5 Tip Mengatasi Internet Lemot di Masa Work From Home - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Siswa Sekolah Dasar didampingi orang tua melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring pada hari pertama tahun ajaran baru 2020-2021 di Palembang, Sumatera Selatan, Senin, 13 Juli 2020. Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan menginstruksikan sekolah untuk melakukan sistem PJJ di awal tahun ajaran baru hingga September mendatang sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO/Feny Selly

David Wijaya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Agustus 2020

Selasa, 4 Agustus 2020 13:28 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 5 Tip Mengatasi Internet Lemot di Masa Work From Home

    Sejak WFH (Work from Home) dan pembelajaran online diberlakukan, kebutuhan akan internet meningkat pesat. Hal ini dikarenakan semua aktivitas WFH sangat erat hubungannya dengan internet. Namun, ada saatnya kita mengalami kesulitan untuk mengakses internet karena jaringan yang sangat lambat. Untuk mengatasinya, simak 5 tips berikut ini.

    Dibaca : 246 kali

    Belakangan ini, sejak WFH (Work from Home) dan pembelajaran online diberlakukan, kebutuhan akan internet meningkat pesat. Hal ini dikarenakan semua aktivitas WFH sangat erat hubungannya dengan internet. Namun, ada saatnya kita mengalami kesulitan untuk mengakses internet karena jaringan yang sangat lambat ataupun lemot. Hal ini tentu sangat mengganggu dan menghambat produktivitas.

    Untuk mengatasinya, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah yang dilansir dari situs NitroTekno:

    Mengecek Penggunaan Bandwidth Internet

    Penggunaan bandwidth dapat memberikan pengaruh yang besar untuk koneksi internet Anda. Bandwidth internet dapat diartikan sebagai ukuran data yang dapat ditransfer dari satu titik ke titik lain pada suatu jaringan dalam durasi tertentu. Ukuran bandwidth internet dinyatakan dengan Mbps (megabit per sekon).

    Koneksi internet dapat menjadi lambat/ lemot karena adanya penggunaan bandwidth oleh aplikasi pada background. Hal tersebut dapat Anda pantau pada Task Manager lalu pilih bagian Network. Jika pada bagian network terdapat aplikasi yang memakan bandwith terlalu besar, Anda dapat mematikannya agar koneksi internet Anda tidak terganggu.

    Mengetahui FUP Internet Anda

    FUP atau Fair Usage Policy dapat diartikan sebagai batas kuota internet pada kecepatan tertentu. Kecepatan internet Anda akan ditentukan oleh besarnya kuota yang Anda gunakan. Semakin besar kuota yang sudah terpakai maka semakin lambat kecepatan internet Anda. Dengan demikian, sebaiknya anda selalu memantau penggunaan internet Anda apabila jaringan internet mulai terasa lambat. Perlu diingat pula bahwa pada umumnya kuota akan di-reset setiap 1 bulan.

    Memperkuat Sinyal Pemancar Wi-Fi

    Bagi Anda yang menggunakan Wi-Fi, antena pada router berperan penting dalam memancarkan sinyal. Kekuatan dari sinyal inilah yang mempengaruhi seberapa baik koneksi internet Anda. Meskipun menggunakan antena, router tetap tidak mampu memancarkan sinyal ke lokasi yang terlalu jauh. Apabila Anda mengalami hal ini di rumah atau tempat tinggal Anda, maka Anda dapat menggunakan alat Wi-Fi Extender/ Repeater. Seperti namanya, cara kerja alat ini adalah menangkap sinyal Wi-Fi router dan memancarkannya kembali di sekitar daerah alat tersebut.

    Menggunakan Sumber Internet Lain

    Selain dari router, Anda dapat menggunakan sumber internet lain apabila keadaan sedang mendesak. Salah satu contohnya adalah dengan tethering. Tethering ini dapat Anda lakukan menggunakan smartphone atau gadget Anda yang lain. Akan tetapi perlu diingat bahwa dengan menggunakan tethering gadget lain, kuota yang Anda gunakan adalah kuota dari gadget tersebut. karena itu, Anda sebaiknya menggunakan tethering ini untuk keperluan yang penting atau hal yang tidak boros kuota.

    Mengubungi ISP/ Internet Service Provider

    Terkadang, internet yang lemot juga mungkin disebabkan oleh suatu kesalahan yang tidak dapat kita atasi. Jika Anda sudah mencoba berbagai cara dan masih memiliki koneksi yang lebih lambat dari seharusnya, Anda dapat mencoba menghubungi ISP yang Anda gunakan.

    Demikian tips-tips singkat untuk mengatasi jaringan internet yang lemot. Selamat mencoba dan semoga berhasil!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.