Cara Membasmi Tikus, Kecoa, dan Kutu Loncat yang Ada di Rumah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Rabu, 16 September 2020 09:20 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Membasmi Tikus, Kecoa, dan Kutu Loncat yang Ada di Rumah

    Anda punya merasa terganggu dengan tikus, kecoa, dan kutu loncat yang ada di rumah Anda? Basmi ketiga hewan menyebalkan tersebut dengan cara berikut ini.

    Dibaca : 413 kali

    Tikus yang sangat lincah dan menganggu, kecoa yang susah mati, dan kutu loncat yang pintar bersembunyi dan susah di basmi tentu menjadi permasalahan sendiri apabila salah satu saja dari ketiga hewan tersebut berada dan betah di rumah Anda.

    Ketiga hewan tersebut seringkali menimbulkan masalah yang sangat menganggu seperti kutu loncat yang seringkali menyebabkan gatal-gatal, tikus yang suka menggerogoti barang berharga, dan kecoa yang suka menyebarkan kuman dan bakteri kemana-mana, hal tersebut membuat banyak orang kesal dengan ketiga hewan tersebut dan ingin membasminya.

    Namun, sayangnya ketiga hewan tersebut merupakan hewan-hewan yang susah dibasmi dan punya kemampuan bertahan hidup yang tinggi dan insting bertahan hidup yang kuat. Untuk itu kita perlu melakukan cara dan hal khusus yang berbeda-beda pada masing-masing hewan untuk dapat membasminya secara efektif. Apa saja caranya? Simak caranya di bawah ini.

    1. Cara Membasmi Tikus

    Tikus sendiri bisa kita basmi dengan 2 cara efektif yaitu menggunakan racun dan perangkap tikus. Akan tetapi, pengguna racun sangat tidak direkomendasikan, racun dapat membahayakan anak-anak Anda yang masih kecil dan hewan peliharaan di sekitar Anda, seringkali terjadi kasus hewan sekitar mati karena racun tikus ini. Oleh karena itu, penggunaan perangkap lebih disarankan.

    Pasang perangkap tikus pada daerah-daerah di mana tikus itu sering ditemukan dan lewat. Jangan lupa juga bahwa tikus mempunyai sarang, oleh karena itu mereka tidak akan pergi jauh-jauh dari sarangnya. Semakin dekat Anda meletakkan perangkap tikus dengan sarangnya, semakin banyak kesempatan bagi Anda untuk menangkap binatang ini.

    Jangan lupa untuk memperbaiki dan menutup akses masuk dan keluar tikus seperti tembok yang bolong, ventilasi dan tempat-tempat lainnya yang kemungkinan besar menjadi akses masuk dan keluar tikus yang ada di rumah Anda.

    Jika Anda kebetulan menyukai hewan peliharaan seperti kucing atau hewan peliharaan lainnya yang memang merupakan predator alami tikus, Anda bisa mencoba memeliharanya di dalam rumah agar tikus tidak betah berada di rumah Anda.

    2. Cara Membasmi Kecoa

    Kecoa merupakan hewan dengan kemampuan bertahan hidup yang sangat hebat, bahkan kecoa dapat bertahan hidup dari paparan radioaktif yang dihasilkan oleh sebuah bom nuklir. Namun, semua hal pasti punya kelamahan bukan? Kelemahan kecoa ada pada air, meski kecoa bisa bertahan hidup tanpa makanan dalam sebulan, tetapi kecoa hanya bisa bertahan hidup seminggu tanpa air. Oleh karena itu, pastikan di rumah Anda tidak ada genangan air yang dapat menjadi sumber air kecoa.

    Di samping itu, lakukan cara pembasmian kecoa seperti biasanya seperti memakai obat anti serangga, umpan khusus kecoa dan racun kecoa, tapi ingat, selalu letakan racun di tempat-tempat yang sulit dan tidak bisa dijangkau oleh anak anak Anda.

    3. Cara Membasmi Kutu Loncat

    Mata telanjang sulit untuk mencari kutu loncat yang bersarang di rumah Anda karena warnanya yang gelap dan ukurannya yang sangat kecil yakni berkisar 1 mm. Apabila Anda bisa melihatnya, maka tungau ini mirip dengan pasir hitam. Menangkap serangga ini bukanlah hal yang mudah, serangga ini mampu loncat dengan ketinggian 15 cm.

    Karena ukurannya yang sangat kecil ini, cara yang bisa Anda lakukan untuk membasminya adalah dengan membersihkan tempat-tempat di mana kemungkinan besar kutu loncat ini berada menggunakan vaccum cleaner yang sudah dilengkapi teknologi pembasmi tungau.

    Hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membasmi kutu loncat adalah dengan rutin menggunakan obat anti serangga, melapisi kasur dan sofa Anda dengan seprai karet anti bocor agar kutu loncat tidak bisa bersarang, dan rutin membersihkan hewan peliharaan apabila memilikinya.

    Demikian cara membasmi tikus, kecoa, dan kutu loncat yang bersarang di rumah Anda, semoga artikel ini dapat membantu Anda melenyapkan permasalahan yang disebabkan ketiga hewan di atas. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat, sekian.

     

    Sumber referensi : https://www.rumahcentral.my.id



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.