x

Iklan

Evie Luthfiyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2020

Kamis, 9 April 2020 12:19 WIB

Peran Muslimah dalam Dakwah

Muslimah juga memiliki peran penting dalam berdakwah, meski tidak didepan halayakramai.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Evie Luthfiyah


"Sampaikanlah walau hanya satu ayat"
Sesama muslim, wajib bagi kita untuk saling menyayangi. Nah, salah satu bentuk menyayangi sesama muslim adalah dengan berdakwah.

Siapa bilang sih, wanita itu tidak dapat berkontribusi dalam dakwah? Menurut saya, setiap muslim adalah pengemban dakwah. Tidak terkecuali muslimah. Hanya saja target dan caranya yang berbeda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Walau pergerakan kita terbatas jika dibandingkan dengan laki-laki, tapi itu bukanlah alasan bagi kita untuk tidak turut mensyiarkan islam.

Meskipun kita bukan siapa-siapa, atau pemahaman soal islam kita tidak mendalam, itu bukan hambatan bagi kita untuk berdakwah. Kita, muslimah, dapat berdakwah dengan cara apapun, dan melalui media apapun. Salah satunya media sosial.

Kenapa sih, muslimah harus berdakwah?
Teman-teman, banyak sekali alasan kenapa kita harus berdakwah. Kita tentu tau bagaimana kondisi remaja Indonesia saat ini. Pergaulan yang terlampau bebas, narkotika dan kekerasan adalah bukan hal baru di negeri ini.

Melihat kondisi ini, seyogyanya kita terdorong untuk mengajak teman-teman kita yang saat ini terpalingkan agar kembali kepada islam. Bergaul secara islami. Karena hanya islam yang dapat memuliakan umatnya. Hanya islam yang memuliakan dan menjunjung tinggi derajat wanita.

Lantas, bagaimana cara wanita berdakwah?
Dakwah tidak melulu berdiri di podium atau berceramah di masjid. Cukup turuti perintah Allah dan Rasul-Nya, menutup aurat dengan sempurna, saling menegur jika ada kesalahan dan saling tolong menolong, itu semua bentuk dari dakwah.

Manfaatkan media sosialmu, teman. Share kajian dakwah dan postingan-postingan islami. Perbanyak literasi, setelah itu, mulailah berdakwah lewat aksara. Seperti yang dikatakan Sayyid Quthb : sebab, satu peluru hanya mampu menembus satu kepala, tapi satu tulisan mampu "menembus" jutaan kepala.

 

Alfaqiiroh_

Ikuti tulisan menarik Evie Luthfiyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu