x

gambar icon buku

Iklan

X FAP

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juli 2020

Selasa, 14 Juli 2020 09:33 WIB

5 Macam Artikel Beserta Penjelasanya

lima jenis artikel yang sering kita baca setiap hari, artikel adalah suatu karya tulis yang dituliskan dengan panjang tertentu dan berisi fakta yang aktual, sehingga dapat membujuk, meyakinkan dan menghibur pembaca.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkan kalian membaca sebuah artikel? Jika iya apakah Anda mengetahui artikel jenis apa yang kalian baca?

Artikel adalah sebuah karya tulis yang dituliskan dengan panjang tertentu dan berisi fakta yang aktual dan informatif, sehingga dapat membujuk, meyakinkan dan menghibur pembaca.

Secara umum ada lima jenis artikel yang sering kalian abaca setiap hari, dan dari kelimanya memiliki penjelasan masing-masing sehingga dapat di bedakan setiap jenisnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hampir semua jenis tersebut memiliki kemiripan dari cara menulis artikel tersebut, namun dari isi artikelnya kita bisa membedakan artikel jenis apa yang kita baca.

Berikut ini 5 jenis artikel yang biasa kita baca setiap hari.

Jenis-Jenis Artikel

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel yang berupa karangan yang menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu hal/keadaan kepada para pembacanya. Sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan, melihat mendengar isi dari artikel deskripsi tersebut.

Contoh artikel deskripsi

Ruangan kerjaku sekaligus tempat tidurku sangat nyaman. Berukuran 7 x 8 meter sehingga sangat lapang dan nyaman ditempati. Saya melakukan bisnis online sehingga saya bisa melakukannya dimana saja termasuk di ruangan yang berada di lantai tiga ini. Terdapat kaca jendela besar menghadap ke timur sehingga saya bisa menikmati matahari pagi dan suasana pagi yang cerah. Tempat tidurku berada di pojok kamar menghadap ke selatan.

Saya memilih tempat tidur single bed supaya tidak memakan banyak tempat. Meja kerjaku menghadap langsung ke jendela supaya saya mendapatkan pandangan luas yang mungkin saja bisa memberiku inspirasi. Di pojok lainnya terdapat rak buku yang berisi koleksi buku favoritku mulai dari majalah, buku teks, biografi, novel, sampai non fiksi. Di sebelahnya juga terdapat televisi yang dilengkapi home theater bahkan Playstation 4 untuk hiburan sejenak. Di dekat tempat tidur terdapat lemari es kecil untuk menyimpan minuman dingin atau cemilan.

2. Artikel Narasi

Paragraf narasi atau cerita adalah suatu paragraf berisi laporan peristiwa runtut waktu, baik itu nyata maupun imajiner, yang disajikan dalam kata-kata tertulis atau lisan, gambar diam atau bergerak, atau keduanya. Narasi berasal dari kata kerja bahasa Latin narrare yang berarti “menceritakan” yang diturunkan dari kata sifat gnarus yang berarti “mengetahui” atau “terampil”. Berikut adalah contoh artikel narasi:

Hari ini adalah hari Minggu. Aku sangat bersemangat bangun pagi karena sekeluarga akan ke pantai Sanur. Aku langsung menyiapkan segala perlengkapanku. Keluargaku juga ikut sibuk. Setelah semuanya beres, kami pun berangkat. Aku menyanyi bersama adikku. Setelah satu jam, akhirnya kami tiba di pantai Sanur. Aku langsung menuju pantai dan bermain air bersama adik.

Aku sangat senang. Seolah-olah semua penat setelah ulangan umum seminggu lalu hilang. Setelah itu, aku berfoto ria bersama keluarga. Setelah matahari agak panas karena menjelang siang, kami pergi ke kamar mandi untuk berganti pakaian. Siangnya kami diajak makan di restoran ikan. Senang sekali rasanya.

3. Artikel Persuasi

Karangan ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu. Dalam persuasi penulis mengharapkan gerakan motorik dalam bentuk tindakan motorik yang dilakukan oleh pembaca menurut penulis direkomendasikan dalam esai.

contohnya:

Katakan tidak untuk obat menghemat energi untuk generasi mendatang Hutan sahabat kita hidup sehat tanpa rokok Membaca memperluas cakrawala Langkah menyusun persuasi: Menentukan topik / tema Merumuskan tujuan Mengumpulkan data dari berbagai sumber Mengembangkan garis mengembangkan lini menjadi persuasi buket.

4. Artikel Argumentasi

argumentasi memiliki arti alasan yang dipakai untuk memperkuat ataupun memperlemah pada suatu gagasan / pendapat.

tujuannya ialah untuk membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan data/fakta sebagai alasan/bukti. Di dalam artikel argumentasi, biasanya terdapat unsur opini, data serta fakta sebagai pendukung atau penyokong pada opini tersebut.

Berikut ini contohnya:

Keegoisan manusia serakah itu sudah menyebabkan alam marah kepada kita. Alam kini sudah tidak lagi sayang dengan kita karena banyaknya bencana-bencana yang mereka datangkan untuk kita. Kita bisa melihat sungai mulai membanjiri manusia dan menenggelamkan semua harta benda mereka. Banjir yang terjadi bukanlah salah sungai itu sendiri, melainkan manusia yang hidup di sekitaran sungailah yang menyebabkan itu terjadi.

Mereka membuang sampah sembarangan sehingga sampah menumpuk di sungai dan menyebabakan terjadinya pendangkalan sungai. Tak hanya itu, mereka juga banyak mendirikan bangunan di sekitaran sungai yang seharusnya menjadi daerah resapan air. Dangkalnya sungai dan juga hilangnya resapan air yang menyebabkan adanya banjir.

5. Artikel Eksposisi

Eksposisi atau exposition berasal dari kata expose (Inggris) yang artinya membuka, membongkar atau menyingkap lebih jelas. Nah, teks eksposisi artinya sebuah teks atau artikel yang mengandung informasi atau penjelasan-penjelasan dengan gaya yang singkat, padat, akurat dan mendalam.

contoh artikel eksposisi

Kebersihan dan kerapian lingkungan sekolah merupakan satu dari beberapa faktor penting dalam upaya menciptakan suasana nyaman bagi seluruh warga sekolah dan juga lingkungan sekitarnya. Setiap sekolah tentu selalu berupaya mewujudkan lingkungan yang bersih dengan mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Untuk menarik minat warga sekolah, terutama para siswa, maka sering kali dilakukan lomba kebersihan kelas dan kebun sekolah secara rutin dan berkelanjutan. Beberapa cara dan upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekolah, antara lain: membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, serta merawat kebun sekolah agar terlihat asri.

Penutup

Itu tadi lima jenis artikel secara umum, kebanyakan artikel memiliki fungsi untuk memberi subuah informasi yang dapat bermanfaat bagi pembaca.

Ikuti tulisan menarik X FAP lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler