x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 5 Februari 2020 14:10 WIB

Tip Membuat Kado Saham Buat Orang Tercinta

Postingan yang diunggah pada Senin, 3 Februari 2020 lalu itu pun viral. Tak hanya menuai banyak komentar dan likes, postingan itu menjadi pemberitaan di media massa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saham makin digandrungi milenial. Terbukti, postingan akun IG @ngertisaham yang mengunggah postingan kado saham @cervinc untuk hadiah wisuda @dianerlindaw menghebohkan warganet.

Postingan yang diunggah pada Senin, 3 Februari 2020 lalu itu pun viral. Tak hanya menuai banyak komentar dan likes, postingan itu menjadi pemberitaan di media massa.

Netizen pun banyak memberikan komentar positif, tetapi tak sedikit yang bertanya-tanya cara menyiapkan kado berupa saham untuk pasangan atau orang terkasih. Netizen yang rata-rata milenial masih bingung cara menyiapkan kado berupa saham ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Netizen bingung seperti diungkapkan oleh @andreasubroto: "Kalau mau ngasih kado saham tapi yg mau dikasih belum punya RDI tapi dikasih nya mau surprise. Bisa ga ya?"

@ambu_gavin "min gimana caranya si kasi hadiah saham gini? Prakteknya tidak semudah dan seindah cerita deh. Aku konsul terkait hadiah saham ini sama sekuritas utk hadiah pernikahan sahabat ku, biar suprise. Eeeh, malah aku yg terkezoet, hampir 2 bulan akun temenku belom jadi ajah. Barusan banget, aku konsul lagi sama sekuritas yg lain, terkait mekanisme pemberian saham sbg hadiah ulang tahun, dan jawabannya pun kocak"

Tentu saja masih banyak lagi yang ingin meniru pasangan @cervinc dan @dianerlindaw dengan memberikan kado berupa saham. Lantas bagaimana sebenarnya cara membuat kado buat orang-orang yang dicintai, seperti istri, kekasih, sahabat hingga teman dekat. Berikut ini tipsnya:

1. Membuka Rekening Efek di Sekuritas

Sebagai orang yang akan memberi kado saham tentunya harus memiliki rekening efek di perusahaan sekuritas atau broker. Pada kasus yang viral tersebut, @cervinc (Cervin Chaniago) telah membuka rekening efek di PT Indo Premier Sekuritas (IndoPremier). Sebagai informasi, pembukaan rekening efek seperti di IndoPremier saat ini sudah sangat mudah karena sudah 100% online dan berbasis aplikasi IPOTGO sehingga investasi saham sudah dalam genggaman tangan dengan smartphone.

2. Membeli Saham Blue Chip

Setelah memiliki RDN/RDI, saatnya membeli saham yang akan dijadikan kado. Tentunya saham-saham yang sebaiknya dibeli adalah saham-saham blue chip. Saham blue chip adalah saham-saham dari perusahaan besar yang memiliki pendapatan stabil dan liabilitas dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. "A blue-chip company is well-known, well-established, and well-capitalized”. Saham blue chip adalah saham dari perusahaan yang sudah terkenal, mapan, bermodal besar, dan sehat secara finansial.

3. Mencetak atau Mendesain Ulang

Setelah saham blue chip dibeli, saatnya men-screenshoot dan mengeprint atau kalau mau tampil lebih kece informasi saham yang telah dibeli didesain secantik-cantiknya menyesuaikan selera penerima. Setelah itu, pilihlah pigura yang terbaik dan bungkus dengan kain kado.

4. Serahkan pada Pasangan

Setelah kado saham jadi, saatnya menyerahkan pada orang-orang yang dicintai sebagai bukti fisik.

5. Ajak Buka Rekening Efek

Setelah bukti fisiknya diserahkan, tentu tidak boleh berhenti di situ karena sebenarnya saham tersebut masih di rekening si pemberi. Oleh sebab itu, ajaklah orang yang dicintai untuk membuka rekening efek ke perusahaan sekuritas (broker). Membuka rekening efek di perusahaan sekuritas atau broker yang sama tentu akan memudahkan si pemberi dalam mengalihkan saham karena seperti di IndoPremier, investor tinggal melakukan "pindah saham" atau mengalihkan saham ke rekening efek teman, sahabat atau pasangan tercinta. Saham itu benar-benar sudah menjadi milik di penerima.

So, membuat kado saham untuk hadiah wisuda, ulang tahun dan sebagainya sangatlah mudah tak sesulit seperti yang dibayangkan.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB