x

ilustr: CollegeInfoGeek

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 8 Mei 2020 08:19 WIB

Kapan Komunikasi Tertulis Lebih Efektif?

Tentang penggunaan komunikasi tertulis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti namanya, komunikasi tertulis berarti komunikasi dalam bentuk tertulis.

Dalam komunikasi ini, pengirim menulis pesan menggunakan kata-kata dan kemudian mengirim ke penerima.

Ini adalah jenis komunikasi formal dan manajemen terutama bergantung pada komunikasi tertulis untuk mengirimkan keputusan, perintah, dan instruksi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Demikian pula, bawahan dapat mengirim masalah, saran, pendapat, pandangan mereka kepada atasan mereka melalui komunikasi tertulis.

Komunikasi tertulis dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti surat, memo, surat edaran, manual, pemberitahuan, laporan, kuesioner, dan lain-lain.

Komunikasi tertulis umumnya digunakan ketika audien berada di lokasi yang jauh atau ketika catatan permanen harus disimpan untuk digunakan sebagai referensi untuk menyelesaikan masalah di masa depan.

Komunikasi Tertulis Lebih Efektif, Kapan?

Meskipun orang menghabiskan lebih banyak waktu dalam komunikasi lisan, komunikasi tertulis lebih efektif dalam keadaan berikut:

Menyampaikan Informasi Kompleks - Ketika pengirim ingin menyampaikan informasi yang kompleks, komunikasi tertulis lebih baik daripada komunikasi lisan. Memiliki dokumen tertulis, penerima dapat membacanya berulang kali hingga ia memahami seluruh pesan.

Perlu untuk Catatan Permanen - Komunikasi tertulis lebih disukai ketika catatan permanen diperlukan untuk referensi di masa mendatang.

Berkomunikasi dengan Audien Besar - Ketika jumlah audiennya besar dan tersebar secara geografis, komunikasi tertulis akan membuahkan hasil di sana. Pengirim dapat berkomunikasi berulang kali dengan dokumen atau lembar informasi tertulis yang sama.

Kurang Kebutuhan untuk Berinteraksi dengan Audien - Komunikasi tertulis juga cocok ketika interaksi langsung dengan audien tidak penting atau tidak diinginkan.

Mempertahankan Keseragaman Aplikasi - Ketika ada pesan yang diterapkan secara seragam di tempat yang berbeda, pengirim harus lebih memilih komunikasi tertulis daripada komunikasi lisan.

***
Solo, Kamis, 7 Mei 2020. 9:21 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler