x

Software Akuntansi untuk Perusahaan Travel

Iklan

Yusuf Kurnia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Jumat, 21 Februari 2020 13:12 WIB

Mengenal Aspek-Aspek Perbedaan Hardware dan Software

Pernahkah anda mendengar istilah hardware dan software?. Kedua istilah ini berkaitan erat dengan komputer. Meski memiliki nama yang hampir mirip, namun kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan hardware dan software dapat anda lihat dibawah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah anda mendengar istilah hardware dan software?. Kedua istilah ini berkaitan erat dengan komputer. Meski memiliki nama yang hampir mirip, namun kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan hardware dan software dapat anda lihat dibawah ini.

 

Pengertian

Mari mulai bahasan mengenai kedua istilah ini dengan pengertian dari hardware dan software. Pengertian Hardware adalah semua perangkat yang berkaitan dengan komputer dalam hal fisik yang dapat dilihat secara langsung dan disentuh. Contoh dari hardware antara lain pena drive, port USB, printer, chip, keyboard, monitor, disk, kabel dan lain-lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika hardware berupa perangkat fisik dari komputer, lain halnya dengan software. Software adalah seluruh progam yang berada dalam komputer seperti progam anti virus, sistem operasi, memori, kumpulan data, browser dan lain-lain. Software adalah komponen penting pada komputer yang membuat hardware dapat bekerja secara optimal.

Pada intinya, hardware dan software adalah dua komponen penting pada komputer yang saling membutuhkan satu sama lain. Software diibaratkan sebagai sebuah memori yang memiliki kapasitas, namun kapasitas software tergantung pada jenis hardware yang digunakan.

Ada dua jenis software yang wajib anda tahu yakni software aplikasi dan software sistem. Software aplikasi adalah sebuah sistem yang berjalan secara individu dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Sedangkan software sistem adalah sebuah komponen yang membuat komputer dapat berjalan dengan baik dan secara optimal. Istilah lain dari software aplikasi adalah sistem operasi komputer, dimana tanpa adanya komponen ini, komputer tidak akan bisa beroperasi dengan baik.

 

Fungsi

Setelah mengetahui perbedaan kedua komponen komputer ini melalui pengertian lengkapnya, perbedaan lain datang dari fungsinya. Berdasarkan bahasan mengenai pengertiannya diatas, hardware dan software memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Fungsi-fungsi hardware antara lain dapat digunakan sebagai penampil masukkan atau inputan pada sebuah proses, menjadi perangkat yang digunakan untuk memasukkan banyak data, dan berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk mengolah data.

Fungsi software antara lain mengidentifikasi progam komputer, mengatur dan mengendalikan hardware, sistem operasi pada komputer, dan menerjemahkan instruksi yang diberikan hardware agar dapat terdeteksi pada mesin komputer.

 

Contoh

Ada banyak contoh dari hardware dan software. Umunya, contoh-contoh hardware meliputi semua perangkat yang berhubungan dengan komputer dan dapat disentuh secara fisik.

Contoh-contoh hardware antara lain CPU yang berfungsi sebagai pengolah data-data pada komputer, monitor sebagai alat output yang dihasilkan oleh CPU, RAM yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan semua data pada komputer, mouse dan keyboard yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data yang kemudian akan diproses oleh CPU, speaker yang berfungsi sebagai tempat keluarnya suara yang dihasilkan oleh CPU, dan  hard drive yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data semi permanen.

Contoh-contoh software juga sangat beragam antara lain software aplikasi, software sistem, device driver, firmware, software development tool, free libre software, shareware atau trialware yang merupakan perangkat lunak uji coba, freeware adalah perangkat lunak gratis dan malware yang artinya perangkat lunak gratis.

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai perbedaan software dan hardware adalah bisakah komputer bekerja tanpa kedua perangkat ini. Jika yang dibicarakan adalah software jawabannya adalah bisa, namun komputer tidak akan bisa bekerja dengan optimal dan akan sering melakukan kesalahan pada penginputan data.

Sedangkan pada sisi hardware, komputer tidak akan bisa bekerja dengan baik. Apabila salah satu dari perangkat hardware menghilang, kesalahan akan sering terjadi pada komputer. Namun  jika yang tidak ada hanyalah perangkat tambahan seperti speaker, modem, printer dan perangkat tambahan lainnya, komputer akan tetap berjalan dengan baik.

Demikianlah perbedaan software dan hardware yang perlu untuk anda ketahui. Dari semua perbedaan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan hardware dan software pada komputer sangat mempengaruhi kinerja dari komputer tersebut.

Ikuti tulisan menarik Yusuf Kurnia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler