x

Iklan

Atya Kurnia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2020

Jumat, 10 April 2020 08:05 WIB

Yacht Rally Sail To Natuna, Event Tahunan Nautical Tourism Indonesia


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkan Anda mendengar tentang Yacht Rally Sail To Natuna? Jika belum, Yacht Rally Sail To Natuna ini merupakan salah satu event pariwisata yang diadakan dalam rangka mempromosikan pariwisata Indonesia terutama pariwisata yang ada di Provinsi  Kepulauan Riau (Kepri). Yacht Rally Sail To Natuna ini merupakan salah satu contoh event atau kegiatan yang masuk ke dalam jenis nautical tourism. Apakah Anda pernah mendengar istilah nautical tourism ini? Nautical tourism sendiri merupakan sebuah kegiatan atau aktivitas wisata yang berkaitan dengan sailing, boating, yachting, cruising, atau bisa juga kombinasi dari beberapa kegiatan tersebut.

Menurut pengertian yang telah dijelaskan, ini berarti kegiatan dari nautical tourism  tidak hanya terbatas pada cruise tetapi juga bisa mencangkup yacht seperti pada event Yacht Rally Sail To Natuna. Acara Yacht Rally Sail To Natuna ini merupakan salah satu acara yang dirancang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disdikbud) Natuna yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Natuna. Natuna dianggap memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar dan potensi tersebut dapat diangkat ke kancah internasional. Tentu saja hal ini sejalan dengan rencana pemerintah yang ingin memajukan dan mempromosikan pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia. Yacht Rally Sail To Natuna ini sendiri merupakan salah satu event dalam sebuah rangkaian acara bertajuk kebaharian dengan nama ‘Festival Bahari Kepulauan Riau’. Selain Yacht Rally Sail To Natuna, event lain yang menjadi rangkaian acara dari Festival Bahari Kepulauan Riau ini meliputi Nongsa Renggata di Batam, Sail to Lingga, dan Sail to Anambas.

Tahun 2019 lalu, Yacht Rally Sail To Natuna dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 15 Juni 2019. Saat itu, 32 yatch peserta dari berbagai negara ikut meramaikan event tersebut. Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan rangkaian acara dari Yacht Rally Sail To Natuna ini. Kegiatan tersebut seperti lomba megupas dan kukur kelapa, lomba tepuk bantal, tari balon, hingga city tour pun ikut digelar. Kegiatan dari city tour tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan potensi wisata serta budaya yang dimiliki oleh Natuna kepada para peserta dari berbagai negara. Para peserta diajak untuk berkeliling dan menikmati berbagai wisata serta mengunjungi beberapa Geopark Natuna yang terdapat di beberapa tempat seperti Jelita Sejuba, Alif Stone, Batu Kasah, dan Masjid Agung. Kemudian tak lupa peserta juga diajak berkeliling dan menikmati berbagai kuliner khas yang dimiliki oleh Natuna. Selain itu, kesenian-kesenian khas Natuna pun ikut dipromosikan di acara ini. Berbagai kesenian seperti Tari Zapin, Tari Sajojo, pembacaan syair, music akustik, dan permainan alu serta hadrah ditampilkan untuk menghibur para peserta. Diharapkan dengan adanya berbagai rangkaian acara yang menunjang dan meramaikan event Yacht Rally Sail To Natuna ini para peserta dapat merasa senang dan puas, sehingga mereka dapat menyimpan kenangan dan kesan yang baik tentang Naruna yang secara tidak langsung akan menjadi sebuah promosi untuk pariwisata dan budaya dari Natuna sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) atau biasa dikenal dengan istilah getok tular ini diharapkan menjadi salah satu langkah yang efektif untuk menarik wisatawan mancanegara  berkunjung ke destinasi-destinasi wisata Indonesia, khususnya wisata yang ada di Natuna. Adanya penyelenggaraan event Yacht Rally Sail To Natuna ini tidak hanya menjadi sebuah peluang promosi pariwisata tetapi juga bisa menjadi wadah dalam mempromosikan berbagai budaya serta tradisi menarik yang dimiliki oleh Indonesia.

Selain itu, berbagai dampak positif lain tentu akan dirasakan oleh masyarakat lokal di daerah Natuna sendiri.

Dengan adanya kunjungan yacht ke pulau-pulau yang ada di Indonesia serta penyelenggaraan event-event seperti Yacht Rally Sail To Natuna ini dapat mendorong berkembangnya perekonomian masyarakat lokalnya. Masyarakat lokal dapat membuka dan mengelola home stay untuk wisatawan. Selain itu, mereka dapat membuka dan mengelola rumah makan, melakukan pembuatan dan penjualan souvenir (buah tangan), serta membuka penyewaan kendaraan. Beberapa hal tersebut menjadi usaha bagi masyarakat lokal dalam peningkatan ekonominya. Usaha peningkatan perekonomian masyarakat lokal dalam hal ini juga didukung oleh usaha pemerintah seperti halnya dalam pengadaan money changer (tempat penukaran uang) di berbagai entry point untuk memudahkan para wisatawan dari mancanegara dalam bertransaksi di pulau-pulau yang mereka datangi. Dengan adanya penyelanggaraan event Yacht Rally Sail To Natuna ini, dapat dirasakan berbagai dampak positif baik bagi perkembangan kepariwisataan Indonesia maupun bagi perekonomian masyarakat lokal.

Event Yacht Rally Sail To Natuna 2020 sendiri menurut informasi yang didapatkan dari Calender of Events (CEO) Natuna 2020 akan diadakan pada tanggal 7-10 Juni 2020. Namun mengingat kondisi saat ini, apakah merebaknya COVID-19 akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan dari Yacht Rally Sail To Natuna 2020?

Ikuti tulisan menarik Atya Kurnia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler