x

Iklan

Herman Sjah Tahir

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 April 2020

Sabtu, 23 Mei 2020 08:14 WIB

Vickers Vanguard Merpati Nusantara Airlines, Pesawat Turboprop Terbesar di Indonesia

Sejarah Vickers Vanguard Merpati Nusantara Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Vickers Vanguard Merpati PK-MVF

Ditahun 70 an sampai dengan awal tahun 1980-an, dunia penerbangan komersial Indonesia sempat dihiasi oleh pesawat turboprop ( berbaling2 ) yang besar bernama Vickers Vanguard , mungkin terbesar pada jamannya. Hampir sama besar dengan pesawat Hercules Militer, tetapi jauh lebih besar dari pesawat komersial Electra yang juga dipakai oleh penerbangan pada saat bersamaan dipakai di Indonesia.
Pesawat buatan pabrik Vickers-Armstrongs Inggris ini sebenarnya adalah pesawat yang dipesan khusus tahun 1959 oleh Trans-Canada Air Lines (TCA) and British European Airways (BEA). Tujuannya, untuk mendapatkan pesawat dengan daya angkut lebih besar dari pesawat sebelumnya Vickers Viscount , dimana pesawat ini dianggap cukup berhasil secara komersial oleh perusahaan penerbangan diakhir tahun 50 an , itulah yang menyebabkan kedua airline diatas meminta pabrik mengembangkan pesawat berdasarkan kinerja dari Vickers Viscount .
Sebagai gambaran kebetulan di Indonesia ada 3 perusahaan yang menggunakan Vickers-Viscount  al : Mandala Airlines , Bouraq Airlines dan Merpati Nusantara Airlines ( MNA ),
 
Salah satu dari Vickers Viscount MNA PK-MVL.
Vickers Viscount Merpati PK-MVL

 

Pada awalnya pabrik Vickers-Armstrongs, melakukan disain ulang Viscount sesuai pesanan BEA , dimana kapasitas penumpang harus minimal 100 orang ( dua kali dari kapasitas Viscount ). Selanjutnya pihak TCA juga ikut berminat memesan pesawat tersebut.  Untuk itu pabrik melakukan pemotongan separo fuselage (badan pesawat) Viscount dan mengganti bagian atas fuselage sehingga didapat badan pesawat yang lebih besar.
Untuk menunjang performa pesawat baru tersebut, pabrik mesin pesawat Rolls-Royce memasok mesin baru dengan kekuatan lebih dari 2 kali mesin Viscount yaitu 4.000 HP bila dibandingankan mesin lama yang kapasitasnya 1.300 HP.
Hasilnya Vickers Vanguard , menjadi pesawat turboprop tercepat dijamannya , masih juga tercepat bila dibandingkan dengan pesawat turboprop seberat dan sejenis yang diproduksi tahun 80 dan 90 an . Contohnya bila dibandingkan oleh Lockheed C-130 Hercules , performa pesawat ini jauh lebih baik.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk perbandinang ukuran dari Viscount dan Vanguard bisa dilihat dari ukuran cockpit dibawah ini :

Vickers Vanguard Merpati_perbandingan

Pabrik pada akhirnya berhasil memproduksi 4 Tipe Vanguard , tipe V950 (prototype), V951 , V952 dan V953 , untuk prototipe G950 G-AOYW terbang pertama pada 20 Januari 1959.

 

Pesawat Prototipe V950 G-AOYW

Vickers Vanguard V950 G-AOYW

 

Pada 17 Desember1960 BEA memulai penerbangan pertama dari Heathrow ke Paris, setelah pengiriman total 20 unit pesawat yang terdiri dari 6 unit V951 dan 14 V953 pada 30 Maret 1962, jenis pesawat ini mengambil alih banyak rute jalur utama Eropa dan Inggris yang lebih sibuk di BEA.

Nama Vanguard untuk pesawat baru ini didapat ketika BEA memberikan nama (nose name ) kepada pesawat2nya dengan nama Kapal Perang Kerajaan Inggris , dan nama yang diberikan kepada pesawat pertama V951 G-APEA adalah Vanguard asalnya dari nama kapal HMS Vanguard , kapal perang yang diluncurkan setelah perang dunia ke 2 terkenal tercepat dikelasnya , berakhir masa tugasnya diangakatan Laut pada 1960, bertepatan dengan Vanguard mulai terbang komersialnya yang pertamanya.Dari situlah pesawat ini terkenal dengan nama Vanguard.

 

Pesawat Pertama BEA Vanguard V951 G-APEA
Vickers Vanguard BEA G-APEA

 

Pesawat Pertama TCA Vanguard V952 CF-TKD

Vickers Vanguard V952 TCA CF-TKD

Kurang beruntungnya , pesawat ini diproduksi pada masa yang disebut dengan Jet Age , dimana penerbangan sipil mulai diperkenalkan dengan pesawat Jet ( turbine engines ) dan ironisnya pesawat komersial pertama terbang pada 9 Januari 1951 adalah pesawat yang diproduksi pabrik Inggris juga bernama  de Havilland , pesawat jet pertamanya adalah de Havilland Comet. Akibatnya pesawat Vanguard sepi dari peminatnya yang pada akhirnya hanya 44 unit yang berhasil diproduksi terdiri dari , 1 unit V950 , 6 unit V951 , 23 Unit V952 dan 14 Unit V953.

Untuk Indonesia pesawat ini mulai beroperasi pada tahun 70 an , di Indonesia Vickers Vanguard hanya masuk kedalam armada 2 perusahaan yaitu :
 
Merpati Nusantara Airlines ( MNA ) sebanyak 9 Unit yang terdiri dari :
 
 -  Tipe V951 1 Unit PK-MVJ

 

Vickers Vanguard V951 Merpati PK-MVJ

 

Upacara ketika V951 PK-MVJ “ Tidar “ masuk dalam armada MNA

 

Vickers Vanguard V951 Merpati PK-MVJ_peresmian

 

  • Tipe V952  5 Unit :
      - PK-MVA
       - PK-MVC
       - PK-MVR
       - PK-MVW
       - PK-MVH
  • Gambar dari V952 PK-MVH
Vickers Vanguard V952 Merpati PK-MVH
Komentar di airlines.net V952 PK-MVH
  • Vickers Vanguard Merpati_ulasan
  • Tipe V 953  3 Unit :
      - PK-MVD
      - PK-MVF
      - PK-MVE
    Gambar V953 PK-MVE
Vickers Vanguard V953 Merpati PK-MVE

 

Perusahaan kargo bernama Indonesia Angkasa Civil Air Transport 2 Unit.
Vickers Vanguard Indonesia Angkasa Civil Air Transport

 

Vanguard digunakan MNA untuk melayani kota-kota besar di Indonesia yang dapat dilihat dalam iklan yang dimuat di majalah Angkasa No. 1 Tahun 1972 yaitu tujuan  Medan sebanyak tiga kali seminggu.

 

Vickers Vanguard Merpati Nusantara , Iklan Majalah Angkasa

 

Gambar prosedur keamanan di Vickers Vanguard MNA

 

Vickers Vanguard Merpati_prosedur keamanan

Untuk gambara Vanguard di Medan , berikut gambar2 dari www.oldjets.net/medan-polonia

Vickers Vanguard Merpati_www.oldjets.net/medan-polonia

Vickers Vanguard Merpati_www.oldjets.net/medan-polonia

Vickers Vanguard Merpati_www.oldjets.net/medan-polonia

 

Pada masa di Indonesia , sekitar 11 Vanguard pernah aktif beroperasi , itu artinya 25% dari produksinya pernah terbang di Indonesia. Sayang jasa pesawat ini dalam dunia penerbangan di Indonesia tidak terlalu lama , pada akhir 70 an atau  awal 80 an , pesawat ini sudah mulai ditarik dari armada MNA , ini terlihat ada 2 Vanguard MNA yaitu V953 PK-MVE dan V953 PK-MVF , terlihat di Bandara Kemayoran pada 1982 sudah dalam keadaan rusak yang akhirnya di scrapp.
Gambar dari www.oldjets.net/Jakarta-Kemayoran

 Vickers Vanguard Merpati_www.oldjets.net>Jakarta-Kemayoran

Vickers Vanguard Merpati_www.oldjets.net>Jakarta-Kemayoran

 

Akhir dari Vickers Vanguard di Indonesia juga mungkin akhir di dunia penerbangan sebagai pesawat penumpang. Tetapi sebagai pesawat kargo masih terbang di Hunting Cargo Airlines , hingga penerbangan terakhir  di 30 September 1996 dan seterusnya  Vanguard V953 G-APEP ini disumbangkan ke Brooklands Museum di 17 October 1996.

 

  

Vickers Vanguard Hunting Cargo Airlines G-APEP
Bandara Kemayoran yang tampak pada beberapa gambar diatas pun akhirnya pada 31 Maret 1985 resmi ditutup ,
 
 
 
 

Ikuti tulisan menarik Herman Sjah Tahir lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler