Bisnis yang paling Efektif di Era New Normal Life - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

usaha yang cocok di tengah new normal life

dante vergil

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 April 2020

Selasa, 23 Juni 2020 06:25 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Bisnis yang paling Efektif di Era New Normal Life

    Dibaca : 1.200 kali

    2020 adalah Tahun dimana Dunia penuh dengan porak-poranda yang diakibatkan oleh Pandemi. Semua Manusia harus mengubah lifestyle dan regular aktivitasnya dan tentunya harus berdiam diri di rumah

    Perubahan ini juga mengakibatkan melemahnya sektor bisnis di Tahun 2020. Organisasi Moneter Internasional (IMF) melihat risiko pertumbuhan ekonomi dunia minus 3% di Tahun 2020

    Di sisi lain Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO memprediksi bahwa 1,25 miliar orang di seluruh dunia bekerja di sektor yang terdampak parah yang diakibatkan pandemi dan dihantui risiko PHK besar-besaran. Sektor-sektor tersebut termasuk akomodasi dan jasa makanan, perdagangan retail & besar, manufaktur dan real estate.

    Kendatipun kini nampaknya dunia sudah tidak bisa lagi terus bertahan di rumah saja. The show must go on, Roda perekonomian harus terus berjalan dengan tujuan dapur harus terus mengepul. Hal ini juga diterapkan oleh pemerintah Indonesia.

    Pasalnya Era normal baru atau “new normal life“ perekonomian ini kemungkinan tidak akan mudah seperti membalikkan telapak tangan, Harapannya, ekonomi bisa membaik setelah pandemi berakhir.

    Perubahan ini juga harus disikapi dengan bijak oleh para pelaku usaha. Jika selama 1 semester awal ini bisnis para pelaku industri banyak yang tersungkur, maka saatnya mengubah 360 derajat. Keadaan yang baru ini juga bisa menciptakan peluang usaha yang menjanjikan. Jenis usahanya pasti berbeda dari biasanya dan unik dari periode sebelumnya namun bukan berarti tidak menguntungkan.

    Kendati demikian menciptakan peluang usaha 2020 tentunya bukan sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan, Karena layaknya saham dan emas, bisnis adalah bentuk investasi untuk masa depan. Di era digital seperti sekarang ini, menciptakan sebuah bisnis tentunya bisa kamu lakukan dengan cara dan pembelajaran di internet

    Step pertama yang jadi PR kamu sekarang adalah bagaimana kamu membuka usaha yang berbeda dan unik serta mengoptimalkan peluang milik kamu sendiri. dan bahkan saat momen New Normal seperti ini adalah saat yang tepat untuk membuka bisnis. Jika selama ini kamu ragu dan gundah untuk memulai bisnismu sendiri.

    Perubahaan keadaan New Normal ini seketika mengubah secara radikal perilaku konsumen di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Ada banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan karena tren jenis bisnisnya juga berubah secara massive. Misalnya saja kini bisnis online akan semakin menjamur karena orang semakin mengurangi kontak fisik dan sosial distancing. Kamu bisa memanfaatkan market place yang sudah ada selain juga kelebihan tak perlu memiliki modal yang terlalu besar.

    OK to the point, bila saat ini kamu sedang kebingungan untuk mencari ide bisnis 2020, maka akan kita ulas beberapa inspirasi yang bisa kamu coba.

     

    1. Konsultan Profesional

    Peluang bisnis 2020 pertama yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu adalah konsultasi profesional. Jika kamu memiliki latar belakang mumpuni dan pengalaman yang panjang dalam salah satu disiplin ilmu, kenapa tidak menjadikannya peluang bisnis saja?

    Kamu bisa menjual jasamu secara online melalui beberapa situs web seperti Clarity. Saat ini orang sudah semakin terbiasa dengan pertemuan virtual sehingga kesulitannya semakin sedikit. Selain itu, konsultan profesional juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena kamu bisa memberikan biaya tambahan jika klien kamu ingin bertemu di luar jadwal yang telah ditentukan.

    Bahkan, konsultan profesional pun tidak terlalu banyak memakan waktu kamu di tiap harinya, sehingga bisa juga dijadikan bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pastikan kamu menerapkan protokol kesehatan yang benar ya saat melakukan pertemuan langsung.

     

    2. Mengajar

    Salah satu kebijakan awal yang diambil akibat Pandemi adalah belajar di rumah bagi anak sekolah. Karena ini, banyak orang tua menyadari jika mengajari anak adalah pekerjaan yang sulit dilakukan. Terlebih lagi dengan beban pekerjaan yang juga harus diemban di rumah.

    Faktanya ini menciptakan peluang bisnis 2020 selanjutnya adalah mengajar. Beberapa dari kamu cukup beruntung karena memiliki koneksi yang luas dan disiplin ilmu yang spesifik, namun beberapa lainnya tidak seberuntung kamu.

    Kamu selalu bisa mengajar keterampilan kepada banyak orang, mulai menjadi guru bahasa, musik hingga membaca dan menulis. Tak ada yang salah dari menjadi guru untuk hal yang ‘remeh temeh’, asal kamu melakukannya dengan disiplin dan sepenuh hati.

    Tarif yang kamu berikan tentunya sangat ditentukan dengan pengalaman, lokasi dan jenis pekerjaan apa yang kamu ajarkan. Namun sekali lagi, selama kamu ikhlas dan telaten menjalaninya, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan penghasilan yang sangat besar dari mengajar.

    Kamu bisa menawarkan jasa privat dengan datang langsung ke rumah muridmu. Tentu saja dengan tata cara kesehatan yang tepat. Dijamin banyak orang tua akan merasa sangat terbantu dan rekeningmu juga ikut terisi.

     

    3. Produk Kesehatan

    Wabah Corona ini menyadarkan banyak orang akan pentingnya untuk menjaga kesehatan. Karena itu saat ini berbagai produk kesehatan seperti vitamin dan suplemen laku keras di pasaran, lebih dari biasanya. Saat ini semua orang meningkatkan upayanya menjaga kesehatan dan bisa jadi peluang bisnis bagimu.

    Berjualan produk kesehatan menjadi salah satunya. Eits, kamu tak harus menjual vitamin atau obat-obatan kok. Bisa dengan memproduksi minuman herbal yang terbuat dari jahe, kencur atau empon-empon. Produk minuman kesehatan jamu ini sekaligus menjadi bisnis rumahan yang potensial untuk tahun ini.

    Masyarakat Indonesia sebenarnya memiliki kebiasaan minum jamu. Namun kondisi belakangan memaksa setiap orang menumbuhkan kebiasaan mengonsumsi minuman tradisional ini lebih sering daripada biasanya.

     

    4. Alat Sanitasi dan Perlindungan Diri

    Saat ini di media sosial sudah beredar berbagai protokol perlindungan diri untuk kembali beraktivitas di masa New Normal. Sadarkah kamu kalau ini artinya juga menciptakan peluang untuk bisnis 2020? Saat ini setiap orang disarankan berpegian dengan membawa masker, hand sanitiser, sarung tangan dan alat makan sendiri.

    Tujuannya agar sebisa mungkin tidak berkontak fisik dan menghindari penyebaran Corona. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menjual berbagai produk tersebut. Misalnya saja membuat masker kain dengan berbagai motif yang menarik dan lucu atau kemasan cairan pembersih tangan yang ringkas dan mudah dibawa.

    Ide bisnis lainnya seperti menjual sarung tangan kain yang nyaman digunakan sehari-hari. Sedotan dan alat makan dari stainless steel atau bambu juga bisa jadi komoditas yang laku keras untuk bisnis 2020 ini.

     

    5. Jualan Online

    Perubahan yang terjadi pada dunia bisnis selama tahun 2020 ini jelas memberikan keuntungan pada tren bisnis online. Jika sebelumnya transaksi online hanya diminati oleh kalangan milenial dan generasi Z, maka kini semua lapisan masyarakat beralih pada bisnis ini. Selama masa social distancing, semua orang terpaksa melakukan transaksi secara online untuk semua kebutuhannya.

    Dengan demikian, tingkat kepercayaan dengan online shop juga meningkat. Pola belanja masyarakat berubah sehingga berjualan online akan menjadi ladang uang yang lebih menguntungkan dibandingkan biasanya.

    Bahkan jenis komoditasnya juga berubah. Jika umumnya hanya berkisar alat elektronik, gadget, fashion item maka kini hampir semua bisa dijual secara online. Termasuk pula Pulsa, Voucher Game, Token Listrik, sayur dan makanan sehari-hari. Karena itu, kamu wajib memanfaatkan momen ini dengan berjualan online dengan pilihan bisnis yang tepat.

    Peluang bisnis 2020 yang kita rekomendasikan adalah jualan pulsa, voucher game, Token Listrik dan Tagihan BPJS. salah satunya melalui Aplikasi Mybeb.com dimana aplikasi ini basicnya adalah sosial media dengan fitur pembayaran Tagihan yang lengkap, dengan menawarkan diskon bila kamu main sosial media di dalam aplikasi tersebut. Silakan Download Disini. memiliki bisnis yang berjalan dengan baik dan berkarakter adalah kunci. 

    Ini tentang bagaimana kamu cukup jeli melihat peluang bisnis lalu mengelolanya menjadi milik diri sendiri dan memanfaatkannya agar bisa menjadi momen yang menguntungkan.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: Saufi Ginting

    15 jam lalu

    AYAH

    Dibaca : 56 kali