Peran Jasa Blogroll dalam Memperluas Kekerabatan Komunitas Blogger

Rabu, 25 Maret 2020 06:42 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada banyak orang memiliki website atau blog yang dikelola secara pribadi dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia. Namun, agar ada keterkaitan antara satu pemilik web dengan yang lain perlu adanya blogroll. Tidak heran jika saat ini, layanan jasa blogroll dalam melancarkan keterkaitan itu semakin marak terdengar.

Ada banyak orang memiliki website atau blog yang dikelola secara pribadi dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia. Namun, agar ada keterkaitan antara satu pemilik web dengan yang lain perlu adanya blogroll. Tidak heran jika saat ini, layanan jasa blogroll dalam melancarkan keterkaitan itu semakin marak terdengar.

Blogroll dan Alasan Menggunakannya

Perlu diketahui bahwa blogroll memiliki banyak memiliki definisi. Bisa dikatakan sebagai daftar tautan yang diurutkan pada sidebar suatu blog atau website. Dapat juga diartikan sebagai sarana bagi para blogger untuk bertukar link antara satu pengguna dengan pengguna blog lain dengan cakupan tidak terbatas.

Blogroll diletakkan pada bagian sisi kanan atau kiri pada sebuah website. Masing-masing pemilik blog memiliki perbedaan dalam memasukkan blog lain ke dalam daftar blogroll mereka. Beberapa di antaranya berisikan daftar weblog yang biasa dibaca penulis konten dan pengumpul berita.

Pada prakteknya, ada kegiatan saling tukar menukar tautan antara pengguna satu dengan yang lain. Nantinya, masing-masing memasang tautan tersebut pada website dengan tujuan, agar pengunjung dapat lebih jauh menelusuri berbagai situs berdasarkan referensi blogroll dari salah satu website.

Manfaat Memberlakukan Blogroll

Bukan tanpa alasan, mengapa pemilik situs ingin mencantumkan link website lain pada bagian sidebar. Bahkan, banyak jasa backlink murah berkualitas dan profesional telah menyediakannya. Ada banyak manfaat saat blogroll diterapkan oleh penggunanya, yaitu:

1. Mampu Menambah Jumlah Visitor

Salah satu hal yang ingin dicapai pada saat memiliki web atau blog adalah memperoleh banyak kunjungan. Ramainya jumlah visitor akan menaikkan page rank situs tersebut, khususnya dalam mesin pencari. Maka dari itu, aktivitas bertukar tautan ini adalah cara tepat dalam meningkatkan pengunjung.

Implementasi Blogroll pada web pemilik akan memberikan timbal balik dari pengguna blog lain. Sehingga, sumber kedatangan pengunjung tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Melainkan ada referensi dari website lain mengarahkan visitor untuk turut mengenal dan membaca isi blog tersebut.

2. Menjalin Kekerabatan

Kegiatan bertukar tautan blog tersebut tentu memberikan interaksi antara satu pengguna dengan pemilik blog yang lain. Misal pengguna A memasang link blog pengguna B, lalu si B memasukkan link si A pada webnya. Kemudian berlanjut pada komunikasi keduanya melalui komentar atau media lain.

Contoh tersebut masih sebatas 2 pengguna saja. Bagaimana jika lebih dari itu? Tentu saja semakin memperluas kekerabatan antar sesama pemilik blog. Belum lagi apabila mereka sudah saling kenal mengenal di kehidupan nyata, hal ini memberikan dukungan dalam memajukan website masing-masing.

3. Meningkatkan Popularitas Website

Suatu website akan lebih dikenal apabila menyajikan konten yang unik, menarik dan berkesan dan dikunjungi oleh banyak netter. Ada sebuah indikator page rank yang digunakan oleh Google dalam menilai sebuah situs berdasarkan kredibilitasnya. Salah satu kriterianya adalah penerapan blogroll.

Suatu kondisi dimana ada salah satu blog lebih banyak dikunjungi oleh visitor dalam dan luar negeri berdasarkan referensi blogroll dari web lain. Google yang mengamati hal ini menganggap situs tersebut berbobot dan memiliki kredibilitas tinggi, sebab banyak web merujuk pada blog terkait.

4. Sebagai Pengingat atau Sumber Rujukan

Ada kalanya pemilik suatu blog pernah mengunjungi daftar link yang ada pada blogroll. Namun untuk jangka waktu yang lama orang tersebut butuh untuk membaca kembali konten rujukan sebelumnya dibaca. Tanpa repot mencari-cari, list tautan di samping halaman depan blog menjadi solusi utama.

Daftar link yang dijadikan blogroll memiliki manfaat sebagai sumber rujukan. Ini sebabkan karena tautan tersebut memiliki kualitas konten lebih baik dari yang lain. Sehingga, pemilik web bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan melalui referensi link tersedia pada sidebar blog.

5. Jalan Pintas dalam Menuju Sebuah Website

Penerapan blogroll pada sidebar blog tentu memberikan kemudahan dalam mengakses daftar tautan tersebut. Link yang tampak dan mudah dicari menjadi jalan pintas apabila si pemilik blog ingin berkunjung ke situs favoritnya. Caranya cukup melakukan klik salah satu tautan pada bagian samping halaman.

Jalan pintas tersebut juga membantu dalam menemukan topik lama yang pernah ditulis dan dibaca oleh pemilik blog. Sehingga mampu mengingat kembali saat terakhir kali mengunjungi tautan itu. Itulah sebabnya, mengapa blogroll sebaiknya menyimpan daftar link yang mengarah pada situs berkualitas.

6. Dapat Mengetahui Status Terkini Pada Sebuah Situs

Manfaat lain yang diperoleh ketika membuat blogroll adalah dapat diketahui status pemilik tautan tersebut. Apakah masih aktif menulis, apakah lama tidak update konten atau domainnya sudah kedaluwarsa. Bila kondisi tersebut terjadi pemilik blog dapat menggantinya dengan link situs lain.

Jika kondisi tautan yang ada pada blogroll ternyata masih aktif membuat konten, sebaiknya link tersebut tetap dipertahankan. Namun apabila tautan tersebut sudah tidak memiliki isi sama sekali, maka langkah paling bijak adalah mengganti atau menghapusnya dari daftar tautan sidebar blog.

Mengapa Perlu Menggunakan Jasa Blogroll?

Ada beberapa karakteristik pemilik blog yang tidak melulu paham dalam menggunakan fitur tersedia pada blog. Mungkin belum mengeksplorasi lebih jauh atau belum ada waktu luang untuk mencari tahu manfaat dari penggunaan fasilitas tersebut. Selain itu, juga tidak ingin repot-repot turut menjadi pertimbangan.

Itulah sebabnya dalam menerapkan blogroll orang memilih menggunakan layanan jasa serupa dengan SEO dan backlink PBN, karena sudah sepaket dengan implementasi blogroll pada situsnya. Meskipun harganya tidak murah, namun tinggal terima beres adalah cara jitu daripada berlama-lama.

Kurang lebih beberapa penjelasan di atas erat kaitannya dengan blogroll ditinjau dari defines, kegunaan dan hasil yang didapatkan dalam pengaplikasiannya. Termasuk menggunakan jasa blogroll ketika memberikan jalan keluar dalam memajukan sebuah blog agar lebih dikenal dalam menjalin kekerabatan.

Bagikan Artikel Ini
img-content
nur sholeh

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Permainan Balap Sepeda untuk Menguji Adrenalin

Minggu, 4 Oktober 2020 06:04 WIB
img-content

Cara Bikin Stiker Whatsapp yang Mudah

Rabu, 26 Agustus 2020 14:37 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua