x

Iklan

FANNI AJI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Juli 2020

Jumat, 3 Juli 2020 10:39 WIB

KKN Edisi Covid-19: Mahasiswa UM bantu Promosikan Desa Wisata Ngadirejo dengan Video Profil

Mahasiswa UM melakukan Promosi Desa Wisata

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang. Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur.  Air terjun yg lebih sering disebut coban, menjadi salah satu daya tarik wisata desa Ngadirejo. Terdapat dua coban di desa Ngadirejo yang menjadi primadona, yaitu coban jodo dan coban jidor. Selain wisata alam desa Ngadirejo juga memiliki kuliner yang khas hasil resep turun temurun yakni sambal bakar. Adanya pusat oleh-oleh turut menyempurnakan pengalaman berwisata di desa ini. Di samping potensi wisata alam, Desa Ngadirejo juga terkenal karena tanahnya yang cocok untuk menanam apapun, sebut saja perkebunan  seperti kopi, durian, tebu, pisang, singkong, dan lain sebagainya.

Kelompok KKN UM Edisi Covid-19 Desa Ngadirejo turut membantu mempromosikan desa wisata ini melalui program kerjanya berupa pembuatan video profil dan peta potensi desa. Video tersebut mengusung konsep dokumentasi dan pengenalan letak geografis, kegiatan atau mata pencaharian masyarakat desa, dan destinasi wisata. Menyorot Desa Ngadirejo yang dikelilingi hutan di bagian utara, timur, dan selatan.   Memperlihatkan UMKM warga desa seperti pembuatan kripik tempe sagu, kripik pisang, kripik singkong, kopi khas Ngadirejo, dan lainnya. Destinasi wisata alam di Desa Ngadirejo yang tak boleh luput dari kunjungan yakni coban jodo, coban jidor, coban singo, dan juga goa londo dan goa Ken Arok.. Selain itu, di dalam video profil juga ditampilkan aktivitas warga untuk mendukung Desa Ngadirejo menjadi desa tangguh COVID-19 yang berupa penyemprotan disinfektan.

Untuk membantu memberi arahan pengunjung dalam berwisata di desa ini mahasiswa membuat denah desa wisata dan potensi desa. Denah ini diserahkan kepada Perangkat Desa Ngadirejo pada Kamis (25/06/2020) dan diletakkan di bebrrapa tempat strategis yang cukup jelas untuk dilihat oleh pengunjung yg akan berwisata ke Desa Ngadirejo. Kepala Desa Ngadirejo, Muhamad Toib mengapresiasi program kerja ini. “Denah dan Profil desa ini sangat membantu, sehingga jika ada orang luar yang akan kesini tidak bingung lagi bisa langsung lihat denah desa” ungkapnya. Program kerja mahasiswa KKN UM Edisi Covid-19 Desa Ngadirejo ini diharapkan mampu menyebarluaskan daya pikat desa wisata ini baik dalam maupun luar negeri yang kemudian dapat meningkatkan pengunjung di desa Ngadirejo Jabung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik FANNI AJI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler