Manfaat eCommerce untuk Pemilik Bisnis - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ridho Nastainullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2020

Jumat, 31 Juli 2020 11:30 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Manfaat eCommerce untuk Pemilik Bisnis

    Dibaca : 357 kali

    Anda tahu pasti ingin menjadi pengusaha. Anda telah bermimpi tentang menjalankan bisnis Anda sendiri sejak Anda masih kecil. 

    Tapi Anda belum benar - benar mengetahui detailnya. Anda memiliki banyak keputusan untuk dibuat karena ada banyak jenis bisnis di luar sana. 

    Kategori besar dan menguntungkan yang pasti ingin Anda pertimbangkan adalah eCommerce.

    eCommerce adalah setiap pembelian dan penjualan yang terjadi secara online. Baik itu barang atau jasa, untuk orang-orang atau bisnis lain jika suatu transaksi terjadi secara online, itu dianggap sebagai eCommerce.

    Ini adalah kategori yang luas dan semakin populer sejak pilihan untuk membeli barang secara online pertama kali tersedia. Pikirkan saja berapa banyak pembelian terakhir yang Anda lakukan terjadi di situs web.  

    10 Manfaat eCommerce untuk Pemilik Bisnis

    Ada beberapa alasan utama pengusaha baru mungkin ingin pergi ke bisnis online ketika memulai. 

    1. Biaya Awal Rendah.

    Secara tradisional, hambatan terbesar untuk masuk bagi pemilik bisnis baru adalah biayanya. Memulai bisnis baru membutuhkan investasi. Dan jika Anda akan menyewa etalase toko, menyimpannya, dan merekrut staf untuk hadir setiap kali dibuka, Anda membutuhkan investasi yang besar

    Bagi banyak pemilik bisnis baru, bahkan mungkin untuk memulai bisnis eCommerce menggunakan tabungan Anda sendiri. Jika rencana Anda sedikit lebih ambisius, Anda mungkin perlu mengambil pinjaman kecil. Namun demikian, jumlah risiko yang Anda ambil jauh lebih kecil dibandingkan dengan bisnis batu bata dan mortir. 

    Tetapi memulai bisnis eCommerce juga jauh dari gratis. Anda masih harus membutuhkan hosting, perangkat lunak e-niaga dan nama domain minimum. 

    Anda juga mungkin ingin mempekerjakan seorang profesional berpengalaman untuk membantu dengan branding Anda, SEO (Serach Engine Optimization), dan taktik pemasaran online lainnya untuk membantu bsinis Anda berkembang. Dan mempekerjakan jasa seorang pengacara dan akuntan akan menjadi penting untuk memastikan Anda menutupi semua persoalan Anda ketika datang ke pajak dan hukum.

    Tetapi bahkan setelah Anda menerapkan semua hal itu, jumlah yang akan Anda keluarkan jauh lebih sedikit daripada biaya real estate dan staf full time. 

    2. Menjalankan Bisnis dari Rumah.

    Menjalankan bisnis Anda sendiri memberi Anda kebebasan dalam banyak hal. Dan untuk bisnis eCommerce, salah satu kebebasan yang paling dihargai oleh banyak wirausahawan adalah kebebasan bekerja dari rumah.

    Saat menjalankan bisnis eCommerce, Anda dapat melakukan sebagian besar pekerjaan Anda dari sofa Anda jika Anda mau. Anda dapat menjalankan tugas Anda di luar jam kerja, ketika semua orang ada di kantor. Dan Anda dapat menyesuaikan tugas-tugas rumah tangga, tugas pengasuhan anak, hobi atau berolahraga. Anda tidak terpaku "jam kantor".

    3. Membangun Website eCommerce Cepat dan Mudah.

    Membangun website saat ini tidak lagi perlu coding dan desain web sendiri, atau mempekerjakan seseorang yang melakukannya. Jika banyak bisnis eCommerce masih memilih cara ini seperti mempekerjakan seseorang untuk membuat website spesifik atau kompleks yaa itu sah - sah saja. 

    Namun saat ini siapa pun dapat belajar membuat memulai toko online sendiri, terlepas bisa koding ataupun tidak.

    Anda bisa menggunakan website builder terbaik untuk membuat website tanpa koding. Rata - rata website builder menyediakan template pra-desain yang dikombinasikan dengan fitur intuitif seperti drag & drop sehingga membuat website menjadi cepat dan mudah. Dan karena itu biaya investasi membangun bisnis menjadi efektif.  

    Bangun situs yang akan memberikan pengalaman belanja online positif bagi pelanggan Anda. Jadikan situs Anda menarik dan mudah digunakan untuk menarik pengguna baru.

    4. Jangkauan Pelanggan Luas.

    Untuk bisnis offline, mungkin basis pelanggan terbatas pada mereka yang berada di wilayah geografis tertentu. 

    Berbeda dengan bisnis eCommerce yang bisa menjual kepada pelanggan di mana pun Anda bersedia mengirim. Itu membuka lebih banyak peluang untuk menemukan pelanggan di audiens target Anda, dan meningkatkan basis pelanggan Anda dari waktu ke waktu.

    5. Mempekerjakan Karyawan Dimanapun.

    Jika Anda bisnis mulai dari kecil, Anda mungkin tidak perlu mempekerjakan orang lain segera. Tetapi jika bisnis Anda tumbuh, Anda harus membawa staf atau menyewa konsultan untuk membantu tugas - tugas seperti pemasaran, layanan pelanggan, dukungan teknis dan lain - lain. Karyawan yang baik adalah bagian terbesar dari menjalankan bisnis yang berkembang hingga sukses. 

    Dengan alat komunikasi virtual seperti Slack dan Zoom yang tersedia, sebagian besar pekerjaan eCommerce dapat dilakukan dari jarak jauh. Itu berarti Anda tidak terbatas pada mempekerjakan orang yang tinggal di komunitas Anda. Anda dapat menemukan orang terbaik untuk pekerjaan itu, di mana pun mereka tinggal. 

    6. Toko Buka 24 Jam.

    Sebagian besar toko offline telah menetapkan jam. Selama waktu mereka tutup, jika ada pelanggan, mereka tidak bisa membeli produk / jasa dan akhirnya toko kehilangan penjualan. 

    Namun, situs web eCommerce dapat diakses kapan saja. Jika pelanggan Anda menyadari bahwa mereka membutuhkan sesuatu yang Anda jual pada tengah malam pada hari Senin, mereka masih dapat melakukan pemesanan. Anda dapat melakukan penjualan kapan saja, setiap hari dalam seminggu. 

    7. Memulai Bisnis dari Kecil.

    Bisnis eCommerce berpotensi dapat dimulai dengan satu orang dan situs web. Itulah yang membuatnya menjadi pilihan yang mudah diakses oleh pengusaha baru. Tetapi jika Anda berpikir bisnis satu orang tidak terdengar seperti itu memungkinkan banyak ruang untuk keuntungan, Anda tidak harus berhenti di situ. 

    Dengan memulai dari yang kecil, pemilik bisnis eCommerce baru dapat mengurangi risiko di masa-masa awal dan meningkatkan seberapa cepat Anda mulai menghasilkan laba, dan seperti apa margin keuntungan itu. Setelah cukup uang masuk, Anda dapat mulai berekspansi ke produk baru atau merekrut staf lain dengan uang yang sudah Anda hasilkan, sehingga risiko menjadi lebih kecil. 

    Situs web lebih mudah ditingkatkan dengan bisnis yang berkembang daripada lokasi fisik. Anda tidak perlu mencoba dan membeli toko di sebelah untuk memperluas atau membuka lokasi yang sama sekali baru, Anda hanya dapat meningkatkan hosting web Anda untuk menangani lebih banyak lalu lintas. 

    Itu yang membuat eCommerce menjadi pilihan strategis yang baik untuk wirausahawan dengan modal awal yang kecil, bahkan jika Anda memiliki ide dan ambisi besar. 

    8. Pemasaran Online Lebih Terjangkau.

    Menghadirkan ide bisnis, membuat rencana, dan membangun situs web adalah langkah besar dan penting dalam membangun dan menjalankan bisnis eCommerce. Tetapi orang tidak mungkin menemukan situs web Anda sendiri pada hari pertama. Itu membutuhkan pemasaran.

    Berita baiknya adalah bahwa pemasaran online cenderung jauh lebih murah daripada bentuk pemasaran tradisional seperti iklan cetak, papan iklan, dan tempat TV. Taktik pemasaran masuk seperti SEO dan pemasaran konten membutuhkan waktu lebih banyak daripada uang, kecuali Anda memutuskan untuk menyewa seorang ahli untuk menanganinya. 

    Opsi iklan online seperti pencarian dan iklan sosial memungkinkan Anda mengontrol anggaran Anda, jadi Anda hanya menghabiskan apa yang Anda sukai. Dan sebagian besar platform iklan online memiliki model PPC (bayar per klik) yang berarti Anda hanya membayar untuk pengunjung yang mengklik iklan, bukan yang melihat iklan iklan. 

    Meskipun pemasaran online dapat terjangkau, penting untuk bersikap realistis. Jika industri atau produk yang Anda pilih kompetitif, Anda akan lebih sulit membuat kemajuan kecuali Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk pemasaran dan periklanan. Tarif PPC bervariasi berdasarkan tingkat persaingan, sehingga anggaran yang Anda perlukan lebih tinggi jika banyak merek eCommerce lainnya menawar dengan persyaratan yang sama. Dan SEO dan pemasaran konten seringkali lambat untuk menunjukkan hasil, terutama jika Anda berada di ruang yang ramai. 

    Kesimpulan

    Nah itulah pembahasan tentang manfaat eCommerce. Jika Anda sudah menemukan ide dan ingin membuat eCommerce sendiri. Percayakan website Anda dengan hosting WordPress terbaik. Akses cepat, aman dan dapat diandalkan. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga bermanfaat untuk semuanya


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.