MLM [13] Proses Tindak Lanjut Penjualan dalam MLM - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ilustr: QBuzz India

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 14 Agustus 2020 06:09 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • MLM [13] Proses Tindak Lanjut Penjualan dalam MLM

    Tentang proses tindak lanjut penjualan dalam MLM

    Dibaca : 765 kali

    Pemasaran jaringan atau Multi Level Marketing adalah konsep penjualan yang sangat inovatif. Hal terbaik tentang konsep ini adalah bahwa ia tidak memiliki penghalang masuk dan memungkinkan siapa pun dan semua orang untuk terlibat dalam jaringan dan menjual. Kedua, ini memungkinkan orang untuk mengambil pemasaran jaringan bahkan sebagai karier kedua. Benar bahwa hampir semua orang dapat bergabung dengan jaringan dan mulai menjual, tetapi Anda akan segera menyadari bahwa dalam proses belajar menjual, Anda akan melatih diri sendiri dan menjadi penjual dan komunikator yang hebat.

    Setiap distributor Multi Level Marketing harus menyadari bahwa dia menjual sebuah konsep terlebih dahulu dan belum tentu produknya. Ketika konsep berhasil adalah ketika jaringan diperluas sehingga menghasilkan penjualan produk. Konsep menjual tidak semudah yang terlihat di video dan di atas kertas. Pada saat yang sama, ini bukanlah sesuatu yang tidak dapat dikuasai.

    Sebagai bagian dari prapenjualan, Anda telah menyelesaikan pekerjaan rumah menyusun daftar kontak, mendapatkan daftar prospek dari semua kontak Anda berdasarkan pemahaman Anda atau prakualifikasi yang telah Anda tetapkan.

    Bergantung pada keadaan dan preferensi prospek, Anda telah bertemu dengan individu secara pribadi atau dalam rapat rumah terbuka dan mempresentasikan konsep pemasaran jaringan.

    Sekarang tibalah tahap paling penting dari keseluruhan proses. Pada contoh pertama, tidak ada individu yang bisa mendapatkan pemahaman lengkap tentang keseluruhan konsep dan cara kerjanya. Pada awalnya dia hanya akan mendapatkan ide dasar dan mungkin saja dia kewalahan dengan konsep dan informasi yang baru saja dia ungkapkan. Tentu saja mungkin ada sedikit orang yang hanya akan membeli ide pada saat itu dan setuju untuk segera mendaftar. Tetapi orang-orang seperti itu jauh dan sedikit. Sekarang Anda telah memasuki fase yang sangat penting yang disebut 'Tindak Lanjut'.

    Sebagai bagian dari pelatihan penjualan, Anda akan dilatih tentang cara membuat presentasi, cara menerima pertanyaan dari orang-orang dan memberikan penjelasan sebaik mungkin. Anda juga akan diberitahu tentang bagaimana menangani proses tindak lanjut setelah presentasi Anda.

    Yang terbaik adalah mulai menindaklanjuti setiap kasus setelah memberi mereka waktu yang adil untuk mempertimbangkannya. Ini bisa berarti paling lama beberapa hari atau seminggu. Proses alami yang mengikuti adalah bahwa individu akan mulai membicarakan konsep tersebut dengan keluarga dan teman-teman mereka dan membentuk semacam opini. Beberapa kemungkinan akan menelepon kembali untuk meminta penjelasan lebih lanjut dan detail lebih lanjut. Mereka mungkin mengundang Anda untuk bertemu dengan keluarga mereka dan menjelaskan konsepnya sekali lagi.

    Pertanyaan dasar yang mungkin ditanyakan oleh orang-orang ini pada diri sendiri adalah apakah mereka akan mampu menjual dan membangun bisnis ini dengan sukses. Banyak orang tidak melihat diri mereka mampu mengambil komitmen seperti itu. Cukup banyak yang cenderung tidak jelas dan tidak yakin. Mereka akan mengenali peluang yang ada tetapi akan memiliki banyak keraguan dan pertanyaan di benak mereka. Keyakinan pada tahap ini kemungkinan besar akan cukup rendah. Dalam beberapa kasus, Anda juga akan menemukan seluruh keluarga menjadi bersemangat dan ingin segera memulai.

    Dalam semua kasus di atas, Anda akan terpanggil untuk menunjukkan keterampilan komunikasi dan penjualan Anda serta membantu mereka mencapai kesimpulan yang benar. Saat Anda bertemu prospek untuk kedua kalinya, Anda harus terlebih dahulu mendengarkan dan memahami bukan apa yang mereka katakan tetapi apa artinya. Jika orang tersebut mengatakan tidak pada saat pertama, itu mungkin bukan jawaban 'tidak' yang pasti untuk peluang tersebut. Dia mungkin bermaksud bahwa dia tidak percaya diri atau bahwa dia belum memahami konsep dengan jelas.

    Untuk mengemukakan alasan yang tepat dan untuk menghilangkan ketakutannya dengan fakta dan gambaran serta membuatnya berpikir dengan perspektif yang benar, Anda perlu menggunakan seni mendengarkan, menyelidiki, dan menjelaskan berbagai hal serta memberikan perspektif yang tepat kepada orang tersebut. Ada banyak perbedaan antara apa yang dikatakan prospek dan apa yang dia maksud. Ini adalah saat Anda perlu menunjukkan keterampilan pelatihan penjualan Anda untuk membantu individu mendapatkan kejelasan, mengambil keputusan, dan membangun kepercayaan dirinya.

    Di penghujung hari, pemasaran jaringan membutuhkan banyak inisiatif, fokus, dan kerja keras dengan konsistensi dan di atas semua itu keyakinan bahwa itu berhasil dan bahwa Anda akan membuatnya berhasil untuk Anda.

    ***
    Solo, Kamis, 13 Agustus 2020. 3:16 pm
    'salam sukses penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.