x

Ilustrasi makanan beku. Pixabay

Iklan

Jazmi STOICA365

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juli 2020

Kamis, 23 Juli 2020 07:31 WIB

Kiat-kiat Memilih Katering Murah dan Tetap Berkualitas

Ingin memesan catering tapi dana terbatas? Tenang, ada banyak cara memilih catering murah tapi tetap berkualitas. Ikuti terus artikel ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demi suksesnya acara syukuran, pernikahan, hajatan, atau acara penting lainnya, konsumsi menjadi bagian paling penting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk acara apapun, mau besar atau kecil, kesuksesan dinilai dari konsumsi yang tersaji. Karena konsumsi inilah yang paling ditunggu-tunggu tamu undangan.

Kalau tamu undangan terpuaskan dengan menu yang disediakan, kita bisa katakan acara berlangsung dengan sukses. Tapi sebaik apapun semua persiapannya, akan dikatakan gagal kalau menu makanan tidak mampu memanjakan lidah para tamu. Karena itu wajib bagi kita untuk mempersiapkan jamuan makan dengan penuh perhitungan.

Tapi jangan berpikir menu yang nikmat itu harus mahal. Tidak semua mampu menyediakan makanan berharga mahal, lho. Bahkan banyak juga yang menyediakan menu mewah dengan harga mahal, tapi tetap gagal memuaskan selera tamu undangan. Jadi jangan terjebak dengan harga mahal, ya!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, untuk yang dompetnya pas-pasan jangan khawatir, konsumsi dengan menu biasa-biasa bisa jadi istimewa kalau diolah tangan-tangan terampil. Solusinya, kita mesti pintar-pintar memilih jasa catering murah tapi tidak murahan.

Lalu gimana kiat memilih catering murah tapi memiliki menu dan pelayanan berkualitas? Apakah harga saja yang perlu dipertimbangkan? Ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Cari yang reputasinya bagus

Yang pertama, kita perlu memperhatikan reputasi jasa katering tersebut. Pastikan mereka memiliki track record yang sangat baik di mata masyarakat. Ibarat pepatah, jangan memilih kucing dalam karung.

Untuk mendapat penilaian objektif, sebaiknya ada 3 atau 4 kandidat jasa katering. Setelah itu kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan bandingkan satu per satu.

Reputasi jasa katering bisa dilihat dari pendapat orang. Kamu bisa cari informasi dari orang terdekat. Apakah dari kawan, saudara, atau tetangga yang pernah memakai jasa katering.

Referensi seperti bisa membantu kita dalam memutuskan. Cara lainnya bisa dengan melihat testimoni di media sosial dan pastikan mendapat rating bagus.

Semakin banyak yang memberi penilaian baik, berarti jasa catering tersebut memang sudah teruji kualitasnya dan pantas dijadikan kandidat.

2. Kelezatan rasa

Kebanyakan orang Indonesia sangat perhatian dengan rasa. Bahkan cenderung lebih mengedepankan makanan yang bersahabat dengan lidah dibanding makanan sehat. Karena itu jangan pernah melupakan rasa.

Nah agar tahu rasa produk yang dihasilkan para chef di jasa katering tersebut, sempatkan untuk melakukan food testing alias uji coba makanan. Caranya dengan mencicipi beberapa produk makanannya.

Kalau sekedar ingin tahu rasa, mungkin kamu bisa datang ke kantornya atau ke acara wedding exhibition. Di ajang pameran tersebut ada banyak jasa katering yang mempromosikan perusahaannya.

Tapi kalau ingin tahu rasa secara keseluruhan, kita bisa minta izin untuk datang ke acara yang ditangani jasa katering tersebut.

Tentu saja kita harus minta izin terlebih dulu. Karena ini berhubungan dengan jumlah porsi yang disediakan tuan rumah. So, jangan sampai berbuat dzolim dengan datang tanpa izin, ya!

3. Jam terbang

Katering dengan jam terbang tinggi tentu lebih mampu menangani acara dalam berbagai situasi atau di luar prediksi. Misalnya, kalau yang datang lebih banyak dari yang kita prediksikan. Mungkin saja ada tamu yang datang bersama keluarga atau teman-temannya.

Katering berpengalaman pasti sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut. Yaitu dengan menyiapkan jumlah porsi berlebih.

Karena sering terjadi lho jasa katering yang hanya menyediakan makanan dalam jumlah pas. Akibatnya, tuan rumah kelabakan begitu tahu yang datang sangat banyak. Kita pasti gak mau terjadi seperti ini, kan?

4. Jenis menu yang bervariasi

Umumnya jasa katering sudah memiliki paket tertentu. Dan kita bisa memilih salah satu dari paket yang tersedia. Tapi mungkin selera tiap orang berbeda-beda.

Bagaimana kalau dalam satu paket itu ada menu yang tidak disuka? Apakah kita bisa request menu sendiri?

Karena itu, akan lebih baik kalau jasa katering tidak kaku dalam menyediakan paket menu makanan. Walaupun ada menu paketan, akan lebih nyaman kalau kita diberi kebebasan dalam pemilihan menu.

Karena hal ini berhubungan juga dengan ketersediaan budget lho. Katakanlah anggaran kita tidak mencukupi, seharusnya pihak catering memiliki solusi. Misalnya dengan tidak memesan makanan tertentu atau mengganti dengan jenis makanan lain yang lebih murah.

5. Service

Rasa masakan dan popularitan bisa saja jadi prioritas utama memilih jasa katering. Tapi jangan lupakan juga dengan pelayanan yang diberikan pada konsumen. Karena semua orang pasti ingin mendapat pelayanan terbaik.

Meski katering tersebut sudah punya nama, tidak ada alasan untuk tidak memberi pelayanan maksimal. Termasuk pada calon konsumen yang baru nanya-nanya dan belum benar-benar menggunakan jasanya.

Jadi kalau ingin tahu kualitas pelayanan, kita bisa menilai sejak pertama kali menghubungi. Apakah jasa katering memberi sambutan ramah, welcome, dan sabar?

Lalu perhatikan juga bagaimana juga dengan kesigapan dalam menjawab pertanyaan kita. Kalau mereka antusias dan responsif, menjadi tanda pelayanan jasa katering bakalan memuaskan.

Tapi kalau sejak awal aja sudah tidak melayani dengan baik, bagaimana nanti kalau melayani para tamu undangan di acara kita? Jangan sampai kita kecewa gara-gara pelayanan buruk.

6. Ada garansi dan bonus

Memakai jasa katering bukannya tanpa risiko lho. Karena kita baru bisa tahu kualitas yang sebenarnya setelah acara selesai.

Biasanya urusan katering akan menghabiskan budget terbesar dalam suatu acara. Karena itu wajar kalau jasa catering memberi garansi seandainya konsumen tidak mendapat pelayanan yang semestinya.

Garansi juga diperlukan kalau ada pihak dirugikan yang diakibatkan kelalaian pihak catering. Misalnya makanan yang disajikan membuat tamu keracunan dan sakit.

Selain garansi, ada baiknya juga memesan ke jasa katering yang bersedia memberi bonus menu tambahan. Jasa katering biasanya bersedia menambahkan bonus. Terlebih untuk konsumen yang memesan makanan dalam jumlah banyak.

Contohnya untuk katering pernikahan. Tambahan bisa berupa snack ringan, jajanan, buah, atau minuman yang kita dapatkan secara gratis.

7. Tidak terlalu banyak order

Sepertinya sudah biasa sebuah perusahaan katering mendapat beberapa order dalam satu hari. Tidak ada yang salah dan hal ini sah-sah saja.

Justru banyaknya order membuktikan jasa katering tersebut mendapat kepercayaan dari masyarakat. Tapi menerima terlalu banyak order di satu waktu juga bisa jadi masalah.

Sebagus-bagusnya jasa katering akan keteteran kalau order terlalu banyak. Akibatnya, pelayanan bisa kurang maksimal.

Dan ini bisa berakibat buruk untuk acara kita. Misalnya makanan jadi kurang lezat, terburu-buru dalam memasak, terlambat mengantar pesann, dan akibat buruk lainnya. Nah kita tentu tidak ingin ini terjadi kan?

Karena itu perlu juga meminta informasi jumlah order pada hari itu. Kalau kira-kira over capacity, ada baiknya memprioritaskan jasa catering lainnya.

8. Harga

Bicara soal biaya katering, boleh dibilang akan menghabiskan anggaran terbesar dalam suatu acara. Dan kalau tamu yang diundang banyak, otomatis biaya catering juga ikut membengkak.

Kalau tuan rumah berasal dari keluarga berada, mungkin biaya bukan masalah besar. Lain halnya bagi yang budgetnya pas-pasnya. Tentu saja mesti lebih hati-hati dalam penggunaan uang.

Bahkan sangat disarankan untuk lebih berhemat. Bukan berarti pelit, tapi kondisi mengharuskan kita untuk mengatur keuangan sebaik mungkin. Hal ini agar acara bisa berlangsung lancar dan membahagiakan semua tamu undangan.

Nah untuk bisa dapat jasa catering yang sesuai dengan kondisi keuangan, sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Hanya dibutuhakan sedikit usaha dan ketelatenan.

Salah satu caranya dengan searching daftar harga paket katering yang ada di internet. Biasanya jasa catering memiliki medsos atau website perusahaan.

Di halaman website itulah kamu bisa dapat informasi akurat mengenai daftar harga. Kamu bisa bandingkan daftar harga antara satu jasa catering dengan yang lainnya.

Kalau dilihat-lihat ada beberapa jasa catering yang menunya mirip-mirip tapi harganya beda, sudah tahu kan harus memilih yang mana? Untuk apa bayar mahal kalau menunya sama.

Selain itu, kita mesti pintar-pintar negosiasi harga alias pandai menawar. Namanya juga jual beli, sah-sah saja kan kalau kita ingin mendapat harga terbaik.

Kalau jumlah yang dipesan sangat banyak, biasanya jasa catering bisa memberi diskon. Kalaupun harga paket catering tidak turun, setidaknya pihak catering bersedia memberi benefit lainnya.

Misalnya menambah jumlah porsi, memberi snack dan minuman tambahan, atau layanan lainnya secara gratis. Nah agar biaya catering bisa lebih ngirit lagi, ternyata ada cara lainnya lho. Yuk ikuti beberapa cara ini.

-Jeli menghitung jumlah porsi

Biaya catering pasti berhubungan dengan jumlah porsi yang dipesan. Karena itu sebaiknya kita benar-benar jeli menghiting jumlah porsi agar tidak melebihi budget.

Dan ini berlaku untuk jenis catering apa saja.

Untuk yang hendak menikah, umumnya jumlah porsi dihitung dengan rumus jumlah undangan dikali 2. Nah agar lebih hemat, jumlah tersebut bisa dikurangi 20%. Karena boleh jadi tidak semua tamu datang berdua.

Begitu juga kalau ingin memesan catering harian untuk diet. Perhatikan berapa kali kita mesti memesan makanan ke catering.

Kalau budget terbatas, kita bisa pesan menu untuk makan siang saja. Atau mungkin untuk makan siang di hari-hari tertentu saja. Ngirit kan?

-Jeli memilih paket

Cara lain untuk menghemat budget adalah dengan jeli memilih paket. Biasanya jasa catering sudah memiliki paket menu dengan harga fix.

Untuk yang dananya terbatas, rasanya kurang bijak kalau kurang jeli dalam memilih menu makanan. Kalau memilih menu mahal tapi jumlahnya sedikit, khawatirnya akan ada tamu yang tidak sempat mencicipi hidangan.

Solusinya, sebaiknya sesuaikan pemilihan menu dengan ketersediaan dana. Misalnya saja jasa catering tersebut menawarkan paket spesial dengan harga 2 juta yang berisi 100 porsi.

Agar semua kebagian, kita bisa saja memilih paket yang harganya 2 juta tapi bisa mendapat 140 porsi.

-Acara di malam hari

Pilihan waktu ternyata bisa mempengaruhi pada biaya konsumsi lho. Kalau mengadakan acara di siang hari, biasanya jumlah porsi yang diperlukan lebih banyak.

Wajar saja, karena di siang hari hasrat makan kita sangat tinggi. Nah untuk mengurangi porsi, acara bisa diadakan malam hari.

Misalnya di setelah jam 7 malam. Di jam-jam tersebut orang akan berpikir dua kali untuk makan dalam jumlah banyak. Apalagi bagi tamu undangan yang menjalani program diet atau ada pantangan makan di malam hari.

-Rekanan gedung

Tips terakhir ini bisa dilakukan bagi yang ingin mengundang tamu dalam jumlah banyak dan harus menyewa gedung. Misalnya di acara pesta pernikahan.

Untuk jasa catering non rekanan gedung, biasanya ada charge dari pengelola gedung. Nah charge inilah yang membuat kita mesti membayar jasa catering lebih mahal.

Kalau ingin lebih hemat, pastikan dulu jasa catering tersebut masuk sebagai rekanan gedung dan mendapat fasilitas bebas charge.

Nah demikian tadi 8 hal yang mesti diperhatikan dalam memilih catering serta kiat-kiat meminimalkan budget. Jadi, jangan bingung lagi dalam memilih jasa catering murah dan berkualitas ya.

Baca Referensi Lainnya mengenai katering di lyfwell.com

Ikuti tulisan menarik Jazmi STOICA365 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB