Kapan Waktu Shalat Istikharah yang Tepat? - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

nur sholeh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Februari 2020

Kamis, 13 Agustus 2020 16:37 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Kapan Waktu Shalat Istikharah yang Tepat?

    Dalam menjalani hidup pasti kita pernah dihadapkan pada berbagai pilihan. Terkadang kita harus memilih salah satu diantara pilihan-pilihan tersebut. Apalagi pilihan yang sifatnya krusial bagi hidup kita. Pasti kita bimbang dalam memilih mana yang kira-kira terbaik menurut kita

    Dibaca : 604 kali

    Dalam menjalani hidup pasti kita pernah dihadapkan pada berbagai pilihan. Terkadang kita harus memilih salah satu diantara pilihan-pilihan tersebut. Apalagi pilihan yang sifatnya krusial bagi hidup kita. Pasti kita bimbang dalam memilih mana yang kira-kira terbaik menurut kita. Keterbatasan akal manusia lah yang membuat kita sulit menentukan pilihan yang terbaik. Maka solusi dari permasalahan ini yaitu meminta petunjuk dari Allah. Caranya yaitu dengan menggunakan waktu shalat istikharah.

    Shalat Istikharah

    Fungsi shalat istikharah yaitu untuk meminta petunjuk dari Allah ketika diri kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit. Sebab keputusan Allah merupakan keputusan terbaik daripada keputusan manusia. Apa yang Allah putuskan pada diri manusia adalah yang terbaik bagi manusia itu sendiri. Belum tentu yang kita suka adalah yang terbaik, sedangkan apa yang kita tidak suka jadi yang terbaik untuk kita. Hanya Allah yang mengetahui baik atau buruknya bagi kita. Oleh karena itu sangat penting untuk meminta petunjuk dari Allah melalui shalat istikharah.

    Niat Shalat Istikharah

    Setiap perbuatan yang akan dilakukan pasti didasari dengan niat dulu. Tanpa didahului dengan niat yang benar nantinya perbuatan yang kita lakukan tidak maksimal. Begitu juga dengan niat salat istikharah yang harus dibaca sebelum waktu shalat istikharah untuk meminta petunjuk dari Allah. Anda bisa membaca niat salat istikharah berikut ini dengan lisan maupun dalam hati.

    أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى
    Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala

    Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala
    Rukun Shalat Istikharah

    Rukun atau tata cara salat istikharah harus diketahui bagi setiap muslim yang akan melaksanakan salat ini. Caranya sama dengan salat wajib salat sunah 2 rakaat lainnya.

    Rakaat pertama,
    Awali dengan membaca takbiratul ihram kemudian dilanjutkan dengan doa iftitah. Setelah itu baca al-fatikhah dan surat pendek, diutamakan untuk membaca surat Al Kafirun. Selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu gerakan rukuk, i'tidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, lalu berdiri untuk rakaat kedua.

    Rakaat kedua,
    Pada rakaat kedua, baca al-fatikhah kemudian surat Alquran, diutamakan yaitu surat Al-Ikhlas. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan seperti pada rakaat pertama hingga tahiyat akhir dan diakhiri dengan salam.

    Doa Setelah Shalat Istikharah

    Setelah menyelesaikan waktu salat istikharah selanjutnya yaitu berdoa. Ada doa khusus yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam setelah melaksanakan salat istikharah.

    Doa yang dilantunkan setelah melaksanakan salat istikharah itu untuk meminta petunjuk dan keputusan yang terbaik dari Allah. Allah mengetahui semua hal yang tidak kita ketahui. Jadi, keputusan yang datangnya dari Allah adalah keputusan yang tepat untuk diri kita.

    Keutamaan Shalat Istikharah

    Waktu salat istikharah bisa dilaksanakan kapan saja. Tetapi yang paling utama yaitu pada sepertiga malam atau waktu di mana biasa melaksanakan salat tahajud. Salat berjumlah 2 rakaat ini bisa dengan niat salat istikharah sendiri atau juga bisa digabung dengan shalat rawatib. Dilansir dari Hidayatuna, berikut ini adalah beberapa keutamaan shalat istikharah.

    Menyerahkan Keputusan Kepada Allah

    Keputusan yang paling baik buat kita yaitu keputusan dari Allah. Apabila kita sedang dihadapkan oleh dua atau lebih pilihan dan kita bingung menentukan mana yang terbaik, kita bisa meminta petunjuk untuk menanti keputusan dari Allah melalui shalat istikharah.

    Dihindarkan dari Godaan Setan

    Salat istikharah juga bisa menghindarkan diri kita dari godaan atau bisikan setan. Ketika sedang bingung menentukan pilihan setan akan mencoba untuk menjerumuskan kepada perbuatan dosa. Hal yang paling tepat yaitu meminta petunjuk dari Allah.

    Bisa Memantapkan Hati

    Melalui salat istikharah kita bisa memantapkan hati kita pada pilihan yang sebenarnya sulit. Tapi karena diberi petunjuk oleh Allah maka kita memiliki kemantapan hati untuk memilih pilihan yang sulit tersebut.
    Jadi itulah mengenai penjelasan tentang waktu shalat istikharah beserta rukun dan keutamaannya. Semoga bermanfaat bagi anda. 

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.