x

ilustr: Stanford University

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 21 Juni 2020 06:26 WIB

KKM [14] Keterampilan Membangun Kewirausahaan Kaum Muda

Tentang Keterampilan yang dibutuhkan untuk Membangun KKM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membangun masyarakat yang responsif dalam mendorong dan mendukung kewirausahaan kaum muda adalah tanggung jawab setiap masyarakat serta pemerintah. Mendorong kaum muda untuk menjadi wirausahawan memiliki banyak keuntungan dalam hal memecahkan masalah pengangguran dalam perekonomian serta membuka jalan bagi inovasi dan pertumbuhan negara juga.

Memahami kebutuhan untuk menciptakan dan memelihara kewirausahaan kaum muda, banyak negara telah mengambil inisiatif strategis dan mengimplementasikan rencana yang ditujukan untuk menanamkan keterampilan dan pengetahuan kewirausahaan melalui pendidikan. Langkah seperti itu tidak diragukan lagi memberikan kebebasan dan dorongan kepada kaum muda untuk bermimpi dan mencapai impian mereka.

Kepemimpinan bukan hanya bakat sejak lahir tetapi bisa diperoleh melalui pembelajaran dan pelatihan juga. Pelatihan dan studi kewirausahaan yang ideal harus mencakup mata pelajaran seperti keterampilan membangun kesadaran kewirausahaan, keterampilan kewirausahaan dan pemberdayaan pribadi, perencanaan bisnis, manajemen bisnis serta keterampilan pemberdayaan pribadi.

Membangun Kesadaran Kewirausahaan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kewirausahaan adalah semua tentang menjadi pemimpin mandiri yang visioner, seseorang yang mampu mengidentifikasi peluang untuk menawarkan solusi dalam bentuk produk, teknologi, proses atau layanan untuk memenuhi kebutuhan dan dengan demikian mengumpulkan dan menggunakan semua sumber daya yang diperlukan termasuk tenaga kerja, keuangan, teknologi , infrastruktur dan lainnya untuk membangun perusahaan yang sukses di bidang bisnis yang dipilih.

Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan banyak ketabahan dan tekad serta kemampuan untuk mengambil risiko yang diperhitungkan serta tanggung jawab. Kepemimpinan membutuhkan kemampuan untuk menemukan solusi yang bisa diterapkan dan melintasi semua rintangan untuk mencapai tujuan tanpa macet. Wirausahawan membawa visi tidak hanya untuk menghasilkan keuntungan tetapi memiliki visi yang lebih besar untuk menciptakan lapangan kerja, membantu orang mengembangkan potensi mereka, memberikan kontribusi kepada masyarakat dan pada saat yang sama memastikan pertumbuhan organisasinya dan orang-orang yang terhubung.

Pada tahap awal, seseorang mungkin memiliki kecenderungan untuk menjadi wirausahawan. Namun biasanya para siswa tidak akan memiliki gagasan tentang apa artinya menjadi seorang wirausahawan. Program kesadaran semacam itu mendidik mereka dan memperkenalkan konsep kewirausahaan di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi serta melalui program pelatihan khusus membantu kaum muda mengambil keputusan untuk mengejar kewirausahaan sebagai pilihan untuk berkarier.

Pembentukan Kemampuan Wirausaha

Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan peran multi disiplin dan multi fungsi dalam mengelola perusahaannya. Wirausahawan yang sukses tidak hanya dapat mengidentifikasi peluang bisnis, tetapi juga giat dalam pendekatannya untuk mengembangkan peluang bisnis menjadi perusahaan bisnis yang sukses. Ini panggilan untuk berpikir di luar kotak dan kepemimpinan yang luar biasa, kreativitas, tinjauan ke masa depan, kemampuan untuk berpikir ke depan, kemampuan untuk membuat pilihan, kemampuan untuk mengumpulkan sumber daya, mengelola sumber daya untuk mencapai target serta bernegosiasi dan memecahkan masalah baik internal ke bisnis seperti serta dengan lingkungan eksternal.

Menjadi giat adalah sikap pikiran. Pengusaha yang baik tidak hanya melihat kesuksesannya, tetapi juga keberhasilan organisasinya serta tim yang bekerja dengannya. Kewirausahaan juga tentang kemampuan untuk menarik bakat terbaik, untuk memberikan kepemimpinan dan bimbingan untuk menumbuhkan dan memelihara bakat, mengelola dan memanfaatkan kumpulan bakat juga. Melalui pelatihan seseorang yang memiliki inisiatif dasar menuju kewirausahaan dapat dibentuk untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Kemampuan untuk berpikir kreatif, melihat lingkungan makro dan mikro serta pilihan, bernegosiasi dengan alternatif dan mengelola proses di semua lini tanpa kehilangan visi dapat dipertajam melalui pelatihan kewirausahaan.

Keterampilan Pemberdayaan Pribadi

Pemberdayaan dan pengembangan pribadi diperlukan untuk setiap individu dan yang paling penting bagi seorang wirausahawan. Keterampilan ini berlaku untuk kemampuan seseorang untuk tampil di wilayah kerjanya. Seseorang perlu memiliki fungsi pekerjaan atau keterampilan teknis khusus untuk mengejar panggilan tertentu tetapi seiring dengan keterampilan dan pengetahuan fungsional itu adalah pemberdayaan pribadi individu yang membantunya berhasil di perusahaan.

Pelatihan keterampilan pemberdayaan pribadi memberikan pelatihan pikiran kepada wirausahawan, membantunya belajar untuk fokus, berkonsentrasi, menganalisis, dan bersikap objektif dalam pemikirannya. Berpikir positif, belajar untuk bersikap tegas serta seimbang dalam berpikir setiap saat, aktif dengan tenang, kemampuan mengelola stres dan bekerja di bawah tekanan adalah beberapa keterampilan yang merupakan keharusan bagi setiap wirausahawan yang sukses.

Wirausahawan juga seorang pemimpin. Melalui pelatihan dia dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan serta merawat diri sendiri dan membangun citra positif serta meningkatkan harga diri seseorang. Pengembangan pribadi dalam bidang disiplin diri, manajemen waktu, motivasi diri dan antusiasme sangat penting bagi seorang wirausahawan muda yang sedang terjun dalam bisnis. Semua keterampilan ini dapat dipelajari melalui pelatihan khusus.

Seorang pemimpin yang baik tegas dan pada saat yang sama dapat memotivasi dan mendorong yang lain juga. Dia harus memiliki keterampilan mendengarkan yang luar biasa, kesabaran serta kebijaksanaan, kecerdasan emosional dan yang lebih penting adalah sikap menang-menang terhadap kehidupan dan pekerjaan.

Wirausahawan yang mampu berpikir besar untuk diri sendiri dan untuk semua timnya dan mengambil seluruh organisasi untuk mencapai ketinggian dan menyadari potensi mereka adalah individu yang sukses juga. Untuk menjadi wirausahawan visioner yang baik, pelatihan membantu untuk itu mempertajam kemampuannya, membangun keterampilan tambahan serta membuatnya mengeluarkan potensi sebenarnya juga.

***
Solo, Sabtu, 20 Juni 2020. 9:42 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu