Penyebab Ghost Touch Pada Touchscreen dan Cara Memperbaikinya - Analisa - www.indonesiana.id
x

Dian Syahputra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 September 2020

Kamis, 10 September 2020 06:36 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Penyebab Ghost Touch Pada Touchscreen dan Cara Memperbaikinya

    Ghost Touch (atau touch glitches) adalah istilah yang digunakan ketika layar Anda merespons menekan dengan sendirinya tanpa pernah anda lakukanya, atau ketika ada bagian layar ponsel Anda yang sama sekali tidak responsif terhadap sentuhan Anda.

    Dibaca : 275 kali

    Penyebab Ghost Touch Pada Touchscreen Dan Cara MemperbaikinyaMasalah layar sentuh dapat menjadi yang paling menjengkelkan di saat menggunkan sebuah ponsel Android, dan masalah ghost touch pada layar sentuh bisa mejadi hal yang mengganggu .

    Namun jangan khawatir dulu, karena pada artikel ini ada beberapa langkah cara memperbaiki masalah layar sentuh ghost touch pada HP android ataupun iPhone.

    Apa yang di maksud Ghost Touch?

    Ghost touch (atau touch glitches) adalah istilah yang digunakan ketika layar Anda merespons menekan dengan sendirinya tanpa pernah anda lakukanya, atau ketika ada bagian layar ponsel Anda yang sama sekali tidak responsif terhadap sentuhan Anda. Kerusakan touchscreen seperti ini bervariasi, terkadang bisa hilang dengan sedirinya atau malah kondisi nya semakin parah.

    Seperti halnya smartphone Android Moto G4 Plus, memiliki banyak laporan dengan ghost touch pada layar sentuh nya, dan beberapa perangkat OnePlus juga memiliki masalah yang sama. Beberapa perangkat iPhone dan Windows Mobile juga mengalami masalah yang sama. Mungkin saja hal ini terjadi akibat error pada software di ponsel tersebut.

    Selain masalah yang terjadi pada software ataupun perangkat lunak. Ternyata munculnya ghost touch pada layar HP bisa diakibatkan perangkat keras touchscreen tersebut mulai mengalami kerusakan. Namun dalam beberapa laporan masalah Ghost Touch ini bisa teratasi dengan cara melepas kabel touchscreen dari soket konektor dan kembali memasang nya.

    Dalam kasus lain,ponsel yang terkena air juga bisa menyebabkan munculnya masalah ghost touch pada layar ponsel. Jika status HP milik anda masih dalam masa garansi, dianjurkan untuk mengajukan garansi ke pada toko penjual ponsel tersebut. Agar masah kerusakan pada touchscreen bisa di atasi.

    Beberapa cara untuk memperbaiki Ghost Touch pada ponsel smartphone

    Mari kita mulai dengan solusi termudah dan paling sederhana dan mudah dilakukan untuk memperbaiki masalah kerusakan pada layar sentuh di ponsel

    1. Lakukan kalibrasi layar
    Anda bisa mencoba melakukan kalibrasi layar dengan menggunakan aplikasi kalibrasi layar sentuh. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut pada Goole Playstore ataupun AppStore di iPhone. Coba lakukan kalibrasi layar sentuh dengan menggunakan aplikasi yang telah di download tadi dan rasakan apakah sudah ada perubahaan pada layer sentuh di HP milik anda.

    2. Lakukan hard reset
    Mungkin saja munculnya masalah Ghost touch pada layar sentuh ponsel di sebabkan gangguan pada software yang ada pada ponsel. Maka anda bisa mencoba melakukan hard reset agar kondisi ponsel kembali menjadi normal. Dan pastikan sebelum melakukan hard reset, backup terlebih dahulu data-data pribadi milik anda di ponsel ke sebuah memori card atau SD Card.

    3. Ajukan garansi
    Jika masalah ghost touch membuat anda benar-benar terganggu. Dan ponsel pun masih dalam masa garansi nya berlaku. Maka sebaik nya ajukan garansi agar bisa dilakukan perbaikan oleh pihak penjual ponsel ataupun dilakukan pergantian dengan unit yang baru.

    4. Ganti touchscreen ataupun komponen internal
    Jika ternyata sumber masalah ghost touch pada touchscreen muncul akibat kerusakan pada perangkat keras yang ada di ponsel seperti pada layar sentuh dan juga komponen internal. Maka sebaiknya segera lakukan pergantian pada part yang mengalami kerusakan.

    Jika anda kesulitan dalam melakukan pergantian nya maka bisa meyerahkan nya pada jasa service ponsel yang terpercaya di sekitar tempat tinggal anda.

    Tetapi jika anda merupakan ahli dalam bidang elektronik, maka hal ini cukup bagus karena anda bisa melakukan pergantian dan pemeriksaan pada part dan komponen yang rusak di ponsel tersebut dan pastinya dengan cara ini bisa lebih menghemat biaya dalam proses perbaikan ponsel.

    Demikianlah informasi tentang penyebab ghost touch pada layar ponsel dan juga solusi untuk memperbaiki nya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.