Tip Mancing agar Tidak Boncos - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

mancing ikan barramundi

Didin Sarwani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Kamis, 20 Februari 2020 16:39 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tip Mancing agar Tidak Boncos

    Meskipun boncos adalah hal yang biasa bagi para angler, tetapi boncos tetaplah menakutkan. Untuk menghindari boncos mari kita simak beberapa tips dibawah ini

    Dibaca : 2.292 kali

    Boncos adalah istilah yang sering digunakan oleh pemancing yang artinya tidak mendapat ikan. Meskipun boncos adalah hal yang biasa bagi para angler, tetapi boncos tetaplah menakutkan.

    Untuk menghindari boncos mari kita simak beberapa tips dibawah ini

    Spot

    Spot merupakan hal terpenting dalam memancing. Meski sama sama di air, namun ikan memiliki sarang atau tempat persembunyiannya. Anda bisa membuat analisa spot spot potensial yang menjadi tempat persembunyian ikan.

    Jika Anda mancing disungai, Anda bisa coba cari tempat yang agak dalam dan berarus sedang atau bisa cari pohon ditepi sungai, karena ikan biasa bersembunyi ditempat tersebut.

    Cuaca

    Cuaca juga sangat berpengaruh, loh. Beberapa ikan predator seperti barramundi termasuk hewan berdarah dingin dan cenderung aktif di air dengan temperatur hangat.

    Hindari memancing saat hujan selain berbahaya, ikan cenderung bersembunyi dan kurang berselera untuk berburu.

    Arus

    Kali ini kaitannya dengan pasang surut air laut. Ikan muara seperti barramundi atau ikan predator lain memiliki waktu berburu sangat bergantung pada pasang surut air laut.

    Pasang surutnya air laut terkait dengan fase peredaran bulan, jadi tidak menentu tanggalnya.

    Untuk memudahkan jadwal pasang surut anda bisa install aplikasi solunar di smartphone atau kunjungi kailpedia.

    Umpan

    Salah memilih umpan juga bisa berakibat boncos. Terkadang jenis ikan yang sama pada dua habitat yang berbeda bisa memiliki kebiasaan makan yang berbeda.

    Untuk mengetahui umpan ikan buruan, Anda bisa bertanya pada warga sekitar atau mencoba berbagai umpan yang tersedia disekitar habitatnya.

    Jika Anda memancing di alam liar yang belum terjamah, bisa menggunakan ikan ikan kecil atau hewan apapun, di alam liar ikan cenderung memakan apa saja.

    Peralatan yang sesuai

    Gunakan peralatan yang sesuai agar ikan buruan tidak lolos setelah memakan umpan Anda. Jika target Anda adalah ikan berukuran 1kg sebaiknya gunakan senar dengan kekuatan 3 kali lebih besar.

    Untuk reel bisa disesuaikan dengan kapasitas senar, minimal bisa menampung senar 100 meter.

    Sedangkan untuk joran wajib sama atau sedikit diatas kekuatan joran. Jangan menggunakan joran dibawah kekuatan senar karena bisa mengakibatkan joran patah.

    Sekian tip memancing dari saya, semoga bermanfaat.

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.