x

mancing ikan

Iklan

Vin Diesel

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Selasa, 10 Maret 2020 07:43 WIB

6 Tips Menghindari Boncos Saat Mancing

Bagi pemancing sejati pasti sudah terbiasa dengan istilah boncos. Boncos adalah keadaan dimana mancing tidak mendapatkan hasil. Meski boncos merupakan hal yang biasa, tetapi tetap saja menjengkelkan jika terjadi berulang ulang. Nah untuk menghindari boncos alias zonk, sebaiknya Anda baca tips berikut ini sebelum pergi memancing.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Bagi pemancing sejati pasti sudah terbiasa dengan istilah boncos. Boncos adalah keadaan dimana mancing tidak mendapatkan hasil. Meski boncos merupakan hal yang biasa, tetapi tetap saja menjengkelkan jika terjadi berulang ulang. Nah untuk menghindari boncos alias zonk, sebaiknya Anda baca tips berikut ini sebelum pergi memancing.

Kenali Persembunyian Ikan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mau mancing seharian juga jika tidak ada ikannya bakal zonk, untuk antisipasi hal tersebut sebaiknya Anda Analisa terlebih dahulu dimana ikan berada.

Jika Anda memancing disungai carilah bagian sungai dengan struktur cekung seperti tikungan dengan kedalaman lebih dalam dari sekitarnya. Ikan suka pada area dalam dan berarus sedang.

Selain itu Anda juga bisa mencari lokasi yang banyak terdapat kotoran seperti tanaman air, ikan predator suka menunggu mangsa ikan ikan kecil disekitar tanaman air.

Cuaca

Mayoritas ikan berdarah dingin dan lebih aktif berburu pada suhu sedang dan panas.  Hindari memancing pada musim dingin karena ikan cenderung berdiam diri pada sarangnya dan tidak bernafsu untuk berburu.

Hindari juga memancing pada kondisi mendung atau hujan, selain ikan tidak aktif berburu, memancing pada kondisi mendung atau hujan sangat berbahaya. Joran pancing berbahan karbon sangat rawan tersambar petir.

Pasang Surut Air

Untuk Anda yang berencana memancing dilaut atau muara perlu melihat pasang surutnya air berdasarkan kalender solunar. Pada waktu ini biasa dikenal dengan istilah sorong 1, sorong 2 dan sorong 3 dalam satu periode dimana ikan lebih aktif dalam berburu.

Banyak aplikasi online yang menyediakan table kalender solunar untuk mengamati kapan waktu yang tepat untuk memancing.

Umpan

Point 4 ini merupakan salah satu bagian vital yang tidak bisa Anda hiraukan jika ingin hasil sukses saat memancing.

Untuk memilih umpan yang tepat maka kita perlu tentukan terlebih dahulu target ikannya. Jika Anda menarget ikan predator seperti barramundi atau kakap putih maka Anda bisa menggunakan ikan kecil yang sebagai umpan, pemilihan jenis ikan kecil sebagai umpan bisa dengan melihat ikan kecil yang banyak spot Anda akan memancing, karena ikan terbiasa memakan yang ada di habitatnya.

Selain umpan hidup seperti ikan kecil, Anda juga bisa menggunakan lure atau umpan buatan. Dalam penggunaan lure lebih susah daripada menggunakan umpan asli.

Untuk mengurangi resiko kegagalan Anda bisa membawa lure dalam berbagai jenis untuk bisa mencoba mana yang mau disantap oleh ikan target Anda.

Waktu

Agar hasil lebih optimal Anda perlu memancing pada waktu yang tepat. Kenali target buruan Anda apakah termasuk kategori nocturnal atau bukan. Jika ikan buruan Anda adalah jenis ikan nokturnal Anda bisa mulai memancing pada jam 8 malam sampai subuh dan sebaliknya.

Senar Pancing

Senar selain beberapa point diatas, senar pancing juga sangat mempengaruhi loh. dalam beberapa kasus ikan sangat sensitif terhadap senar yang terlalu besar. Jika Anda memancing dimalam hari pilihlah senar pancing kecil tapi kuat dan tidak mudah keriting. Jangan karena memprioritaskan ukuran senar yang kecil namun mengabaikan kekuatan dari senar itu sendiri.

Sekian tip mancing dari saya. Sudahkah Anda mancing hari ini?

Ikuti tulisan menarik Vin Diesel lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler