x

Iklan

Zaki Nur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Agustus 2020

Sabtu, 22 Agustus 2020 06:31 WIB

Sebelum Beli iPhone 8 Plus, Simak Dahulu Review-nya di Tahun 2020 Ini.

Beli iPhone 8 Plus di tahun 2020, apakah masih worth it dan layak untuk dibeli serta dipakai untuk sehari-hari? Bagaimana jika dibandingkan dengan merek sebelah dengan harga yang sama? Simak pembahasannya di artikel ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu keunggulan Apple yang membuatnya lebih menarik dari perangkat lain adalah ke-ekslusifannya. Sistem operasi yang diklaim anti bobol, dan tampilan user interface-nya yang cenderung simpel dan anti ribet. Karena beberapa hal tersebut, orang-orang tertarik dengan iPhone dan menjadikan iPhone sebagai smartphone sehari-harinya.

Sayangnya, sering kali Apple membanderol perangkat andalannya ini dengan harga yang terbilang mahal untuk orang Indonesia. Dengan pendapatan rata-rata orang Indonesia, butuh waktu menabung yang cukup lama agar bisa membeli satu iPhone keluaran terbaru. Alhasil, pengguna menjadi sulit mengikuti tren iPhone.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan iPhone tetapi belum sanggup membeli iPhone keluaran terbaru? Jika iya maka iPhone lawas seperti iPhone 8 Plus pasti akan langsung terbesit di pikiran Anda, namun apakah smartphone ini masih layak dibeli dengan harganya saat ini?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut ini beberapa spesifikasi penting dari iPhone 8 plus dan kesimpulan saya apakah iPhone 8 Plus ini masih layak dibeli di tahun 2020.

 

Performa

Iphone 8 Plus menggunakan chipset A11 Bionic yang merupakan chipset yang sama yang digunakan pada iPhone 10. Di tahun 2020 ini chipset A11 Bionic masih tergolong sebagai chipset high-end dan chipset ini juga memiliki skor AnTuTu yang tinggi. 

Meski RAM iPhone selalu lebih kecil dengan kompetitornya Android, namun jangan salah, RAM iPhone mampu berjalan dengan sangat efisien berkat sistem operasi iOS, jadi ukuran RAM iPhone yang kecil mampu bersaing dengan kompetitornya Android yang memiliki RAM lebih besar.

Dengan chipset dan RAM yang masih tergolong bagus ini, iPhone 8 Plus mampu menjalankan multitasking dengan mulus dan memainkan game-game berat terkini dengan settingan grafik dan fps yang tinggi.

 

Kamera

Untuk sektor kamera, sepertinya tidak usah ditanya lagi, iPhone merupakan jawara jika untuk urusan kamera. 

Iphone 8 Plus menggunakan dual camera (wide angel+telephoto lens), kamera pada iPhone 8 Plus ini mampu merekam video hingga resolusi 4K 60FPS dan melakukan recording video slow motion dengan resolusi hingga 1080p 240FPS.

Dengan kameranya tersebut, iPhone 8 Plus mampu mengeluarkan gambar dan video ciamik yang bersaing dengan smartphone Android di kelas harganya.

 

Body

Body iPhone 8 Plus ini menggunakan kaca yang pastinya elegan dan keren karena dulunya HP ini merupakan Flagship andalan Apple. 

 

Layar

iPhone 8 Plus menggunakan layar berukuran 5,5 inch dengan model layar yang belum frameless dan menggunakan rasio 16:9. Layar iPhone ini berteknologikan AMOLED dan dilapisi perlindungan Gorila Glass.

 

Seperti biasa, layar iPhone ini mampu memproduksi warna dan kecerahan yang sangat bagus seperti produk Apple pada umumnya.

 

Baterai

Nah, untuk yang satu ini sepertinya saya tidak bisa memujinya lagi. Baterai iPhone ini hanya 2600mah, jika dibandingkan dengan baterai smartphone Android jaman sekarang, baterai iPhone 8 Plus ini hanya setengah kapasitas baterai smartphone Android jaman sekarang yang mayoritas sudah 4000mah & 5000mah.

 

Meski sudah memiliki fitur fast charging dan wireless charging, namun kapasitas baterainya yang kecil tetap membuat saya tidak menyukainya, belum lagi teknologi fast charging-nya kalah cepat jika dibandingkan fast charging-nya smartphone Android jaman sekarang yang super ngebut.

 

Sistem Operasi

Sistem operasi iPhone ini adalah iOS seperti yang kita semua tahu. iOS terkenal dengan sistem operasinya yang ngebut, efisien, memiliki user interface yang elegan dan simpel, dan memiliki keamanan yang bagus.

 

iPhone 8 Plus ini juga bisa menggunakan iOS 13 yang merupakan iOS terbaru, dan kemungkinan kedepannya masih mendapatkan update lagi.

 

Apakah Masih Layak Untuk Dibeli di Tahun 2020?

Jawaban saya adalah iya dan tidak.

Iya jika Anda menggunakan smartphone ini untuk sosial media dan sesekali bermain game saja mengingat kamera, chipset, dan layarnya yang bagus.

Tidak jika untuk hardcore gaming karena kapasitas baterainya yang kecil, memang iPhone 8 Plus ini ngebut untuk bermain game, namun jika untuk seharian main game maka siap-siap saja bermain sambil mengecas setiap harinya.

Demikian pembahasan saya mengenai iPhone 8 Plus dtahun 2020 ini dari segi body, kamera, layar, baterai, dan performa, dan juga apakah smartphone ini masih layak dibeli di tahun 2020 ini.

 

Sekian dan semoga bermanfaat.

 

Sumber referensi : Bluebird

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Zaki Nur lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler