x

pembuatan video profile UMKM Keripik Singkong

Iklan

Widita dwi Kasitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2024

Rabu, 8 Mei 2024 07:53 WIB

Pemanfaatan E-Commerce Shopee Dalam Mendorong UMKM Menjadi Lebih Berkembang

Dalam era digitalisasi ini Shopee memberikan fitur-fitur penjualan yang dapat mendorong UMKM di indoneis lebih berkembang. dapat menjangkau dalam negeri dan juga luar negeri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di zaman sekarang teknologi berkembang dengan cepat, dan hampir terjadi pada semua bidang mengalami perubahan. Salah satunya yaitu penjualan melalui internet atau yang disebut online shop. Sekarang banyak e-commerce ternama salah satunya Shopee. Shopee merupakan sebuah platform online yang memberikan kemudahan transaksi jual beli barang. Banyak produk yang ditawarkan di platform ini, mulai dari ponsel, peralatan olahraga, pakaian, minuman, produk kecantikan, makanan serta masih banyak lagi.  

Shopee bergerak aktif di akhir Juni 2015. Walaupun baru tetapi perkembangan shopee sangat laju, hal ini dibuktikan dengan besaran transaksi shopee. Pada tahun 2018 tertulis sebesar 39,4 triliun. Aplikasi shopee juga telah di instal sebanyak 74 juta melalui app store dan play store.  

Menurut teori pertumbuhan (menurut WW.Rostow dalam Todaro 2006) munculnya e-commerce di Indonesia memiliki dampak pada masyarakat dalam melakukan transaksi online, dengan adanya e-commerce dapat memberikan dampak positif dalam bidang ekomomi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu faktor yang membuat shopee digemari masyarakat yaitu kenyamanan pelanggan dengan berbagai cara. Shopee telah menyederhanakan proses transaksi, menawarkan ulasan dan rekomendasi yang memberikan dukungan dan layanan bagi penjual dan pembeli. Dengan menjamin transasksi yang aman dan nyaman merupakan hal yang penting dalam belanja online. Ini semua yang menjadikan shopee sebagai pilihan e-commerce yang tepat.

Shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang mendorong Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hadirnya shopee menjadi jembatan perdagangan digital yang membantu UMKM dalam negri maupun luar negeri dalam mengakses pasar. Seperti saat pandemi shopee dapat menjadi salah satu jalan UMKM untuk terus berkembang. Saat pandemi terdapat banyak pembatasan yang diberlakukan, dalam hal ini shopee menjadi penyelamat bagi UMKM untuk terus mengembangkan usahanya.

Dengan fasilitas yang disediakan oleh Shopee, UMKM dapat berkomunikasi dengan pelanggan, mengatur jasa pengiriman, mengunggah daftar produk dan masih banyak lagi. Fasilitas ini diberikan untuk membantu keberlangsungan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Shopee juga menjadi mitra yang handal dalam memahami kebutuhan UMKM di Indonesia agar terus berkembang.

Selanjutnya, Shopee memiliki dampak sosial yang baik karena menciptakan berkembangnya UMKM dan peluang pekerjaan baru yang dapat mengurangi tingginya pengangguran di Indonesia. Pendapatan masyarakat meningkat sebagai hasil dari kesuksesan UMKM yang mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Peningkatan penjualan, ekspansi pasar, pengembangan bisnis, peningkatan profitabilitas, kemudahan memanajemen dan berkembangnya merk adalah salah satu pencapaian paling terlihat setelah bermitra dengan shopee.

Shopee juga memiliki beberapa inovasi dalam melakukan penjualan, dengan berbagai promosi yang tersedia di Shopee, penjual dapat melakukan promosi produk mereka dengan lebih efektif. Dan fitur seperti “flash Sale” dan “Voucher Diskon” yang dapat menarik pembeli.

Permasalahan utama yang dihadapi UMKM menuju digitalisasi yaitu masih rendahnya sumber daya manusia dan akses teknologi yang belum merata sehingga membuat pemula yang ingin bermitra dengan shopee kewalahan. Terdapat beberapa cara untuk mempermudah pengelolaan penggunaan platform e-commerce, seperti melihat petunjuk bagaimana cara untuk membuat akun shopee, Langkah- Langkah membuka toko online, promosi, petunjuk pengelolaan, pengiriman, dan menanyakan melalu fitur chat terhadap shopee. Dengan berbagai cara tersebut dapat mempermudah pengguna UMKM untuk mengelola platform e-commerce. Karena dengan berkembangnya UMKM dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Widita dwi Kasitasari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler