x

Iklan

Roman Lesmana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Juni 2020

Senin, 20 Juli 2020 16:58 WIB

Ketahanan Pangan Terjaga, Pertumbuhan Ekonomi Berjaya

Kontribusi perusahaan-perusahaan Nasional dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional yang berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kulihat ibu pertiwi, sedang bersusah hati…”

Potongan lirik lagu berjudul Ibu Pertiwi itu dirasa tepat untuk menggambarkan kondisi Indonesia sekarang ini. Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret mengganggu banyak sekali sektor-sektor yang menyokong kehidupan masyarakat, termasuk diantaranya sektor pertanian.

Sektor pertanian menjadi sorotan karena memiliki kaitan erat dengan ketahanan pangan nasional. Tentunya pada masa pandemi yang sulit seperti sekarang ini ketahanan pangan menjadi sesuatu yang harus diupayakan untuk menghindar dari krisis pangan yang seakan menghantui Indonesia.

Meskipun menurut data yang dilansir dari Badan Pusat Statistik Kementrian Pertanian stok pangan nasional diprediksi akan mengalami surplus hingga bulan Juni 2020, namun hal ini bukan berarti bahwa Indonesia serta merta terbebas dari ancaman krisis pangan yang bisa terjadi dimasa mendatang. Ditambah lagi, masa pandemi Covid-19 yang belum pasti akan berakhir kapan memiliki dampak yang sangat terasa di bidang pertanian.

Hal tersebut jelas mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional, untuk itu perlu adanya strategi dan implementasi khusus guna menjaga pertumbuhan ekonomi nasional lewat penguatan sektor ketahanan pangan.

 

ketahanan pangan

Pupuk Kaltim turut serta memberikan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dengan mengedepankan tata kelola perusahaan yang excellence serta inovasi berkelanjutan. Karena itu, perusahaan yang dipimpin Bakir Pasaman, mendapat apresiasi dari BUMN Track dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020, Kamis (9/7).

Diketahui, Pupuk Kaltim meraih tiga penghargaan dalam ajang tersebut, yaitu Terbaik I Kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG), Terbaik I Kategori Inovasi Bisnis dan yang membanggakan adalah The Best CEO Driving Execution Anak Perusahaan BUMN Terbaik.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman, menyebut bahwa  perusahaannya  mampu memberikan visi, formulasi strategi, driving strategy, passion dalam SDM yang unggul, serta leading change dalam memimpin Pupuk Kaltim.

“Kinerja unggul yang menunjukkan peningkatan kontribusi kepada negara secara signifikan dari tahun ke tahun, membuat Pupuk Kaltim terus berupaya meningkatkan kinerja untuk mencapai realisasi target yang ditetapkan,” kata dia, dalam keterangan yang diterima, Senin (20/7/2020).

“Hal ini menjadi budaya Perusahaan dengan berbagai inovasi yang didukung SDM unggul di seluruh unit kerja,” kata Bakir.

Dia mengatakan selain menekankan inovasi dan efisiensi di segala bidang, Pupuk Kaltim semakin mengukuhkan diri sebagai salah satu industry leader tanah air melalui sejumlah terobosan. Bahkan keberhasilan Produk Pupuk Kaltim telah mendapat penghargaan dalam ajang SNI Awards oleh Badan Standarisasi nasional (BSN).

“Seluruh capaian tersebut didasari komitmen Pupuk Kaltim pada berbagai sektor, baik dalam penerapan aktivitas bisnis Perusahaan, hingga lingkungan dan masyarakat,” tutur Bakir.

Lebih lanjut, dalam kulitas mutu, pihaknya berkomitmen untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi sesuai dengan standar SNI secara konsisten dan berkelanjutan dengan dibuktikannya menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang meraih Appreciation for Maintaining Grand Platinum (tertinggi) dalam ajang SNI Awards 2019, yang digelar oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).

“Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen yang tinggi dalam menerapkan SNI secara konsisten dan berkelanjutan, serta mampu mengembangkan inovasi yang signifikan untuk pengembangan bisnis berkelanjutan,” ucap Bakir.

Sementara itu, dalam kancah industri pupuk dunia, Pupuk Kaltim juga meraih Gold Medal dalam ajang International Fertilizer Association (IFA) Industry Stewardship Champions di Versailles Prancis pada 2019. Penghargaan ini juga menjadi kebanggan sebab pada 2016, Pupuk Kaltim menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang meraih sertifikat IFA Protect and Sustain.

Produk-produk Pupuk Kaltim telah diakui dunia internasional, melalui ajang IFA Industry Stewardship Champions di Versailles Prancis pada 2019.

“Melalui penghargaan ini, Pupuk Kaltim mensejajarkan posisi dengan perusahaan kelas dunia,” terang Bakir.

Selain itu, Pupuk Kaltim menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang meraih penghargaan Indi 4.0 atas dukungan terhadap impelemntasi Making Indonesia 4.0. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada 2019.

Pupuk Kaltim

Sambungnya, dalam ajang yang sama, Pupuk Kaltim juga berhasil mempertahankan predikat World Class Global Performance Excellence Award (GPEA), serta Senior Leadership Commitment to Quality APQO International Individual Awards (AIIA) 2019 kepada Bakir Pasaman, atas kinerja kepemimpinan yang dinilai berkomitmen terhadap kualitas dan mutu produk melalui penerapan inovasi berkelanjutan di lingkungan Perusahaan.

Peningkatan daya saing juga tercapai secara signifikan, ditunjukkan melalui inovasi dan penghargaan berskala nasional maupun internasional, termasuk penerapan digitalisasi dengan menempatkan IT sebagai transformer. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya berbagai peng-hargaan dalam bidang IT. Salah satunya adalah keberhasilan Pupuk Kaltim menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang meraih penghargaan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) dari Kementerian Perindustrian RI pada 2019, atas dukungan terhadap implementasi Making Indonesia 4.0.

“Pengembangan teknologi berbasis informasi digagas sebagai langkah efisiensi sekaligus peningkatan daya saing Perusahaan di kancah nasional maupun global,” katanya.

Sementara itu, dengan menjalankan strategi andal melalui integrasi inovasi, HR strategy dan digital transformation secara terpadu dan sistematis mengantarkan Pupuk Kaltim meraih predikat Excellence dengan rating AA, pada ajang HR Excellence Awards 2020 kategori Learning and Development Strategy dan HR Transformation.

“Capaian ini melihat perjalanan transformasi bisnis Perusahaan yang lekat dengan manajemen modern, khususnya di era industri 4.0 yang diterapkan melalui sejumlah strategi dalam meningkatkan daya saing perusahaan di kancah global,” kata Bakir.

Pupuk Kaltim juga terus mengedepankan aspek continous improvement dan inovasi di segala bidang, khususnya dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Creating Shared Value (CSV) secara berkelanjutan, turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tak hanya realisasi target, namun juga pembinaan masyarakat melalui CSR juga terus dikembangkan pada berbagai bidang,” terang Bakir. Inovasi di berbagai bidang juga turut menjadi komitmen Pupuk Kaltim. Setiap tahun Pupuk Kaltim terus mengembangkan berbagai aplikasi untuk menunjang kinerja Perusahaan, sebagai langkah inovasi yang sejalan konsep digitalisasi industri 4.0. “Semua ini untuk mendorong efisiensi sekaligus peningkatan nilai tambah dan daya saing Pupuk Kaltim sebagai salah satu perusahaan petrochemical industry bertaraf internasional,” tuturnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Roman Lesmana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu