x

ilustr: Forum-China Daily

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 17 April 2020 05:48 WIB

8 Alasan Pentingnya Membaca

Tentang kebiasaan membaca.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menurut penelitian, masyarakat negeri kita ini termasuk dalam kategori memiliki budaya membaca yang rendah. Begitu pula kalau kita mengamati aktivitas siswa atau mahasiswa pada saat istirahat atau jam kosong, mereka lebih memilih ngobrol atau asyik bersosmed dengan smartphone daripada membaca di perpustakaan.

Kita semua tahu materi membaca seperti buku, jurnal, majalah, koran, e-book, dan lain-lain adalah sumber pengetahuan dan hiburan yang menyenangkan. Membaca adalah cara termurah untuk memperoleh pengetahuan dan dengan demikian meningkatkan gaya hidup.

Untuk lebih memahami tentang pentingnya membaca, poin-poin berikut akan menyoroti manfaat membaca;

1. Memberikan Kepuasan

Membaca memberi kepuasan besar bagi pembaca. Ungkapan populer "meringkuk dengan buku" menciptakan gambar hubungan yang hangat dan dekat dengan buku. Bahkan orang tua merasa puas ketika mereka melihat anak-anak mereka sedang membaca buku.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Untuk membaca, seseorang perlu fokus untuk jangka waktu yang lebih lama dan itu membutuhkan latihan mental. Untuk memahami teks atau keseluruhan cerita, pembaca harus memusatkan pikirannya pada masalah tertentu. Dengan cara ini, membaca meningkatkan kekuatan konsentrasi dan fokus kita.

3. Menanamkan Pengetahuan

Membaca meningkatkan pengetahuan pembaca. Dengan mengembangkan keterampilan membaca, para pembaca dapat mendiversifikasi bidang pengetahuan mereka yang memberi mereka kesempatan untuk berpartisipasi dalam diskusi yang bermanfaat dan proses pengambilan keputusan.

4. Latihan Otak

Membaca dianggap sebagai latihan otak. Ketika kita terlibat dalam membaca sel-sel otak kita mulai bekerja untuk memahami makna teks dan mencoba menghubungkan berbagai aspek dari materi yang dibaca. Dengan demikian membaca merangsang otak dan mendorongnya untuk berpikir tentang semua aspek yang mungkin untuk mewujudkan maknanya.

5. Mengurangi Stres

Membaca adalah kebiasaan hebat yang dapat mengubah hidup manusia secara dramatis. Itu bisa menghibur kita, dan memperkaya kita dengan pengetahuan. Ini membantu kita mengurangi stres, menghilangkan ketegangan dan dengan demikian meningkatkan energi kita. Ini membawa kita ke dunia mimpi dan hiburan - jauh dari dunia kompleks nyata.

6. Meningkatkan Pemikiran Analitis

Membaca tidak hanya memperkaya pengetahuan kita tetapi juga membuatnya lebih tajam untuk menganalisis dan mengevaluasi berbagai hal dengan cara yang lebih baik. Dengan cara ini, membaca meningkatkan pemikiran analitis kita.

7. Memperkaya Kosakata

Keterampilan membaca jelas meningkatkan kosakata para pembaca dengan memperkenalkan mereka dengan kata-kata dan frasa baru yang tidak dikenal secara teratur. Itu tidak hanya memperkaya kosa kata kita tetapi juga mengajarkan kita cara yang lebih baik untuk mengekspresikan diri kita.

8. Meningkatkan Keterampilan Menulis

Membaca membantu peningkatan kosakata secara bertahap yang pada gilirannya meningkatkan keterampilan menulis pembaca. Karena meningkatkan kemampuan untuk berpikir, itu juga meningkatkan ekspresi tertulis.

Demikianlah, semoga ulasan kecil ini bermanfaat untuk meningkatkan minat baca kita.

***
Solo, Kamis, 16 April 2020. 6:13 pm
'salam cerdas penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu