Career Center UPH Bagikan Tips Persiapan Menghadapi ‘ Online Recruitment ‘ - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Aurelia Natasya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2019

Kamis, 16 Juli 2020 17:57 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Career Center UPH Bagikan Tips Persiapan Menghadapi ‘ Online Recruitment ‘

    Dibaca : 590 kali

    Kebijakan new normal akan segera diberlakukan seiring upaya pemulihan ekonomi. Tak dapat dipungkiri persiapan memasuki new normal dilakukan semua pihak, termasuk dalam perekrutan tenaga kerja di perusahaan yang  berubah menjadi online. Pergerakan ini juga diikuti  Career Center UPH untuk mempersiapkan  calon fresh graduates dengan memberikan pemahaman dan keterampilan menghadapi  perekrutan di masa new normal yang serba online.

    Berikut ini tips yang dibagikan Career Center UPH dalam webinar bertajuk “Online Recruitment Hack” yang diselenggarakan bersama PT Bank Central Asia, Tbk pada 11 Juni 2020.  Tips ini disampaikan oleh Laura Andiny Sutrisna – Assistant Vice President Human Capital Management BCA kepada hampir 200 peserta webinar.  

    Practice makes perfect! Untuk mengatasi grogi dan kekhawatiran, coba latihan memperkenalkan diri direkam video menggunakan handphone. Lihat dan evaluasi apa yang harus diperbaiki. Jangan ragu untuk meminta teman atau keluarga  melihat video dan memberi masukan.

    Tentukan lokasi yang ideal dan perangkat pendukung yang memadai. Pada hari H interview pastikan sudah siap di lokasi yang ideal untuk interview dengan koneksi internet yang baik dan minim distraksi.  Siapkan peralatan pendukung seperti earphone, sinyal, dan Laptop dengan kondisi terbaik.

    Pastikan hadir tepat waktu. Meskipun online, ketepatan waktu tetap jadi keharusan. Masuk ke platform meeting minimal 10-15 menit lebih awal. Sehingga jika ada kendala teknis, kandidat dapat memperbaiki terlebih dulu dan tentunya ini membuat diri lebih tenang. Penting juga memposisikan webcam sejajar dengan posisi interviewer, untuk memastikan pandangan mata kita terkontrol.

    Saat onine interview, kendalikan gesture sebagai komunikasi non-verbal kita. Eye contact, mata kita harus fokus, sesekali melihat ke webcam dan sesekali memperhatikan ekspresi dari interviewer di layar. Kemudian, ketika grogi pastikan kita tidak bergerak terlalu banyak, cukup gerakan tangan secukupnya. Posisikan diri tegak tapi tetap rileks, bahu terbuka lebar sebagai penanda kesiapan, kenakan pakaian rapih dan tampilan wajah yang fresh. Pastikan volume dan suara dapat didengar jelas, boleh dengan bertanya pada interviewer untuk memastikan.

    Strategi STAR (Situation, Task, Action, dan Result) untuk menjawab pertanyaan. Situation atau situasi, kandidat harus mendeskprisikan situasi yang ditanyakan interviewer dengan menjelaskan pengalaman yang ingin interviewer ketahui. Task, jelaskan peran atau tugas kita di situasi tersebut. Action, aksi yang kita ambil dalam mengatasi situasi itu, dan terakhir Result, hasil apa yang diperoleh dari aksi tersebut.

    Terakhir, Medical Check-up, tahapan ini terlihat sederhana. Namun harus disiapkan dengan baik karena tahapan ini bisa jadi celah kandidat ditolak. Jadi biasakan hidup sehat, minum air mineral, tidur, dan makan yang cukup. Medical check-up biasanya meliputi rontgen, blood and urine test, dan situasi saat ini memungkinkan perusahaan mengharuskan kandidat melakukan rapid test Covid-19.

    Selain mengadakan serial webinar, selama bulan Juni-Juli 2020 Career Center UPH juga bekerja sama dengan 95 pusat karir di perguruan tinggi seluruh Indonesia dalam ajang ‘National Virtual Career Expo’  untuk memfasilitasi para fresh graduate memasuki dunia kerja di masa pandemi. Upaya ini sebagai komitmen Career Center UPH mendukung mahasiswa dan alumni dalam proses pencarian karir dan penempatan kerja yang terbaik.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.