x

Tanggung Jawab Hukum dalam Wabah Corona

Iklan

Alisya Roudhotul Husna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2020

Selasa, 31 Maret 2020 05:25 WIB

Resolusi Tahun Baru yang Terlewatkan Ini Bisa Membuat Keuangan Lebih Hemat

Membahas atau sekedar membicarakan tentang resolusi tahun baru, adalah hal yang penting bagi sebagian orang. Namun ada satu resolusi yang sangat jarang dipikirkan atau direncanakan oleh Anda atau mereka. Padahal resolusi ini, merupakan hal terpenting agar hidup dapat berjalan lebih teratur. Seperti beberapa resolusi tahun baru mengenai finansial berikut ini yang perlu Anda pertimbangkan. Buatlah resolusi finansial agar tahun baru menjadi lebih hemat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membahas atau sekedar membicarakan tentang resolusi tahun baru, adalah hal yang penting bagi sebagian orang. Namun ada satu resolusi yang sangat jarang dipikirkan atau direncanakan oleh Anda atau mereka. Padahal resolusi ini, merupakan hal terpenting agar hidup dapat berjalan lebih teratur. Seperti beberapa resolusi tahun baru mengenai finansial berikut ini yang perlu Anda pertimbangkan. Buatlah resolusi finansial agar tahun baru menjadi lebih hemat.

1. Melunasi Cicilan Segera

Kartu kredit memang selalu memanjakan penggunanya. Mulai dari belanja keperluan pribadi hingga rumah tangga lainnya. Namun bila tidak bijaksana dalam menggunakannya, kartu kredit akan menjadi salah satu pengeluaran terbesar Anda setiap bulannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di tahun 2019 ini, sudah saatnya untuk lebih berhati-hati menggunakan kartu kredit. Cara mudah dilakukannya adalah dengan melunasi semua cicilan hutang kartu kredit. Hal seperti ini dapat dijadikan resolusi tahun baru agar finansial terkontrol dan dapat membuat keuangan lebih hemat. Semakin cepat melunasi hutang, kamu akan terhindar dari bunga yang semakin tinggi.

2. Membuat Tantangan Menabung Setiap Hari

Jika di tahun sebelumnya Anda sangat sulit untuk menyisihkan sedikit uang di tabungan. Maka tahun baru ini Anda harus membuat tantangan kepada diri sendiri agar selalu konsisten untuk menabung. Tetapkan berapa jumlah nominal yang harus Anda tabung setiap harinya. Cobalah untuk rajin menabung setiap harinya, sebagai tujuan mengatur keuangan agar lebih terkontrol. Sehingga, ketika ada keperluan mendadak namun uang pribadi tidak mencukupi, maka Anda dapat menggunakan uang tabungan tersebut.

3. Cari Sumber Tambahan Pendapatan

Teknologi yang semakin maju membuat seseorang untuk lebih mudah mendapat pekerjaan sampingan sebagai tambahan finansial. Dengan memanfaatkan internet, Anda dapat memilih pekerjaan sampingan sesuai keterampilan. Misalnya, berjualan online, membuat desain, atau menulis artikel. Semua pekerjaan kecil itu bila dilakukan dengan tekun maka akan menghasilkan uang yang tidak sedikit. Lumayan, untuk membayar tagihan bulanan dan tambahan uang jajan.

Anda dapat mencari pekerjaan sampingan yang disukai dan memang memiliki hasil sesuai. Jangan sampai Anda tidak memperhatikan pendapatan dari kerja sampingan tersebut hanya karena menginginkan uang. Justru Anda harus selektif dalam memilih pekerjaan sampingan, agar pendapatan yang dihasilkan sesuai.

4. Belajar Hemat dengan Membawa Bekal Sendiri

Anda juga dapat berhemat dengan resolusi finansial yang satu ini. Tidak ada salahnya jika Anda membawa bekal sendiri ke kantor. Selain menu yang dihasilkan lebih bersih dan sehat, Anda juga dapat sedikit menghemat pengeluaran untuk jajan di saat jam makan siang. Resolusi finansial seperti ini sangat penting untuk diterapkan. Sebab akan berdampak baik bagi kondisi tubuh serta keuangan. Keuntungan bagi tubuh adalah mendapatkan asupan makanan yang lebih sehat, sedangkan untuk finansial akan lebih menghemat keuangan.

5. Menata Ulang Lemari Pakaian

Jika tahun lalu Anda sudah banyak mengeluarkan uang untuk membeli keperluan fashion seperti pakaian. Maka tahun ini cobalah menata ulang lemari pakaian dan memilih pakaian yang layak pakai untuk dijual. Saat ini banyak toko online yang mewadahi siapa pun ketika ingin menjual pakaian lawas namun tetap layak pakai. Seperti Carousell, Prelo, BelanjaBekas, dan masih banyak toko online lainnya.

Anda dapat bergabung dengan toko online tersebut untuk menjual pakaian yang sudah lama namun tetap layak guna. Selain dapat keuntungan uang dengan menjual sebagian barang-barang, Anda juga akan melihat kerapian di dalam lemari atau di rumah.

6. Selektif Sebelum Berlangganan

Anda dapat menjadikan ini sebagai resolusi yang harus dilakukan. Jika tahun lalu Anda banyak berlangganan apa pun seperti streaming, gym, atau lainnya. Maka saatnya sekarang Anda lebih selektif dalam memilih sebelum berlangganan. Jika banyak dari beberapa kegiatan tersebut jarang digunakan, lebih baik berhenti berlangganan. Dengan begitu, uang yang untuk membayar langganan, dapat ditabung sebagai biaya keperluan penting lainnya.

Resolusi finansial seperti di atas sangat cocok jika dilakukan di tahun baru seperti ini. Mumpung masih awal tahun, belum terlambat untuk melakukannya.

more at Vallet www.vallet.id

Ikuti tulisan menarik Alisya Roudhotul Husna lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu