Jenis-Jenis Digital Marketing yang Harus Diketahui di Era Industri 5.0 - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Menggunakan Media Sosial Untuk Bisnis

Yuda Langgeng

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Agustus 2020

Selasa, 11 Agustus 2020 08:02 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Jenis-Jenis Digital Marketing yang Harus Diketahui di Era Industri 5.0

    Kegiatan digital marketing saat ini menjadi favorit banyak kalangan masyarakat, khususnya para millenial dimana banyak melakukan kegiatan jual/beli menggunakan media Internet. sebelum lebih jauh masuk dalam ranah digital marketing, seyogyanya kita harus mengetahui jenis jenis digital marketing yang ada saat ini.

    Dibaca : 232 kali

    Bicara tentang pemasaran digital tentu tidak asing bagi kita semua. Bahkan kebanyakan dari kita sudah berkontribusi langsung dalam keberlangsungan digital marketing di indonesia, entah sebagai pelaku usaha atau konsumen.

    Di era industri 5.0, berapa banyak jenis digital marketing saat ini? Apa semua produk/jasa yang tersebar di media sosial juga termasuk cara digital marketing? Bagaimana jika pemasaran produk di siarkan di radio? apakah juga termasuk Digital marketing? mari lanjutkan membaca.

    Jika Anda masih tidak mengerti apa artinya Digital Marketing, jangan khawatir, semuanya akan dibahas. Hasil Pencarian untuk kata “Digital Marketing” Google memiliki hasil lebih dari 2 miliar.

    Sebelum mengetahui berbagai jenis pemasaran digital, kita menganalisis lagi apa maksud dari kata, apa yang terkandung di dalamnya, serta bagaimana menggunakannya untuk membuat tumbuh bisnis Anda.

    Apasih Digital Marketing?

    Digital marketing, secara umum, adalah semua jenis kegiatan pemasaran (marketing) menggunakan media elektronik seperti internet.

    Digital Marketing jelas mewakili semua kegiatan pemasaran online. Namun, itu berisi beberapa kegiatan yang offline juga. Mengapa demikian ?

    Ini adalah jenis digital marketing yang dapat anda terapkan dalam bisnis Anda!

    1. Content Marketing

    Content Marketing adalah jenis pemasaran digital yang berfokus pada pembuatan dan distribusi konten untuk target pasar Anda atau pengunjung. Tujuan utama dari konten marketing adalah manfaat menarik dari tindakan pelanggan yang memiliki potensi. seperti pemasaran konten, antara lain: posting blog, video, podcast, studi kasus, E-Book

    2. Search Engine Optimization (SEO)

    SEO atau Search Engine Optimization adalah proses mendapatkan lalu lintas berkualitas baik secara gratis maupun berbayar. Jika tujuannya adalah untuk menarik banyak pengunjung, Anda diminta untuk mengoptimalkan konten dan penentuan kata kunci yang relevan dalam judul, deskripsi, konten website, dan untuk membuat link backlink yang relevan. Tanpa itu, pengunjung ke website Anda akan sulit untuk menemukan.

    SEO merupakan komponen penting dalam digital marketing, dengan pengunjung ke website yang organik dari google, tentu saja Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat.

    3. Search Engine Marketing (SEM)

    Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran digital yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs Web di mesin pencari (SERPs) seperti Google, Yahoo dan Bing. Pemasaran mesin pencari, juga dikenal sebagai pencarian berbayar (Paid Search), pembayaran klik (pay per click), atau dibayar iklan pencarian (pencarian berbayar adversiting). Cukup tawaran pada kata kunci yang digunakan oleh pengunjung di search engine dalam mencari produk atau informasi. Jadi ketika tampaknya bahwa hasil pencarian, situs atau iklan Anda akan muncul.

    Hal ini dapat dilihat di URL dari hasil pencarian Google yang tanda “iklan”. Hal ini menunjukkan bahwa website ini menggunakan pencarian berbayar Google Adwords di Google menempatkan website di halaman pertama hasil pencarian.

    4. Social Media Marketing (SMM)

    Sederhananya, Social Media Marketing mengacu pada penggunaan platform media sosial untuk menarik pelanggan. Dengan menggunakan jaringan sosial, Anda dapat mengembangkan hubungan yang harmonis dengan pelanggan. Social Media Marketing termasuk tempat terbaik untuk mendengarkan segala keluh kesah pelanggan, memulai percakapan dengan mereka dan berbagi informasi.

    5. Pay – Per – Klik (PPC)

    pay per click adalah jenis model pemasaran seperti Google Adwords di mana Anda sebagai pengiklan membayar untuk setiap orang yang mengunjungi website Anda. Tingkat per klik Anda dapat menentukan sendiri atau mengikuti rekomendasi yang diberikan. Semakin tinggi biaya per klik, semakin tinggi iklan website Anda muncul di halaman pertama.

    6. Affiliate Marketing

    Affiliate Marketing adalah salah satu cara yang paling populer orang menghasilkan sebagian besar bisnis bisnis online mereka. Jika program pemasaran afiliasi berjalan dengan baik, itu bukan hal yang aneh akan mendapatkan cukup banyak penghasilan pasif.

    Pada dasarnya pemasaran afiliasi adalah jenis pemasaran digital di mana seseorang membangun hubungan bisnis dengan pengusaha atau perusahaan untuk mendapatkan komisi pada lalu lintas yang disebabkan bisnis.

    Bayangkan, hanya menempatkan link ke hubungan bisnis website, setiap pelanggan yang mengklik pada link dan transaksi, Anda mendapat komisi.

    7. Email Marketing

    Email marketing adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang banyak diminati. Singkatnya, email marketing menggunakan email sebagai sarana mempromosikan produk atau jasa.

    Jika Anda mencari lebih dalam, pemasaran email juga berfungsi untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Idealnya, email dikirim ke pelanggan bukan hanya interaksi sosial, tetapi untuk membuat kesan menarik dengan mereka tentang produk yang ditawarkan

    Banyak hal yang bisa mendukung strategi pemasaran Anda melalui email, dari konten yang Anda buat sejauh untuk mengirim email. Satu hal yang pasti, pemasaran email tidak mati dan pasti akan menjadi salah satu strategi pemasaran Anda.

    8. Instant Messaging Marketing

    Instant Messaging marketing atau yang lebih dikenal dengan pemasaran melalui pesan singkat adalah tren komunikasi terbaru. Lebih dari 1,5 miliar orang di seluruh dunia menggunakan WhatsApp, Facebook terus Mesengger dan WeChat.

    metode pemasaran seperti permintaan dibilang trend beberapa tahun yang lalu. Anda bisa sering mendapatkan pesan singkat melalui Whatsapp mengandung barang atau jasa jual.

    9. Iklan Radio

    Meskipun relatif usang oleh sebagian Orang, Radio Advertising atau lebih tepatnya promosi melalui media radio masih cukup menarik. Terutama bagi perusahaan B2C atau berdasarkan bisnis lokal. Di Amerika Serikat, iklan radio mencapai 7,8% dari total pengeluaran pemasaran digital

    Untuk Seperti dengan jenis lain dari pemasaran digital untuk berhasil, Anda harus menentukan target pasar Anda (target audiens). Untuk mencapai hal ini, menciptakan skrip yang menarik, menyewa penyiar radio terkenal, dan menentukan waktu yang tepat

    10. Iklan Televisi

    Terletak di akhir, namun tidak sedikit, Digital Marketing tidak akan lengkap tanpa kehadiran hal ini. iklan televisi atau pemasaran melalui media televisi. Rata-rata orang menghabiskan 4,5 kali selama hari di depan televisi.

    Dengan demikian, iklan televisi menjadi salah satu media pemasaran sangat mengungkapkan. Tentu saja rasanya efeknya, dan sering jumlah iklan yang Anda lihat di TV setiap jam itu.

    kesimpulan

    Ada lebih dari 10 jenis pemasaran digital. Namun, jenis sepuluh sebelumnya menyediakan titik awal yang baik untuk memulai bisnis Anda sebagai Digital Marketer. Tidak perlu mencoba semuanya. Cukup pilih salah satu yang cocok untuk Anda bisnis. Bereksperimen dan analisis hasil yang ada.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.