Digital Marketing untuk Pembukaan Restoran (UMKM) - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Tata letak meja dan kursi di Restoran Fiesta Hotel Sari Pacific, Jakarta. Foto: Antaranews

Miko Hendra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2020

Minggu, 26 Juli 2020 06:52 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Digital Marketing untuk Pembukaan Restoran (UMKM)

    Dibaca : 490 kali

    System Revolusi Digital Dalam Bisnis Restoran 

    Tipikal Klien

    Untuk restoran yang baru akan buka dan memulai usaha dalam menawarkan digital marketing yang masih awam dengan fungsi digital marketing dalam penghasilan, tentunya akan sedikit sulit. Pendapat mereka makanan berkualitas dan enak, harga bersahabat, dan lokasi yang ramai dan strategis sudah cukup. Yang harus dilakukan adalah mengenal mereka dengan: 

    I Identifikasi

    Klien terbagi dari beberapa tipe dalam memilih project hal pertama pastinya budget yang dikeluarkan, yang kedua dengan latar belakang atau pengalaman yang kita punya atau juga infromasi yang disampaikan yang kurang jelas. Bahkan ada juga berdasarkan impresi pertama dari situ kita harus terus memberikan penjelasan agar klien memberikan kesempatan kita untuk menjelaskan kelebihan dan keuntungan klien. Dan tindakan yang bisa di lakukan adalah:

    1. Identifikasi masalah dengan mengananalisa penilaian kekurangan, apakah itu impresi atau objective yang menjadi keperluan mereka yang belum terpenuhi
    2. Berikan katalog sebanyak-banyaknya dalam memberikan referensi atau keunggulan kita sebagai perusahaan
    3. Membangun emotional dengan client itu sangat penting memberikan ice breaker sebagai jembatan kedekatan kita dengan client, dan biasanya pemilihan bahasa kita agar lebih di mengerti pada saat presentasi
    4. Lebih menjelaskan lagi pengalaman kita dan strategy kedepannya akan seperti apa baik secara bisnis atau projection kedepannya
    5. Dari yang terpenting keuntungan klien harus di utamakan secara concept

    Cobalah dengan bisa meyakinkan dan menjelaskan secara strategy bisa dimulai dengan marketing mix: the right place, the right product, the price and the right promotion dari ke empat element ini pasti akan adanya kelemahan. Berikan petunjuk dalam membuat projection pun yang bisa kita ditentukan, dengan efficiency cost yang hanya menggunakan digital atau teaser dari influencer sampai dengan pembukaan restoran sampai dengan menggunakan strategy press conference. Dari situ bisnis sebagai penjual jasa pun meluas tidak hanya sebagai digital marketing tapi juga consultant secara promosi. In details:

    II Strategy and Time Plan

    Menawarkan strategy secara basic sampai dengan ads, membuat strategy time plan dan social media plan. Kerangka business yang dibuat menjadi acuan dalam membentuk tone manner dan brand image. Sebagai penokohan yang diangkat sampai dengan mapping area iklan 

    III Influencer

    Rekomendasi yang diharapkan terhadap keberhasilan suatu produk dari suatu kualitas, dengan test food melalui blogger dengan berharap followers nya pun ikut mencoba pada saat dibukanya restoran.

    Makanan Crispy

    IV Penokohan atau maskot

    Biasanya brand akan di lebih terangkat dari penokohan atau mascot maka diberikan synopsis cerita. Ceritakan dengan ceritanya sama dengan yang di alami calon pelanggan Dari situ emotional penonton tentu nya sudah terbangun terbawa dengan kesamaan cerita yang dialami 

    V Ads

    Kenalkan produk yang dikenalkan adalah produk dengan ads, bila produk makanan yang sangat khas strategy bisa dilakukan secara umum tentunya dengan mapping area yang menjadi masalah apabila makanan yang umum disetiap daerah pasti ada kesamaan produk makanan tersebut. Ide nya adalah dengan membuat iklan yang memperkuat wilayah sekitar dengan bermain radius  Dalam strategy beriklan melalui penokohan tersebut sampai dengan pembukaan.

    VI Press Conference

    Mempersiapkan release sebagai penjelasan produk dan restoran tersebut sampai dengan strategy media yang di undang pun lebih banyak media electronic sebagai backlink terhadap Search Engine Optimize

    VII Join Partner

    Untuk take away tentunya berkerja sama dengan layanan pesan antar dari fasilitas yang sudah tersedia seperti Go-jek atau Go Food, untuk review disediakan google business dan zomato, untuk paket discount bisa dimulai berkerja sama dengan provider

    VIII Feedback

    Sebagai produk makanan tentunya harus menjaga kualitas, dengan evaluasi dari review di dapat sampai dengan mengukur seberapa strategy yang dicapai

    IX Solusi

    Kita juga harus mencari kekurangan dan selalu memberikan solusi, dengan penjelasan lengkap melalui kelebihan dan kekurangan, tentu nya harus dipersiapkan dengan jawaban yang tepat atas kekurangan tersebut.  Slogan untuk sempurna itu sudah biasa, tapi berusaha untuk sempurna sesuatu hal yang luar biasa. Bisa dijadikan pedoman dalam berbisnis apalagi dalam jasa. Dengan berjalan nya waktu kita harus tanggap dalam menghadapi masalah tanpa melihatkan suatu kekurangan tapi menjadikannya suatu kelebihan dalam hal service.

    Kesimpulan

    Melalui strategy yang tepat dan pendekatan yang sesuai terhadap klien, projection dan target pun tercapai, dari kepercayaan klien tentunya harus kita jaga dengan selalu berpikir lebih dari yang klien berikan. Tentu nya dari hasil tersebut akan membuahkan hasil berharap referensi yang ditawarkan ke perusahaan atau umkm lain nya tanpa harus kita menjemput bola atau memasarkan jasa atau barang yang di tawarkan. Karena keberhasilan dan strategy plan yang sudah teruji ataupun service yang ditawarkan lebih dari ekspektasi, produk yang ditawarkan pun bisa menguntungkan                


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.