x

reel pancing

Iklan

Didin Sarwani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Minggu, 1 Maret 2020 21:43 WIB

5 Penyebab Reel Pancing Cepat Rusak

Nah bagi para angler nih pasti pernah kan merasakan reel tidak enak dipakai seperti seret saat diputar, drag yang tiba tiba tersendat atau bahkan reel tidak bisa diputar sama sekali, pasti nyesek banget kan? berikut 5 penyebab reel Anda cepat rusak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Disadari atau tidak peran reel sangat penting saat mancing, terlebih untuk sportfishing seperti jigging atau casting yang membutuhkan kerja reel secara terus menerus.

Nah bagi para angler nih pasti pernah kan merasakan reel tidak enak dipakai seperti seret saat diputar, drag yang tiba tiba tersendat atau bahkan reel tidak bisa diputar sama sekali, pasti nyesek banget kan? Apalagi reel dibeli dengan cara menguras tabungan.

Nah, menurut kailpedia terdapat 5 alasan fundamental kenapa reel pancing cepat rusak seperti dibawah ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Tidak Pernah Mencuci Reel

Disadari atau tidak setelah memancing banyak air mengendap pada bagian spool, line roller dan bagian lainnya. Air yang mengendap bisa merusak bagian penting dari reel, terlebih jika air laut bisa mengakibatkan korosi karena oksidasi.

Jadi setelah memancing cucilah reel Anda menggunakan air bersih dan sabu, jangan lupa keringkan dengan cara diangin anginkan saja hindari menjemur reel dibawah matahari secara langsung.

2. Kualitas Reel Buruk

Rusaknya reel bukan hanya karena human error, tapi bisa juga karena kualitasnya yang memang buruk. Kalau yang ini jangan coba coba deh, mending beli reel yang sudah mainstream dikalangan pemancing dan terbukti kehandalannya.

3. Reel Terendam Air Laut

Tidak peduli reel semahal  atau secanggih apapun, jangan biarkan reel Anda terendam air laut. Seal pada reel kelas atas dirancang hanya untuk mencegah cipratan air bukan untuk direndam.

Jika reel jatuh dan terendam segera bongkar dan bersihkan menggunakan air tawar, jangan lupa ganti grease.

4. Penggunaan Reel Tidak Semestinya

Yang satu ini sering saya temukan, apapun itu gunakanlah sebagaimana semestinya sesuai anjuran dari manufaktur. Seperti drag reel, dari manufaktur diberi batasan 10kg jangan dipaksa modifikasi jadi lebih dari 10kg, terlebih jika Anda tidak tau bagaimana setting drag yang benar. Salah setting drag atau modifikasi berlebihan selain dapat merusak reel juga dapat merusak joran.

Satu lagi yang sering saya termukan seperti reel baitcasting digunakan pada joran spinning atau sebaliknya. Produsen reel sudah merancang sedemikian mungkin, gunakanlah sebagaimana mestinya.

5. Tidak Pernah Merawat Reel

service secara berkala seperti cek tiap part didalamnya dan penggantian grease. Banyak tidak mau membongkar total reel karena takut jika tidak bisa mengembalikannya pada kondisi semula. Untuk mengantisipasinya Anda bisa melihat di youtube, banyak kok tutorial membongkar reel yang benar dan memasangnya lagi terlebih jika reel Anda cukup mainstream dikalangan pemancing.

Service reel berkala yang baik minimal sekali setelah lima kali digunakan. Jika reel Anda menerapkan sistem seal yang baik bisa service sekali berkala setiap sepuluh kali digunakan. Tetapi jika reel Anda terendam Anda harus segera membongkarnya.

Ikuti tulisan menarik Didin Sarwani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler