7 Tip untuk Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Rini Novita Sari Celoteh Dini Hari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Mei 2020

Senin, 1 Juni 2020 17:23 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 7 Tip untuk Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

    Dibaca : 713 kali

    Memilih hosting ERP yang tepat dimulai dengan memilih sistem ERP yang tepat, landasan operasi bisnis Anda. Perangkat lunak Enterprise Resource Planning, disingkat ERP, digunakan untuk mengotomatisasi dan mengomputerisasi proses inti, fungsi, aliran, dan sistem bisnis dengan merampingkan semua ini menjadi proses yang komprehensif.

    Membuat aliran informasi dan manajemen bisnis jauh lebih nyaman, pemilihan sistem ERP adalah keputusan bisnis yang penting.

    software cloud erp indonesia

    7 tips ini mungkin membutuhkan waktu beberapa menit untuk dibaca, tetapi artikel ini pasti dapat memberikan dampak ke kesuksesan dan kelancaran bisnis Anda. Tujuan dari setiap sistem ERP adalah untuk memfasilitasi bisnis dalam merampingkan proses dan fungsinya. Sistem ERP ini biasanya sangat disesuaikan dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan bisnis. Namun, ini tidak berlaku untuk setiap ERP.  

    Pengawasan yang menyeluruh dan rasional perlu dilakukan untuk meninjau fitur dan fungsi sistem ERP yang Anda pertimbangkan untuk implementasi dan instalasi sebelum memilih software cloud ERP Indonesia terbaik untuk bisnis Anda. Mengorbankan, atau mengubah aliran dan proses bisnis Anda agar sesuai dengan pendekatan ERP yang tidak fleksibel, adalah salah


    1.Pastikan ERP sesuai dengan Jaringan Anda sehingga Anda tidak perlu memlengkapi kembali bisnis di dengan perangkat lunak.  

    Kompatibilitas dan integrasi dengan perangkat lunak yang ada sistem perencanaan sumber daya perusahaan mengotomatiskan proses bisnis menjadi aliran tunggal yang lebih mudah dikelola. Ini berarti bahwa perangkat lunak dan sistem yang ada harus diganti dengan komponen atau modul dalam ERP, atau harus terintegrasi dengan ERP, sehingga data dapat mengalir dari satu sistem ke sistem lainnya.

    Tanpa integrasi, biaya tenaga kerja akan meningkat, mengurangi integrasi data dan lebih banyak kesalahan yang dimasukkan ke dalam sistem.  Misalnya, jika bisnis sudah menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan untuk mengelola hubungan dengan klien yang ada dan potensial, ini harus diganti dengan modul dari ERP baru, atau akan harus diintegrasikan dengan ERP sehingga ERP.  

    Ketika memutuskan ERP mana yang akan dipilih untuk bisnis Anda, sangat disarankan agar Anda memeriksa kompatibilitas sistem dan perangkat lunak yang ada dengan ERP. Penting bagi Anda untuk memiliki lingkungan perangkat lunak yang secara teknis menyatu sehingga data dapat dibagikan dan dikirim di seluruh aplikasi.


    2.Integrasi adalah sesuatu yang Anda rencanakan sebelum memilih ERP, bukan mencari tahu setelah Anda berkomitmen untuk satu.

    Saat memilih sistem ERP untuk bisnis Anda, Anda harus benar-benar menyadari keahlian dan potensi anggota tim Anda. Bagaimanapun, ERP digunakan oleh banyak anggota staf, yang tersebar di berbagai departemen perusahaan.

    Tim Anda harus terbiasa dengan sumber daya yang ada, dan tahu siapa yang dapat menangani aspek teknis dari sistem ERP. Memiliki beberapa anggota tim dalam bisnis Anda yang memiliki pengalaman sebelumnya dengan sistem ERP, dan dapat menangani aspek dan masalah teknis dari ERP tertentu, mungkin menjadi alasan yang sangat baik untuk memilih ERP tertentu untuk bisnis Anda.


    3.Hindari kurva belajar, jika mungkin, meningkatkan keterampilan anggota tim yang ada.

    Uang bisa menjadi pemecah masalah nyata. Setiap bisnis membuat keputusan keuangan, sama seperti setiap investasi dan pengeluaran memiliki anggaran.

    Pengusaha yang cerdas selalu mempertimbangkan Pengembalian Investasi (ROI) sebelum membuat keputusan yang memiliki dampak finansial yang signifikan. Implementasi, instalasi dan pemeliharaan sistem ERP tidak diragukan lagi merupakan latihan yang mahal.

    Kerjakan pekerjaan rumah Anda dengan meneliti harga sistem ERP yang tersedia, termasuk biaya implementasi dan integrasi. Anda perlu membandingkan fitur dan fungsi sistem ERP yang berbeda untuk menentukan ROI yang sebenarnya.

    4.Pastikan untuk menganggarkan biaya ERP, bersama dengan implementasi, integrasi, dan orientasi.
     
    Memilih tempat hosting ERP dapat menyebabkan biaya besar dan paparan risiko yang terkait. Sistem ERP dapat dioperasikan sebagai aplikasi yang di-host dari infrastruktur cloud jarak jauh seperti Hosting Aplikasi Terkenal. Anda harus memutuskan apakah akan meng-host secara lokal, atau dalam cloud publik, mengetahui masing-masing memiliki pro dan kontra. Aksesibilitas global yang nyaman dari sistem melalui internet membuat Hosting Aplikasi FamousHost pilihan yang direkomendasikan. Berdasarkan preferensi Anda, Anda dapat memilih sistem ERP yang dapat di-host sesuai kenyamanan Anda.

    5.Kecuali Anda memiliki ruang server sendiri, pertimbangkan hosting berbasis cloud.

    ERP yang hanya dapat berfungsi pada komputer desktop di kantor ditakdirkan untuk dibenci, diabaikan dan diganti (tidak dalam urutan itu).

    Mengakses berbagai modul dan komponen sistem ERP melalui smartphone dan tablet adalah persyaratan. Saat memilih sistem ERP yang tepat, selalu pastikan bahwa Anda mengawasi opsi sistem ERP yang menghadirkan antarmuka melalui perangkat pintar - ini adalah yang harus dimiliki.

    6.Pastikan ERP mobile friendly.

    Untuk mencapai potensi maksimum sistem ERP, Anda perlu memastikan bahwa sistem menjalankan versi terbaru. Versi ketinggalan jaman atau usang atau rilis sistem ERP mungkin menjadi alasan kegagalan atau kesalahan dalam proses, atau membiarkan pintu terbuka untuk meretas serangan. Metode dan prosedur untuk memperbarui sistem ERP, setiap kali pembaruan baru dirilis, adalah penting. Jika Anda harus membayar konsultan setiap kali sistem perlu diperbarui - Anda harus menganggarkan semua uang itu dan ketinggalan dalam implementasi.

    Biaya, waktu dan upaya manusia, semua mungkin terlibat dalam memperbarui sistem ERP dan ini mungkin merepotkan.

    Keputusan memilih sistem ERP yang tepat dapat sangat dipengaruhi oleh siapa yang melakukan tugas implementasi dan penyebaran. Sistem ERP yang sangat canggih yang digunakan oleh mitra implementasi amatir mungkin tidak memberikan hasil yang diharapkan.

    Selama periode waktu tertentu, pemilihan mitra implementasi yang tepat mungkin memiliki dampak jangka panjang pada pemilihan sistem ERP yang tepat. Saat melakukan penelitian pada berbagai opsi sistem ERP, Anda juga perlu menjelajahi keahlian teknis dan reputasi mitra implementasi sistem ERP tersebut.

    Jika menggunakan instalasi 1-klik yang mudah, ada kalanya perusahaan kecil tidak memerlukan mitra implementasi dan penempatan. Sebagai gantinya, banyak perusahaan dapat menginstal sendiri dan mengandalkan penyedia hosting yang dikelola mereka, seperti KnowHost, untuk menjaga agar semuanya tetap baik.

    Kiat # 8: Pergilah dengan DikenalHost dan tinggalkan kekhawatiran Anda.
     

    Pelajari lebih lanjut tentang Hosting Hosting FamousHost dan betapa mudahnya untuk menggunakan sistem ERP yang aman di cloud, lengkap dengan cadangan, migrasi, dan manajemen penuh.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.