5 Pantai dengan Hamparan Pasir Putih di Yogyakarta - Travel - www.indonesiana.id
x

Pantai Seruni Yogyakarta

Idris Hasibuan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 13 September 2020 14:20 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • 5 Pantai dengan Hamparan Pasir Putih di Yogyakarta

    Nah, bagi kamu yang ingin menikmati pantai berpasir putih, kamu bisa langsung menuju Yogyakarta.

    Dibaca : 610 kali

    Berwisata ke pantai selalu mempunyai daya tarik tersendiri. Ada yang suka dengan gelombang air laut, ada yang suka snorkling, menikmati sunset dan tak jarang juga bermain pasir. Bahkan banyak juga orang menjadikan salah satu ciri pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah mempunyai pasir putih yang halus.

    Nah, bagi kamu yang ingin menikmati pantai berpasir putih, kamu bisa langsung menuju Yogyakarta. Khususnya di Gunung Kidul, karena disana sangat banyak deretan pantai yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu. Berikut ini 5 pantai dengan pasir putih yang bisa kamu sambangi.

    1. Pantai Seruni.

    Nama Seruni sendiri memiliki makna yang berarti emas. Tidak ada yang tahu mengapa pantai ini diberi nama Pantai Seruni. Beberapa orang mengatakan bahwa pantai ini memang diibaratkan sebagai “ladang emas” bagi para penduduk sekitar yang mengais rezeki dan menjadikan pantai ini sebagai lokasi mata pencaharian mereka.

    Pantai Seruni Yogyakarta via bapermulu.com

    Kawasan Pantai Seruni masih tergolong sepi karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Ini membuat hamparan pasir putih di Pantai Seruni terlihat masih sangat bersih seperti sebuah surga tersembunyi dengan tebing tebing yang menjulang tinggi di sekitarnya.

    2. Pantai Gesing.

    Pantai Gesing berlokasi di daerah Girikarto, Panggang Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa menempuh waktu sekitar dua jam perjalanan dan melewati  rute Wonosari atau Imogiri sekitar 44 kilometer untuk sampai ke pantai yang terkenal dengan spot memancingnya ini.

    Untuk masuk ke lokasi wisata Pantai Gesing, kamu cukup membayar tiket masuk seharga lima ribu rupiah saja, ditambah biaya parkir sebesar dua ribu rupiah untuk kamu yang membawa kendaraan roda dua dan lima ribu rupiah untuk kamu yang membawa kendaraan roda empat.

    3. Pantai Drini

    Pantai Drini adalah salah satu pantai yang langsung menghadap ke Samudera Hindia dengan lereng pantai yang cenderung curam sekitar 10 derajat. Kawasan di sekitar Pantai Drini banyak didominasi dengan batuan batuan karst  yang sangat eksotik yang berasal dari Gunung Sewu. Di Pantai Drini, kamu bisa menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan pantai yang bersih dan jernih dari atas ketinggian tebing serta melakukan beberapa kegiatan seru lainnya.

    4. Pantai Goa Cemara.

    Rimbunnya pepohonan cemara yang ada di Pantai Goa Cemara ini memang menjadi daya tarik para wisatawan untuk sekedar duduk-duduk dan bersantai di bawahnya sambil menikmati pantai yang jernih dan pepohonan yang rindang.

    Lokasi ini juga sering dijadikan spot para keluarga untuk melakukan piknik bersama. Di bawah pepohonan cemara yang rindang, kamu beserta keluarga bisa menggelar tikar dan bersantai sambil menyantap makan siang bersama.

    5. Pantai Sundak

    Menurut warga setempat, pantai ini diberi nama Sundak karena asal muasal yang menyertainya. Hingga sekarang, mitos tentang Sundak masih sangat melekat dan dijaga kuat diantara masyarakat sekitar.

    Konon ceritanya, di goa di pantai ini dulunya ada seekor anjing dan landak. Lantaran kelaparan, keduanya lantas berkelahi. Tidak lama kemudian, sang pemilik anjing yang kehilangan peliharaannya datang mencari ke goa tersebut. Di sana, ia sangat terkejut karena melihat anjingnya yang keluar goa dengan menggigit si landak tersebut yang sedang terluka parah.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.