x

KKN UNS

Iklan

Sugarie Matcha

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juli 2020

Senin, 20 Juli 2020 16:46 WIB

Mahasiswi KKN UNS Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19

Mahasiswi KKN UNS Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia membawa banyak dampak terhadap aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah perubahan sistem pendidikan di Indonesia. Covid-19 membuat Universitas Sebelas Maret merubah sistem pendidikan menjadi daring (online). Termasuk kegiatan KKN yang semula dilaksanakan secara berkelompok dengan menerjunkan langsung mahasiswa ke lapangan menjadi KKN individu yang dilaksanakan secara daring di domisili masing-masing peserta KKN.

Mahasiswi KKN UNS Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

KKN UNS Tanggap Bencana Covid-19 adalah program pengabdian masyarakat yang dibuat khusus pada masa pandemi Covid-19. UNS memberi dukungan terhadap mahasiswa yang ingin membantu memecahkan masalah serta memberi solusi kepada masyarakat terkait Covid-19. Peserta KKN yang disebut Relawan Covid-19 akan mensosialisasikan hal-hal yang akan mengedukasi masyarakat disekitar tentang wabah yang sedang terjadi.

Salah satu mahasiswi UNS dengan nama lengkap Regina Ayu Firsta Ariani menjadi peserta KKN UNS Tanggap Bencana Covid-19 Batch III. Ia merupakan mahasiswi Fakultas Seni Rupa dan Desain, Jurusan Seni Rupa Murni. Dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Sahirul Alim Tri Bawono, S.Kom., M.Eng., Regina sebagai relawan Covid-19 melaksanakan kegiatan KKN di Perumahan Melati Wonorejo, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Banner himbauan untuk memakai masker

 

Poster tentang cara mencegah Covid-19

KKN ini dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 45 hari dengan mengambil tema “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19”. Regina menyusun beberapa program kerja untuk mengedukasi warga sekitar terkait Covid-19 seperti banner, poster, pamflet, video, serta pembagian masker gratis.

Poster yang berisi info gejala dan cara pencegahan Covid-19 serta penjelasan mengenai OTG, ODP, PDP dipasang di lokasi strategis sekitar perumahan agar mudah dibaca. Banner dengan himbauan untuk memakai masker dipasang agar warga ingat untuk selalu memakai masker saat bepergian.

Pamflet tentang social distancing dan cara mencuci tangan dibagikan bersamaan dengan masker gratis kepada warga perumahan. Video tentang cara mencuci tangan dan video kreatif disebarkan melalui grup WhatsApp sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Ikuti tulisan menarik Sugarie Matcha lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler