanan speaker icon pada taskbar

- Klik Playback devices

- Lalu, Pilih perangkat pada speaker default dan juga jangan lupa klik Properties

- Periksa apakah device sudah terhubung dan dipilih sebagai default

Penyebab laptop tidak ada suara

Kita tahu bahwa ada beberapa kemungkinan faktor penyebab speaker laptop bermasalah. Misalnya: sistem yang mengalami error, komponen speaker rusak, atau driver bermasalah. Informasi selengkapnya dapat Anda lihat pada poin-poin di bawah ini.

Masalah sistem– Ketika sistem operasi mengalami masalah, tidak mengherankan jika beberapa program atau layanannya juga ikut terpengaruh. Kesalahan sistem ini bisa disebabkan oleh virus, kesalahan konfigurasi, atau kegagalan saat memperbarui Windows.

Komponen speaker rusak– Selain itu, kemungkinan speaker laptop yang tidak mengeluarkan suara disebabkan oleh masalah hardware. Baik terkena debu, kabel putus hingga habis masa pakainya (rusak/usang).

Speaker dalam mode silent– Pada kondisi tertentu seringkali pengguna laptop lupa bahwa suara laptop dalam mode mute. Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan aktivitas tertentu. Silakan periksa terlebih dahulu volume pada laptop anda.

Speaker dinonaktifkan- Bukan hanya volume yang Anda periksa, tetapi Anda juga harus memeriksa apakah speaker aktif atau nonaktif. Mengingat ketika speaker dinonaktifkan dapat menyebabkan tidak ada suara yang keluar.

Driver speaker bermasalah- Driver merupakan penghubung antara sistem dan hardware. Dengan kata lain, driver yang bermasalah atau di-uninstall dapat menyebabkan masalah suara pada laptop, dan lain-lain.

Demikian penjelasan tentang Tips Mengatasi Komputer yang tidak ada suara semoga bermanfaat, terimakasih.

Ikuti tulisan menarik Junedi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler