x

Iklan

GDM Organik

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 23 Maret 2020 15:56 WIB

Cara Menanam Buah Melon Hasilnya Manis dan Memuaskan

Buah melon adalah buah cukup mudah ditemui disekitar kita. Walaupun buah melon bukanlah buah asli Indonesia namun kini buah melon sudah banyak ditanam di Indonesia. Dan jika anda ingin tahu bagaimana cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

5. Proses Penanaman Bibit Melon

Saat lubang di plastik mulsa sudah siap tahap selanjutnya proses pemindahan benih melon kelahan tanam. Hal yang harus diperhatikan saat pemindahan ini adalah cuaca.

Pastikan anda menanam benih melon ini pada saat memasuki musim kemarau karena melon hanya tumbuh pada lahan yang kering.  Selain itu anda harus menanamnya pada saat pagi hari karena suhu tanah pada saat itu belum tinggi.

Untuk menanam buah melon pastikan tanah dibedengan sudah dilubangi dan benih melon ditanam dengan tanah yang ada di polybag. Namun plastik polybag harus sudah dirobek terlebih dahulu. Perhatikan proses perobekan karena jangan sampai merusak tekstur tanah apalagi merusak akar benih.

6. Teknik Pemeliharaan Tanaman Melon

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara menanam buah melon yang manis dan memuaskan sangat tergantung pada tahap pemeliharaannya. Tahap inilah dimana anda akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan energi dilahan tanam karena perawatan yang diberikan akan sangat mempengaruhi buah.  Tehnik perawatan yang bisa anda lakukan adalah:

  1. Proses Penjarangan

Penjarangan dilakukan setelah 4 hari penanaman. Ini dilakukan agar tanaman melon tumbuh secara seragam dan berbarengan. Cara yang dilakukan dalam penjarangan ini adalah dengan mengganti benih yang tidak tumbuh baik dengan benih yang baru.

 

  1. Proses Penyulaman

Proses penyulaman hampir sama dengan proses penjarangan dan biasa dilakukan diminggu-minggu pertama benih masuk ke lahan tanam. Proses ini dilakukan pda saat hari masih pagi agar benih dapat beradaptasi terhadap lingkungan yang baru dengan lebih baik.

 

  1. Proses Penyiangan

Proses penyiangan adalah proses mencabut gulma-gulma yang tumbuh disekitar tanaman melon yang anda tanam. Gulma ini harus dicabut sampai dengan ke akar karena dapat mengganggu pertumbuhan dan menjadi sarang hama untuk tanaman melon anda nantinya.

 

  1. Sistem Pengairan dan Penyiraman

Untuk menghasilkan buah yang manis dan memuaskan tanaman melon tidak membutuhkan banyak air sehingga anda hanya perlu menyiramnya pada saat pagi hari sekali dalam satu hari.

 

  1. Teknik Pemupukan

Pemupukan kedua untuk tanaman melon yang anda tanam bisa dilakukan pada saat usia tanaman masuk usia 20 hari dan pemberian pupuk selanjutnya diberikan 20 hari selanjutnya.

Pupuk yang diberikan dapat berupa urea, TSP, dan KCI dengan menyebarkan pupuk disekitar bedengan tempat tanaman melon anda berada.

7. Ciri-Ciri Melon Siap Panen

Cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan selanjutnya adalah dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk panen. Dan untuk memudahkan anda untuk mengeahuinya berikut beberapa hal yang bisa anda jadikan acuan:

  1. Warna Kulit Berubah

Buah melon biasanya sudah bisa dipanen ketika sudah masuk usia tanam 120 hari atau pada saat kulit buah sudah berbuah agak kekuningan dan serat-serat jala di kulit buah melo n sudah semakin besar, kasar, dan jelas terlihat.

  1. Tangkai dan Kelopak Menguning

Hal yang menandakan buah melon sudah matang adalah dengan melihat tangkai dan kelompok bah yang sudah mulai terlihat retak-retak dan menguning.

  1. c. Karakteristik Daging Buah

Sebenarnya ada beberapa jenis buah melon yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat kita. Ada yang berdaging hijau muda sampai dengan berbuah orange. Dan salah satu tanda buah melon sudah panen adalah warna dari daging buah sudah terlihat terang.

  1. Aroma Buah

Buah melon yang sudah siap panen sebenarnya juga dapat dicium dari aroma buahnya yang semakin manis menyengat.

8. Tahapan Pasca Panen Melon

Tahap terakhir dari cara menanam buah melon hasilnya manis dan memuaskan adalah tahap pasca panen. Ini adalah tahap yang juga menentukan harga jual dari buah yang anda tanam. Salah dalam menangani tahap ini akan berpengaruh langsung pada penampilan buah melon. Tahap pasca panen ini meliputi:

  1. Penyortiran Buah Melon

Setelah melewati proses panen kemudian melon akan dikumpulkan didalam satu tempat untuk melalui proses penyortiran untuk memisahkan buah yang bagus dengan buah yang kurang bagus karena penyakit atau hama.

Dalam penyortiran buah melon diklasifikasi menjadi 3 golongan: Pertama, golongan M1  yang merupakan melon dengan bobot 1,5kg atau lebih dan berbentuk sempurna. Kedua, golongan M2 yang merupakan melon dengan bobot 1,5kg atau lebih dengan berbentuk 70% sempurna. Dan yang terakhir, ketiga,  M3 yang merupakan melon dengan bentuk yang bervariasi atau tidak berbentuk sama sekali.

  1. Penyimpanan Buah Melon

            Buah melon tidak boleh ditumpuk satu dengan yang lain dan juga harus dipisahkan antara buah yang sudah benar-benar matang dengan buah yang belum matang.  Tempat penyimpanan buah melon haruslah tempat yang kering, bersih, dan bebas dari hama kecoa ataupun tikus.

  1. Pengemasan Buah Melon

Pengemasan buah melon harus dilakukan dengan baik agar tidak merusak buah. Peti kemas biasanya memiliki banyak lubang angin dan terlebih dahulu harus dilapisi oleh jerami baik dibagian atas ataupun dibagian bawahnya sebelum akhirnya dimasukkan kedalam lapisan karton.

  1. Distribusi Buah Melon

Hal yang harus diperhatikan sebelum masuk distribusi adalah waktu pemanenan. Usahakan anda memanen buah melon beberapa hari sebelum melon benar-benar masak untuk memberikan waktu lebih renggang dalam tahap distribusi. Jangan sampai saat masuk tahap distribusi melon sudah benar-benar matang sehingga saat masuk pasar buah melon sudah lewat masa matang dan cepat busuk.

.

Ikuti tulisan menarik GDM Organik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler