Kewirausahaan Sosial [3] Wirausahawan Sosial dan Perusahaan Sosial di Seluruh Dunia - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: Skills Panorama

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 19 Mei 2020 13:54 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Kewirausahaan Sosial [3] Wirausahawan Sosial dan Perusahaan Sosial di Seluruh Dunia

    Dibaca : 357 kali

    Wirausahawan Sosial

    Wirausahawan adalah orang-orang yang menjelajah ke bidang-bidang baru terutama dengan tujuan menghasilkan keuntungan dari hal yang sama. Tentu saja di sana mereka juga bertanggung jawab secara sosial dan memiliki kewajiban untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat tempat mereka beroperasi; tetapi kewajiban ini bersifat sekunder. Dalam kewirausahaan sosial, kewajiban kontribusi ini untuk kesejahteraan sosial adalah yang utama dan dengan cara bagaimana laba mengambil posisi di belakang atau lebih atau kurang sekunder tetapi penting untuk kelangsungan hidup.

    Wirausahawan sosial adalah seseorang yang mengambil masalah sosial yang mendesak dan menemuinya dengan solusi inovatif atau pemecahan jalan. Karena mencari untung adalah tujuan sekunder, maka mereka adalah orang-orang yang bersemangat dan bertekad tentang apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki tingkat motivasi yang sangat tinggi dan visioner yang bertujuan membawa perubahan dalam hal-hal yang ada.

    Menurut definisi, wirausahawan sosial adalah perekrut orang hebat yang mempresentasikan ide atau solusi mereka sedemikian rupa sehingga banyak orang, yang merupakan bagian dari masalah atau yang mengelilinginya, mengenali kebutuhan akan perubahan dan ikut serta dalam kereta musik perubahan. Jadi memobilisasi massa untuk membawa perubahan adalah ciri khas wirausahawan sosial.

    Wirausahawan sosial beroperasi dengan tujuan mengubah wajah masyarakat. Baik itu kesehatan, sanitasi, pendidikan, mereka hadir di mana-mana. Bahkan ada orang yang berupaya membawa perubahan dalam inovasi modern karena dampaknya telah merusak kehidupan manusia. Dengan demikian mereka bekerja menuju peningkatan sistem, menciptakan solusi baru, meletakkan praktik yang adil.

    Beberapa orang yang sangat terkenal yang menginspirasi orang lain untuk mengambil kewirausahaan sosial adalah:

    1 . Susan B Anthony: adalah Co-Founder gerakan kesederhanaan wanita pertama dan pemimpin hak-hak sipil Amerika yang terkemuka untuk hak-hak wanita di abad ke-19.

    2 . Vinobha Bhave: adalah tokoh terkemuka dalam sejarah modern India dan merupakan pendiri dan pemimpin gerakan hadiah tanah yang membantu merealokasi tanah menjadi tak tersentuh.

    3 . Maria Montessori: pelopor dalam pendidikan. Mengembangkan pendekatan Montessori untuk pendidikan awal pada anak-anak.

    4 . Florence Nightingale: dia meletakkan fondasi untuk sekolah perawat pertama dan bekerja untuk memperbaiki kondisi rumah sakit.

    5 . Margaret Sanger: Dia adalah pendiri dan pemimpin federasi orang tua yang direncanakan di Amerika, memperjuangkan sistem keluarga berencana di seluruh dunia.

    Ini adalah contoh dari beberapa orang yang berjuang untuk apa yang mereka yakini dan membawa berbagai tingkat perubahan di bidang pekerjaan masing-masing.

    Kewirausahaan sosial telah menyaksikan ledakan dalam beberapa tahun terakhir dengan semakin banyak orang tertarik padanya. Sekarang ada kompetisi yang sehat dan lulusan kelas dunia menyerahkan pekerjaan yang menguntungkan untuk bekerja dan berkontribusi dengan cara yang berarti bagi masyarakat.

    Seperti yang dikatakan Bill Drayton 'dengan tepat wirausahawan sosial tidak puas hanya dengan memberi ikan atau mengajarkan cara menangkap ikan. Mereka tidak akan beristirahat sampai mereka merevolusi seluruh industri perikanan ’. Begitulah semangat dan komitmen yang diperlukan untuk disebut sebagai wirausahawan sosial sehingga mungkin tidak tepat untuk mengatakan bahwa kewirausahaan tradisional lebih menantang.

    Perusahaan Sosial

    Dengan tujuan untuk menghasilkan pendapatan jika bukan kekayaan, perusahaan sosial datang dengan solusi inovatif serta ramah-orang untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat. Apa yang membuat mereka berbeda dari dunia korporasi adalah tujuan dasar mereka; mereka bekerja untuk orang-orang yang hidup di bawah garis kemiskinan dan menawarkan lingkungan kerja yang fleksibel kepada orang-orang.

    Meskipun konsep kewirausahaan sosial telah ada sejak 1960-an dan dipromosikan oleh banyak orang, tetapi pendirian The Grameen Bank di Bangladesh adalah contoh pertama di mana konsep itu digunakan secara menyeluruh. Di bawah kepemimpinan Muhammad Yunus, ia mencoba untuk mengatasi masalah orang yang hidup di bawah garis kemiskinan dan secara bertahap telah berkembang sebagai identitas yang kuat.

    The Skoll Foundation - Amerika Utara

    Didirikan oleh Jeff Skoll, presiden pertama ebay, Skoll Foundation mendukung perusahaan sosial dan menyoroti pekerjaan mereka dengan membangun kemitraan mereka dengan Sundance Institute dan NewsHour dengan Jim Lehrer. Perusahaan Air NIKA adalah perusahaan sosial lain di Amerika. Perusahaan menjual air botolan di negara itu dan membawa air bersih ke negara berkembang dengan keuntungannya. Ia menggunakan laba 100 persennya dalam aktivitas tersebut.

    Grameen Bank - Bangladesh

    Perusahaan sosial bukanlah konsep baru tetapi mulai menjadi populer hanya pada 1960-an. Mungkin ada aturan dan peraturan yang berbeda untuk perusahaan sosial di seluruh dunia tetapi konsep dasarnya tetap sama. Tujuan utama mereka adalah untuk melayani orang-orang dari masyarakat yang berada di dasar piramida.

    Di Bangladesh, Muhammad Yunus memasukkan Grameen Bank, sebuah organisasi keuangan mikro yang memberikan pinjaman kecil kepada orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan tanpa memerlukan jaminan. Bank tidak percaya pada amal tetapi dalam menawarkan bantuan kepada orang-orang sebagai inisiatif untuk menembus siklus kemiskinan.

    Echoing Green - AS

    Berbasis di New York, Echoing Green adalah organisasi nirlaba yang beroperasi dalam investasi sektor sosial. Selama dua puluh tahun terakhir, telah bekerja di bidang ini mendorong dan membantu pengusaha muda untuk meluncurkan organisasi baru.

    Rang De - India

    Rang De adalah organisasi online nirlaba di India yang meminjamkan pinjaman kecil kepada individu yang berencana untuk memulai bisnis baru atau mengembangkan mereka. Ini adalah upaya yang berhasil untuk menyatukan dua bagian India, yang salah satunya berhasil maju sementara yang lain ditinggalkan karena kekurangan sumber daya. Didirikan pada tahun 2006 oleh Ramakrishna NK dan Smita Ram, Rang De, hari ini adalah platform online utama di negara ini.

    Schwab Foundation for Social Entrepreneurship

    Didirikan oleh Profesor Klaus Schwab dan istrinya, tujuan utama Yayasan Schwab untuk Kewirausahaan Sosial adalah untuk mempromosikan inovasi sosial. Yayasan ini tidak memberikan hibah tetapi menangani masalah sosial dan menyediakan platform di tingkat negara, global dan regional.

    Omidyar Network

    Didirikan pada tahun 2004, Omidyar Network adalah perusahaan investasi filantrokapitalis yang mendorong kemajuan ekonomi. Dengan jaringan perusahaan nirlaba, jaringan mendorong partisipasi dalam bidang transparansi pemerintah, keuangan mikro, media sosial, dan hak properti. Berkantor pusat di Redwood City, California, didirikan oleh Pierre Omidyar dan istrinya Pam.

    ***
    Solo, Selasa, 19 Mei 2020. 8:48 am
    'salam sukses penuh cinta'
    Suko Waspodo
    antologi puisi suko


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.